Demikian tutorial mengatasi memori full di Android agar ponsel berjalan mulus tanpa hambatan

Demikian tutorial mengatasi memori full di Android agar ponsel berjalan mulus tanpa hambatan

Banyak pengguna smartphone yang mengeluh karena memori ponselnya penuh. Memori di ponsel ibarat otak manusia yang bisa menyimpan data atau file. Meski ukurannya kecil, ruang penyimpanannya sangat besar. Jika terlalu banyak data yang disimpan, memori bisa jadi penuh, yang bisa menyebabkan smartphone menjadi lambat. Untuk itu diperlukan tutorial untuk mengatasi semua memory yang ada di android agar tidak ada delay.

Ada dua jenis memori pada ponsel, yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal adalah memori pendukung ponsel, dan memori eksternal adalah memori tambahan yang disematkan. Lantas, bagaimana jika memori internal ponsel sudah penuh?

Tutorial mengatasi memori penuh di Android

Sebelum mengikuti tutorial ini untuk mengatasi semua memori di Android. Pahami beberapa aplikasi yang sedang digunakan, karena biasanya aplikasi tersebut terkadang tidak diperlukan. Selain itu, cari tahu aplikasi mana yang menggunakan terlalu banyak memori. Jika memori ponsel terlalu penuh, harap selesaikan sebagai berikut.

1. Bersihkan cache secara teratur

Salah satu cara untuk menangani memori penuh adalah dengan membersihkan cache aplikasi secara berkala. Cache itu sendiri adalah sisa data yang tidak digunakan. Jadi apa yang harus kita lakukan? Pertama masuk ke “Pengaturan”. Kemudian pilih menu “Manajemen Aplikasi”. Jika Anda masuk, klik semua aplikasi yang sering diakses. Lanjutkan dengan mengklik menu “Penggunaan Penyimpanan”. Di dalamnya ada opsi “Clear Cache”, klik menu.

REKOMENDASI »  Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Bank BNI Supaya Tidak Salah Pilih

2. Hindari menginstal aplikasi berat

Playstore memang menyediakan banyak aplikasi dan game yang bermanfaat. Sayangnya, pengguna smartphone biasanya tidak menyadari bahwa aplikasi yang diinstal memakan terlalu banyak memori. Untuk itu, disarankan untuk mencari aplikasi alternatif dengan ukuran file yang lebih kecil sebelum mendownload file tersebut.

3. Beralih ke Whatsapp

Hampir semua pengguna smartphone menggunakan aplikasi Whatsapp. Untuk alasan ini, metode selanjutnya dalam tutorial ini untuk mengatasi semua memori di Android adalah dengan beralih ke Whatsapp. Yang pertama adalah mematikan unduhan otomatis dari media ke whatsapp. Karena jika tidak ditutup, jika seseorang mengirimkan foto atau video maka foto atau video tersebut akan langsung diunduh. Ini juga akan secara otomatis mengisi memori internal telepon.

REKOMENDASI »  Mengenal Fundamental Saham dan Berbagai Tekniknya

Yang kedua adalah mencadangkan obrolan dan media ke Google Drive. Karenanya, tidak perlu khawatir apakah memori penuh atau menghapus file tertentu dari WhatsApp. Jika Anda mencari file, cukup kunjungi Google Drive dan data yang disimpan tidak akan hilang.

4. Pindah ke penyimpanan eksternal

Karena banyak aplikasi diinstal, memori internal sudah penuh. Untuk itu, ada dua cara agar tidak terlalu penuh, yang pertama adalah dengan menguninstall aplikasi dan memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal. Sebelum memindahkan aplikasi tertentu, pastikan memori yang digunakan memiliki kapasitas yang cukup dibandingkan dengan memori internal.

Dan cara memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal dengan membuka pengaturan. Setelah itu, pilih pengaturan lainnya. Buka manajemen aplikasi dan klik “Terpasang”. Pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan, ketuk aplikasi, lalu pilih opsi untuk pindah ke penyimpanan eksternal atau kartu SD.

REKOMENDASI »  Casio meluncurkan jam tangan pintar G-Shock pertamanya

5. Setel lokasi untuk menyimpan foto kamera

Tutorial terakhir mengatasi semua memori adalah mengatur lokasi penyimpanan foto kamera. Pindahkan lokasi dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal. Oleh karena itu, saat Anda mengambil foto, foto tersebut akan secara otomatis disimpan ke dalam memori eksternal atau kartu SD. Untuk melakukan ini, buka aplikasi kamera dan cari menu pengaturan. Ubah lokasi penyimpanan dari internal ke kartu SD.

Jika smartphone yang Anda gunakan mulai melambat, Anda bisa menggunakan tutorial untuk mengatasi semua memori di ponsel. Setelah memahami tutorial ini, saya berharap ponsel yang Anda gunakan akan mulai normal kembali setelah digunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *