Cara Menggunakan Bot Telegram

Cara Menggunakan Bot Telegram dan Beberapa Bot yang Bisa Dicoba

Telegram merupakan aplikasi chat yang mirip dengan WhatsApp. Bedanya, banyak fitur pada Telegram yang tidak dimiliki WhatsApp maupun aplikasi chat lain. Salah satunya fitur Telegram Bot. Namun masih banyak pengguna yang kebingungan tentang bagaimana cara menggunakan bot Telegram yang sebenarnya mudah ini.

Pengembang Telegram memberikan kebebasan pada pengguna untuk membuat Telegram bot baru. Sehingga, banyak bot Telegram yang dapat ditemukan saat ini. Bot sendiri adalah robot atau sistem di dalam Telegram yang mampu menjalankan perintah yang diinstruksikan pengguna. Berikut penjelasan cara penggunaannya beserta macamnya, antara lain:

Cara Menggunakan Bot Telegram

Seperti yang telah diketahui, pihak ketiga atau pengguna bisa dengan bebas membuat bot baru sesuai keinginan. Biasanya, bot dibuat berdasarkan kebutuhan dan nama bot tersebut selalu diakhiri dengan kata ‘bot’. Hal ini untuk memudahkan pengguna lain yang ingin mencari bot tersebut melalui laman pencarian.

Bot yang ada bisa diakses oleh semua pengguna Telegram. Dalam ruang chat dengan bot, pengguna diinstruksikan untuk memasukkan perintah agar dapat dieksekusi oleh bot. Berikut cara menggunakan bot Telegram yang dapat dilakukan dengan mudah, antara lain:

  • Di kolom pencarian, ketikkan kata kunci bot yang ingin dicari.
  • Klik bot yang sesuai dengan maksud pengguna, tampilan bot sama seperti chat pada umumnya.
  • Klik start yang terletak di bagian bawah chat.
  • Di sebelah kiri kolom tempat menulis chat, terdapat opsi tanda miring (/) dimana menu tersebut berisi perintah yang bisa diinstruksikan pada bot. Gunakan opsi tersebut kemudian ketikkan perintah pengguna.
  • Bot akan meneruskan perintah pengguna ke server dan beberapa detik kemudian, hasil yang diinginkan pengguna akan muncul.
REKOMENDASI »  Aplikasi Live Streaming Yang Dilarang Muncul Pada Play Store

Menggunakan bot telegram sangat mudah karena dilengkapi instruksi yang sudah tertera agar perintah mudah dimengerti oleh bot. Bagaimanapun, bot yang merupakan robot berbasis teknologi AI ini memiliki aturan sendiri agar dapat meneruskan perintah pengguna ke server. Kesalahan ketik bisa menyebabkan perintah tidak dimengerti oleh bot.

Beberapa Bot Telegram

Karena bot serupa dengan ruang obrolan yang bisa dibuat oleh pihak ketiga, saat ini bot telegram semakin beragam. Keamanan menggunakan bot sama halnya dengan membuka obrolan chat dengan orang lain. Bot dapat melihat informasi yang dibagikan pengguna di akun Telegramnya yang bersifat publik. Berikut rekomendasi bot terbaik yang bisa dicoba, yaitu:

1. Grammar Checker (@fixmebot)

Tanpa perlu repot mendownload aplikasi, bot satu ini membantu pengguna untuk mengecek grammar atau penulisan bahasa inggris. Cukup ketikkan kalimat berbahasa inggris yang ingin di cek, bot akan mengoreksi mana yang benar dan salah.

REKOMENDASI »  Mengenal Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru

2. VK Music Bot (@vkmusic_bot)

Mendownload dan mendengarkan musik menjadi lebih mudah berkat adanya bot ini. Command yang terdapat pada bot ini pun memudahkan bot untuk mengerti instruksi yang dikirimkan pengguna. Setelah memasukkan command, pengguna hanya perlu mengetik musik apa yang ia cari.

3. APK Downloader (@apkdl_bot)

Tanpa perlu masuk ke Google Play Store, pengguna dapat mengunduh aplikasi melalui bot satu ini. Tentunya bot ini akan mengunduh aplikasi dengan pembaruan terakhir. Caranya cukup masukkan url dari aplikasi yang ingin di unduh pada kolom chat lalu bot akan mengirim aplikasi yang tinggal di unduh tersebut.

4. Google Search (@ribot)

Ingin mencari informasi lewat bot Telegram? Tentu bisa dilakukan dengan @ribot yang dapat menggantikan peran web browser dalam satu langkah. Cukup ketikkan kata kunci yang akan dicari, bot akan mengirimkan link yang relevan.

REKOMENDASI »  Cara Memperbaiki Play Store yang Rusak Pada Android

5. Instasave (instasave_bot)

Bagi pengguna yang suka berjelajah di Instagram, bot satu ini tidak boleh terlewatkan. Jika menemukan story di Instagram yang menarik, pengguna bisa menggunakan bot ini untuk mengunduhnya. Masukan url dari instastory tersebut, bot akan mengirimkan file downloadnya.

Itulah cara menggunakan bot Telegram dan beberapa rekomendasi bot yang terdapat di Telegram. Dengan adanya bot Telegram, banyak hal yang bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi saja. Pengembang Telegram sukses memberikan kemudahan dari aplikasi yang dibuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *