Cara Memperbaiki Play Store yang Rusak

Cara Memperbaiki Play Store yang Rusak Pada Android

Play Store adalah software yang cukup penting pada Android untuk mendapatkan berbagai aplikasi dengan cara mengunduhnya. Bagaimana jika Play Store tersebut mengalami kerusakan secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Jangan khawatir, karena ada cara memperbaiki Play Store yang rusak tanpa diketahui apa penyebabnya.

Beragam aplikasi tersedia di Play Store dan sudah pasti memiliki keamanan untuk smartphone pengguna. Pengguna Android saat ini sangat banyak sehingga Play Store menjadi tempat pengunduhan aplikasi teraman tanpa adanya virus. Namun bagaimana caranya memperbaiki Play Store yang rusak secara tiba-tiba dan tidak bisa dibuka, ikuti langkah dibawah ini:

1. Bersihkan Cache dan Data

Pertama-tama pengguna Android dapat membersihkan memori dan data agar kembali normal. Kemungkinan smartphone mengalami lag akibat cek dan data dari Play Store yang memakan memori cukup banyak. Membersihkan cache dan data dapat dilakukan dari smartphone Android dan juga dari dalam Play Store tersebut.

Pada smartphone, pengguna dapat menghapus cache dan data melalui info aplikasi yang dapat ditemukan pada ikon Play Store. Dalam Play Store memiliki pengaturan yang memiliki cache dan data yang dapat dihapus agar kembali normal.

2. Melakukan Uninstall Versi Terbaru Play Store

Melakukan uninstall versi terbaru dapat memperbaiki kerusakan Play Store tersebut. Kemungkinan versi terbaru tidak kompatibel pada perangkat pengguna. Sehingga pengguna harus uninstall versi  terbaru dan menggunakan versi sebelumnya.

Cara untuk uninstall versi terbaru Play Store dapat membuka aplikasi pada pengaturan dan pilih Google Play Store. Selanjutnya pilih menu “uninstall updates” dan lakukan konfirmasi serta nantikan penghapusan versi terbaru dari Play Store.

Baca Juga:  Diskon Hingga 80% Untuk Game Sony PS4 dan PS5

3. Lakukan Install Versi Terbaru

Kerusakan yang terjadi kemungkinan pengguna tidak pernah melakukan update versi terbarunya. Untuk itu pengguna harus melakukan update terhadap Play Store yang yang sudah lama tidak diinstal ke versi terbarunya. Karena hal ini menimbulkan kadaluarsa sehingga error ketika pengguna mendownload.

Kadaluarsa sangat mudah terjadi pada suatu software dan aplikasi sehingga pengguna Android wajib melakukan Install versi terbaru dari Play Store. Akan ada notifikasi terkait versi terbaru dari Google Play Store yang dapat diinstal oleh pengguna Android.

4. Reset Akun Google Pada Smartphone

Atur akun Google yang terkait pada smartphone, dengan melepaskan akun kemudian menambahkannya lagi. Akun yang ada di smartphone akan menyambung pada Google Play Store. Untuk mengatur ulang maka pengguna harus menghapus akun Google tersebut.

Cara menghapusnya adalah dengan membuka pengaturan dan pilih akun sehingga akan terlihat semua akun yang tercantum pada smartphone. Setelah dihapus maka akun tersebut sudah tidak ada pada Play Store dan pengguna dapat menambahkannya lagi melalui pengaturan tambah akun.

5. Melakukan Reset Data

Selanjutnya ada cara memperbaiki Play Store yang rusak yaitu dengan mereset data Play Store tersebut. Ini adalah cara yang dapat digunakan ketika cara lainnya tidak berhasil. Melakukan reset data membuat semua data yang ada di Play Store tersebut akan terhapus beserta aplikasi yang telah di uninstall sebelumnya.

Namun, pengguna dapat lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset data. Pada pengaturan Play Store akan ada pilihan atau opsi yang dapat melakukan reset data.

Itulah cara memperbaiki Play Store yang rusak tanpa diketahui penyebab awalnya. Diketahui bahwa Play Store merupakan inti paling penting di Android untuk memiliki aplikasi sesuai kebutuhan pengguna smartphone. Tanpa Play Store sangat sulit mendapatkan berbagai app yang aman dari hadirnya virus.

Baca Juga:  Penyebab Kenapa WiFi Lemot Padahal Sinyal Full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *