Cara Mempercepat Download di Android

7 Cara Mempercepat Download di Android, Dijamin Bikin Ngebut!

Dahulu saat ingin mengunduh sebuah file, setiap orang harus menggunakan perangkat komputer. Kini, hal tersebut bisa dilakukan melalui ponsel pintar Android. Meskipun begitu, kecepatan unduhannya tentu saja tidak secepat komputer. Agar kecepatan unduhan semakin kencang, berikut adalah 7 cara mempercepat download di Android, antara lain:

1. Menggunakan Advance Download Manager

Advanced Download Manager atau ADM adalah aplikasi pengelola unduhan terbaik di perangkat Android. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi IDM yang biasa digunakan di komputer dan laptop. Fitur terbaiknya adalah aplikasi ini mampu membagi file besar menjadi beberapa bagian untuk meningkatkan kecepatan unduhan di perangkat Android.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pengunduhan massal secara bersamaan dalam satu waktu. Pengguna juga bisa melanjutkan unduhan apabila terhenti secara otomatis. Dengan dukungan server tercepat, unduhan di ponsel pintar dijamin akan bertambah cepat. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

2. Tingkatkan Sinyal Dengan Signal Booster

Cara mempercepat download di Android yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Signal Booster. Sesuai namanya, Signal Booster adalah program aplikasi yang berguna untuk meningkatkan kualitas sinyal di perangkat ponsel. Sayangnya banyak aplikasi Signal Booster di Google Play Store yang tidak berfungsi dengan benar.

Salah satu aplikasi Signal Booster yang terbukti cukup efektif adalah Connection Stabilizer Booster. Aplikasi besutan Supersonic ini bisa menstabilkan kecepatan internet seluler dan koneksi WiFi. Aplikasi ini memiliki fitur Anti Disconnect yang memastikan booster tetap dalam posisi on. Efek samping aplikasi ini adalah konsumsi daya baterai yang cukup besar.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Play Store yang Rusak Pada Android

3. Mulai Ulang Ponsel Android

Terkadang, ketika pengguna tidak melakukan restart ponsel  untuk waktu yang lama, maka akan mempengaruhi koneksi internet dan kecepatan unduhan berkurang karenanya. Ponsel yang jarang di restart biasanya telah menggunakan banyak tenaga dalam waktu lama. Dengan melakukan restart, maka performa ponsel dan koneksi internet akan menjadi lebih baik dalam mengunduh.

4. Tutup Aplikasi Latar Belakang

Beberapa pengguna ponsel sering bertanya mengapa kuota internetnya cepat habis padahal tidak digunakan. Jawabannya adalah aplikasi latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa disadari mengonsumsi koneksi internet dan menyebabkan kecepatan unduhan jadi lambat. Untuk meningkatkan kecepatan unduhan, pastikan tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

5. Unduh File Satu Per Satu

Saat mengunduh banyak file sekaligus, tidak jarang unduhan akan gagal. Ini mungkin karena perangkat Android tidak kuat dengan aktivitas mengunduh file besar. Untuk membuatnya lebih mudah, coba unduh file satu per satu. Meskipun ini mungkin tampak memakan waktu, hal ini bisa meningkatkan kecepatan unduhan secara drastis.

6. Hapus Aplikasi dan Widget yang Tidak Digunakan

Sebagian besar aplikasi dan widget relatif tidak berbahaya, tetapi beberapa menggunakan banyak data saat berjalan di latar belakang. Salah satu contohnya adalah Facebook. Langkah pertama adalah menghapus widget apa pun dari layar beranda yang tidak digunakan. Cukup seret menu widget dan buang ke dalam ikon tong sampah.

Untuk menghapus aplikasi secara total, pengguna perlu masuk ke Menu Aplikasi. Dari sini prosedur dapat bervariasi dari perangkat ke perangkat. Terkadang pengguna cukup mengetuk dan menahan, tetapi biasanya harus menemukan tombol menu dan menekan Edit atau Hapus Aplikasi .

Baca Juga:  5 Cara Membuat Mind Map di HP untuk Sampaikan Ide dengan Efektif

7. Pasang Pemblokir Iklan

Iklan dapat menghabiskan banyak sumber daya – tidak hanya daya pemrosesan, tetapi juga data seluler. Iklan juga terkadang dapat berjalan di banyak aplikasi secara bersamaan. Dengan memasang pemblokir iklan, pengguna bisa menghentikan iklan-iklan yang mengganggu tanpa membuang banyak waktu.

Demikianlah penjelasan 7 cara mempercepat download di Android yang wajib untuk dicoba. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas, diharapkan bisa meningkatkan kecepatan download perangkat Android para pembaca disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *