Cara Memperbaiki Hp Android yang Tidak Bisa Menyala

5 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala, Dijamin Ampuh!

Salah satu kerusakan yang cukup umum terjadi pada ponsel adalah tidak bisa dinyalakan. Biasanya orang awam akan langsung panik dan membawa ponselnya ke tukang servis. Padahal, masalah ini sebenarnya bisa ditangani sendiri. Berikut ini adalah 6 cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala dengan mudah dan cepat, antara lain:

1. Cek Keadaan Baterai

Solusi paling general dalam menuntaskan persoalan HP yang tidak dapat menyala adalah dengan memeriksa baterainya. Lepas serta biarkan baterai selama lima menit. Setelah itu, pasang ulang lalu hubungkan ponsel ke pengisi daya. Tunggu selama beberapa saat sampai logo baterai berkedip.

Penyebab umum ponsel tidak dapat menyala adalah kehabisan daya. Saat ini terjadi, waktu pengisian akan menjadi sedikit lebih lama dari biasanya. Jadi, jika ponsel mati tanpa sebab, lebih baik isi terlebih dahulu daya baterai selama satu jam penuh. Terdengar sepele namun cukup efektif dan terbukti.

2. Periksa Charger Baterai

Sudah dicas selama sejam penuh namun masih tidak mau menyala? Maka persoalan utamanya mungkin terletak di pengisi daya baterai. Charger yang rusak biasanya menyebabkan pengisian daya menjadi lebih lambat dari biasanya. Periksa apakah ada sambungan kabel yang terkelupas atau kotoran di dalam port USB.

Sebagai tambahan, pengguna juga bisa menggunakan kabel USB lain apabila masih belum menyala. Kabel USB abal-abal juga sangat rentan dan bisa konslet sewaktu-waktu dibanding kabel USB original. Sebagai ganti charger biasa, pengguna juga dapat memakai pengisi daya desktop (cas kodok).

3. Cek Kondisi Layar

Pada cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi layar. Pengguna baru-baru ini kemungkinan menjatuhkan ponsel tanpa sadar dan mengakibatkan touchscreen ponsel mengalami kerusakan. Hal ini dapat berdampak cukup fatal terhadap ponsel.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Lubang Charger Hp yang Longgar dan Ciri-ciri Port Rusak

Untuk memastikan layar tidak rusak, tahan tombol daya selama 15 detik untuk memastikan ponsel menyala dengan benar. Selain itu, pengguna juga menelepon ponsel yang rusak untuk lebih memastikan. Jika ponsel berbunyi, maka dipastikan kerusakannya terjadi di bagian layar.

4. Lakukan Flashing Ponsel

Flashing adalah prosedur reparasi yang digunakan banyak teknisi untuk memperbaiki ponsel yang mengalami kerusakan. Flashing dilakukan untuk mengganti ROM pada ponsel yang mungkin menjadi penyebab kerusakan. Teknik flashing pada tiap-tiap ponsel biasanya berbeda-beda. Pengguna bisa melihat tutorial lengkapnya di YouTube ataupun media lain.

Teknik flashing ini sebenarnya agak tricky bagi para pemula. Jika tidak mengikuti panduan dengan benar, bisa saja ponsel malah akan bertambah rusak. Meskipun begitu, masih banyak orang yang tertarik untuk mencoba teknik ini karena bisa membuat ponsel jauh lebih lancar. Sebelum melakukan flashing, ada baiknya cadangkan terlebih dahulu data-data di dalam ponsel.

5. Atur Ulang Perangkat

Solusi terakhir yang dapat dicoba adalah dengan mereset ulang perangkat ponsel. Lakukan hal ini apabila empat cara yang diberikan diatas tidak membuahkan hasil. Dampak negatif dari metode ini adalah pengguna tidak memulihkan semua file dan dokumen yang ada di dalam ponsel.

Sebelum mereset, ada baiknya cadangkan terlebih dahulu semua data ke dalam penyimpanan awan atau kartu SD. Jika sudah, pengguna bisa langsung mereset ponsel melalui mode recovery. Mode recovery tiap smartphone berbeda-beda, jadi baca instruksi yang tertera di buku panduan atau halaman resmi dari vendor.

Demikian pembahasan dari 5 cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala dengan mudah dan cepat. Jika ponsel masih belum menyala juga, cara terbaik adalah dengan menyerahkan masalah ini kepada teknisi ahli reparasi ponsel.

Baca Juga:  2 cara untuk mengetahui kata sandi WiFi di Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *