cara memperbaiki file corrupt

Inilah 5 Cara Memperbaiki File Corrupt Tercepat

Kerusakan file dapat terjadi sewaktu-waktu, bahkan ketika pengguna sedang tergesa-gesa mengerjakan sebuah pekerjaan, hal tersebut akan terasa menjengkelkan. Cara memperbaiki file corrupt tidak bisa dikatakan hal yang mudah namun juga bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan beberapa gangguan ketika menggunakan perangkat.

Salah satu faktor yang membuat file menjadi corrupt diantaranya yaitu, padamnya aliran listrik ketika berlangsungnya pemakaian PC atau laptop. Sehingga menyebabkan file rusak dan tidak dapat berfungsi. Beberapa hal yang dapat dilakukan diantarannya:

1. Cek Hard Disk

Penyebab dari kerusakan ataupun corruptnya suatu file dapat diakibatkan oleh Hard Disk. Oleh sebab itu cara memperbaiki file corrupt dapat dilakukan dengan mengeceknya pada penyimpanan tersebut. Hal ini cukup mudah dan efektif karena pengguna sudah terbiasa untuk membuka menu penyimpan, dimana Hard Disk inilah yang sering digunakan.

Pengecekan pertama yaitu dengan membuka file Explorer, lalu klik kanan pada Hard Disk, dimana file corrupt tersimpan dan klik Properties. Jika sudah, pilih tab Tools, kemudian klik tombol Check yang terletak pada area Error Checking. Dengan ini, maka Windows akan melakukan deteksi dan juga perbaikan pada kerusakan yang terjadi.

REKOMENDASI »  Cara Memperbaiki Foto yang Blur dengan PicsArt Paling Simple

2. Pindahkan File

Penyimpanan dokumen dan file penting sangat rentan untuk mengalami corrupt jika disimpan pada SD Card. Oleh karena itu tidak disarankan untuk melakukan penyimpanan file penting disana. Alangkah lebih baik untuk penyimpanan pada memori internal atau yang disebut memori telepon, karena termasuk aman dari corrupt.

Tapi jika file sudah terlanjur mengalami kerusakan maka pengguna dapat memperbaikinya lewat perangkat PC/Laptop. Hubungkan SD card yang rusak pada PC. Kemudian klik kanan pada SD Card lalu pilih properties, kemudian klik tools dan pilih Check dan Optimize. Jika sudah selesai maka coba pasang kembali pada ponsel.

3. Manfaatkan CMD

Perbaikan file dapat langsung dikerjakan melalui program Command Prompt yang bekerja sebagai Administrator. Langkah pertama yaitu klik start kemudian ketik CMD lalu klik kanan pada program dan kemudian pilih Run as administrator. Pastikan langkah ini sudah pengguna lakukan dengan benar.

REKOMENDASI »  Cara Kerja dan Manfaat Proxy Server, Simak Ulasan Lengkapnya!

Setelah itu ketikkan perintah scannow untuk memulai proses scanning yang disertai pengecekan dan perbaikan file pada sistem yang mengalami corrupt. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, karena menyeluruh pada drive komputer. Namun, jika pengguna tergesa, dapat mengetikkan perintah verifonly, dengan begitu hanya scanning yang dilakukan tanpa perbaikan yang dapat mempersingkat waktu.

4. Gunakan File Repair

Cara memperbaiki file corrupt lainnya yaitu dengan mendownload atau memasangkan aplikasi yang dapat memperbaiki file yang rusak. Untuk mendapatkan software inipun terbilang mudah dan menguntungkan. Bagaimana tidak, pengguna bisa menggunakannya secara gratis tanpa perlu membayar.

Pemakaian yang sudah user Friendly pun sangat membantu para pengguna, yaitu setelah berhasil mendownload dan instal, mulailah menjalankan program File Repair. Kemudian temukan file rusak dengan mengklik tiga titik yang berada di ujung tampilan. Maka akan muncul beberapa pilihan, lalu pilih Any File. Jika sudah Start Repair dan tunggu hingga prosesnya selesai.

REKOMENDASI »  5 Langkah Cara Paylater Traveloka Mudah 100_ Berhasil

5. Pilih Google Docs Sebagai Alternatif lain

Tetap bingung memperbaiki file yang mengalami kerusakan, Google Docs bisa menjadi alternatif yang dapat dicoba. Langkah dan tahapannya cukup dengan membuka situs dari alamat Google Docs, kemudian buat account untuk dapat login. Bila pengguna telah memiliki akun, pada halaman akan muncul tanda panah keatas, lalu klik panah tersebut.

Setelah itu akan keluar pilihan file dan aktifkan unggah folder, lalu pilih file dan unggah file Microsoft word yang corrupt. Tunggulah beberapa saat, jika sudah berhasil diunggah maka file akan muncul pada laman Google Drive sebelah kanan. Kemudian klik kanan pada file, pilih open.

Jika file telah terbuka dan muncul pada laman, pengguna tinggal menyalin atau menyimpan ulang file tersebut. Cara memperbaiki file corrupt sebenarnya dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa harus membawanya ke service center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *