Cara Membuat File ZIP di Android Tanpa Aplikasi

Cara Membuat File ZIP di Android Tanpa Aplikasi dan Langkah Membukanya

ZIP adalah format yang banyak digunakan untuk melakukan kompres (menyesuaikan ukuran) pada sebuah dokumen. Sekarang pengguna sudah dapat mempelajari cara membuat file ZIP di Android tanpa aplikasi dengan mudah. Menariknya pengguna juga dapat membuat dan membuka file ZIP tidak hanya melalui PC, melainkan juga Android.

Format ZIP memudahkan pengguna untuk menyimpan banyak file sekaligus dalam satu tempat. Ukurannya pun sudah lebih kecil sehingga penyimpanannya tidak menghabiskan banyak tempat. File yang beredar di internet juga kebanyakan sudah berformat ZIP. Berikut ini cara membuat sekaligus membukanya di Android, antara lain:

Cara Membuat File ZIP di Android Tanpa Aplikasi

File ZIP dapat dibuat di Android tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Hal ini pasti akan memudahkan pengguna yang sering memanfaatkan ZIP dalam mengumpulkan datanya. Sebenarnya caranya cukup sederhana dan mudah untuk ditiru. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Gunakan Android 10

Langkah pertama adalah memastikan Android yang dimiliki sudah berformat Android 10. Hal ini karena versi Android di bawah 10 belum dapat melakukan aktivitas dengan ZIP termasuk membuat dan mengaksesnya. Jadi tidak semua ponsel dapat melakukan kegiatan ini.

REKOMENDASI »  Cara Menggunakan Internet Banking BRI Sangat Mudah

2. Lakukan Perubahan File Menjadi ZIP lewat File Manager

Masuklah ke File Manager yang merupakan tempat berbagai file dalam ponsel. Pada tiap ponsel nama tempat ini berbeda, ada juga yang namanya Pengelola File. Apabila sudah, carilah apa nama file atau folder yang ingin dikompres menjadi format ZIP. Pengguna juga dapat menggabungkan beberapa file maupun folder sekaligus.

Untuk memilih beberapa file sekaligus, tekan dan tahan file yang diinginkan kurang lebih 1-2 detik. Nantinya file itu akan muncul pada bagian menu di sisi bawah layar. Cara membuat file ZIP di android tanpa aplikasi selanjutnya adalah menekan pada logo tiga titik yang terlihat pada pojok atas sebelah kanan layar. Di sana akan ada pilihan ZIP dan tekanlah. Berilah juga nama pada file, lalu klik ZIP. Dengan sendirinya format file akan menjadi ZIP.

REKOMENDASI »  Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Tanpa Aplikasi dan Menggunakan Aplikasi, Bisa Jadi Pilihan

Cara Membuka File ZIP di Android

Setelah mempraktekkan cara membuat file ZIP di Android tanpa aplikasi, langkah berikutnya adalah mencoba membukanya. Hal ini penting dilakukan sebelum mengirim file untuk memastikan file bisa diakses. Berikut ini penjelasan langkahnya, antara lain:

1. Menggunakan Tools Bawaan Android

Pilihlah file yang hendak dibuka. Tekan dan tahan selama beberapa detik, lalu klik pada tanda tiga titik yang terletak di bagian bawah layar. Selanjutnya pilih UNZIP, lalu ketikkan nama file. Pilih tempat penyimpanan yang diinginkan. Jika sudah, tekan OK. Maka file ZIP tersebut sudah dapat dibuka. Cara ini dapat dilakukan apabila Android memiliki Tools sendiri.

2. Gunakan Aplikasi RAR untuk Android

Unduh aplikasi bernama RAR for Android. Aplikasi ini diperuntukkan bagi pengguna Android dengan fitur yang dimilikinya lengkap bahkan dapat memperbaiki kerusakan pada file. Caranya, pertama bukalah aplikasinya, lalu pilih file yang hendak dibuka.

REKOMENDASI »  Tips Memulai Usaha Sayuran Packing Mudah untuk Menambah Penghasilan Dari Rumah

Apabila file baru ingin disimpan di lokasi yang sama dengan file kompresnya, lanjutkan klik Ok. Setelah muncul izinkan, klik Ok lagi, lalu tunggu sampai prosesnya selesai. Durasinya tergantung pada ukuran file. Setelah serangkaian tahapan itu selesai, maka file ZIP dapat dibuka dan di cek isinya untuk memastikan file yang dikompres tadi tak ada yang cacat.

Demikianlah cara membuat file ZIP di Android tanpa aplikasi serta langkah membukanya. ZIP sangat bermanfaat untuk membantu mengirimkan dokumen tanpa menunggu lama, karena ukurannya yang relatif kecil. ZIP menjadi pilihan yang proses ekstraksinya lebih cepat dan sederhana bagi pengguna yang tidak memiliki program WINRAR dalam mengecilkan ukuran filenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.