Cara Membuat Email Balasan Otomatis di Google Form

Intip Cara Membuat Email Balasan Otomatis di Google Form yang Mudah

Google form merupakan salah satu wadah yang dapat menampung pendapat seseorang terkait perihal yang yang dimaksudkan oleh pembuatnya. Adanya pendapat atau jawaban dari seseorang atau kelompok yang dituju membuat suatu tujuan yang diinginkan oleh pembuat G-form. Namun bagaimana cara membuat email balasan otomatis di Google form yang mudah sebagai pemberitahuan terkait jawaban.

Penggunaan Google form sangat mempermudah pendaftar mengisi formulir tanpa harus berkunjung ke tempat tertentu. Ketika ada webinar yang berada di suatu kota dan dapat diikuti oleh berbagai peserta dari provinsi lain. Menggunakan Google form sebagai tempat pendaftaran sangat memadai sehingga mudah mengetahui identitas pendaftar. Langsung saja caranya membuat email balasan otomatis di Google form yang mudah, berikut ini:

1. Buat Google Form

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat Google form sesuai dengan tujuan penggunaannya. Ada banyak acara yang menggunakan Google form sebagai formulir pendaftaran peserta secara online. Google menyediakan formulir ini untuk mempermudah seseorang dalam mengumpulkan identitas peserta acara tersebut.

Membuat Google form sangat mudah yaitu hanya dengan mengetikkan Google form di Kolom pencarian Google. Maka Google form dapat dibuat dengan mudah dan dikreasikan sesuai dengan pertanyaan yang diinginkan.

2. Mengatur Email Notifikasi Pada Google Form

Pada tahap ini Google form yang telah dibuat akan diatur untuk mendapatkan email notifikasi dan juga balasan email secara otomatis. Ada banyak yang harus diisi sesuai dengan keinginan pembuat Google form yaitu mengisikan nama formulir, email pengirim, dan email penerima. Selain itu, pembuat Google Chrome akan menuliskan balasan apa yang ingin disampaikan kepada mengisi formulir tersebut.

Baca Juga:  5 Cara Mempercepat Download di Play Store yang Terbukti Ampuh

Template yang akan digunakan juga dapat disetting sesuai keinginan pembuat formulir tersebut. Balasan email yang diinginkan diisi sesuai dengan acara yang berlangsung. Sehingga pengisi formulir atau pendaftar akan mengetahui bahwa formulir yang diisi sudah sampai ke pembuat acara.

3. Buat Email Notifikasi

Selanjutnya ada cara membuat email balasan otomatis di Google form yaitu dengan membuat email notifikasi untuk peserta yang sudah mengisi formulir. Email yang disampaikan kepada peserta dapat diisi sesuai dengan keinginan pembuat acara tersebut. Mulai dari subjek email dan juga isi email terkait pemberitahuan acara yang akan berlangsung dan juga berterima kasih atas kesediaan mendaftar.

Email notifikasi ini dapat memberitahu pembuat dan juga pendaftar yang sudah mencantumkan identitas nya di formulir tersebut. Pembuat formulir tersebut akan mendapatkan notifikasi email sesuai dengan email yang dicantumkan untuk mengetahui adanya pendaftar baru.

4. Memilih Notify From Submit

Memilih notify form submit akan memperlihatkan bahwa adanya pendaftar dari formulir yang sedang dibuka.  Untuk mengaktifkan notifikasi ini maka pembuat Google form harus melakukan scroll ke bagian paling bawah. Di sebelah kanan ada tulisan notify form submit dan kotak centang untuk mendapat notifikasi terkait adanya pendaftar baru.

Selain itu melakukan centang juga berfungsi untuk melampirkan isi formulir dari peserta dalam bentuk email. Langkah ini sudah hampir selesai dan dapat digunakan untuk mengisi formulir dari berbagai peserta terkait acara yang diadakan.

5. Lakukan Save Rule

Langkah terakhir yaitu menyimpan semua pengaturan yang sudah dibuat dan diinginkan untuk Google form yang akan disebar. Melakukan save rule akan membuat notifikasi email dan juga balasan otomatis akan tersampaikan oleh pembuat dan juga penerima email. Membuat Google form juga dapat melakukan uji coba terhadap formulir yang telah dibuat agar memastikan kelayakannya.

Baca Juga:  Mengenal Kegunaan Beserta Cara Menggunakan Point OVO

Itulah cara membuat email balasan otomatis di Google form yang mudah ketika ingin mengadakan suatu acara. Google form hadir untuk mempermudah seseorang mengetahui pendapat atau jawaban dari orang atau kelompok tertentu. Selain itu tampilan Google form juga dapat didesain sesuai dengan keinginan membuat formulir agar memberikan kesan unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *