Cara Menggunakan Airpods di Android

Ternyata Mudah untuk Mengaplikasikan Cara Menggunakan AirPods di Android

Ketika mendengar nama AirPods, banyak yang mengira bahwa perangkat untuk mendengarkan musik ini hanya berfungsi pada produk Apple saja. Padahal bisa juga digunakan untuk android. Adapun cara menggunakan AirPods di Android yang dapat dicoba dengan mudah. Apalagi penghubungnya hanya menggunakan bluetooth, jadi semua jenis android bisa menggunakannya.

Meski Android sempat mengalami hubungan dingin dengan produsen Apple, namun perangkat AirPods dapat berfungsi dengan baik pada ponsel Android. Bahkan ada yang manual untuk cara memasangkan AirPods dengan perangkat yang lain. Tapi, pada artikel ini akan dijelaskan cara untuk mengoperasikannya di Android dengan mudah, antara lain:

1. Aktifkan Bluetooth

Langkah pertama dalam cara menggunakan AirPods di Android adalah menyalakan Bluetooth. Sistem utama ini wajib ada, karena dengan Bluetooth barulah perangkat bisa dihubungkan dengan AirPods.

Caranya bukalah menu pengaturan pada Android, lalu klik ikon Bluetooth untuk mengaktifkannya. Sebaiknya semua aplikasi yang berhubungan dengan musik atau pemutar video dimatikan. Hal ini karena dapat menghambat pemasangan dan kinerja AirPods di Android.

2. Menyalakan AirPods

Setelah Bluetooth diaktifkan, langkah berikutnya adalah menyalakan AirPods. Tapi, lebih baik jika AirPods selalu tersimpan dalam case sehingga menjaga kualitasnya. Cara membukanya dengan klik pada tombol putih, bisa juga dengan menekan Setup atau Pair yang berada di bagian belakang case. Adapun penanda bahwa AirPods sudah menyala adalah munculnya kedipan warna putih pada lampu LED yang terletak di dalam case.

3. Hubungkan Perangkat

Apabila Bluetooth dan AirPods telah menyala, selanjutnya adalah menghubungkan (pairing) keduanya. Bukalah Bluetooth, lalu di bagian pengaturan carilah nama AirPods pada kolom Pair Devices. Sambungkan ke AirPods dengan menahan tombol putih pada case milik AirPods. Apabila sudah tersambung, lampu LED akan menyala.

Baca Juga:  Peretas menyerang pengembang Cyberpunk 2077 dan mengancam akan membocorkan data pemain

Proses ini kadang mengalami kegagalan, misalnya Android tidak bisa menemukan koneksi AirPods. Hal ini bisa terjadi karena AirPods baterainya lemah atau masih terhubung dengan perangkat yang lainnya. Solusinya dengan melakukan restart pada Bluetooth dan juga AirPodsnya.

Matikan sejenak selama beberapa detik, kemudian nyalakan kembali. Cobalah sambungkan AirPods dengan perangkat lain. Jika bisa tersambung, berarti masalah terdapat pada ponselnya.

4. Cek Jarak

Jarak merupakan hal yang juga perlu diperhatikan dalam cara menggunakan AirPods di Android. Hal ini karena jarak memiliki pengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan oleh AirPods. Ada jarak maksimal yang bisa dicapai AirPods, maka usahakan jaraknya dengan ponsel Android cukup dekat. Apabila musik terhenti tiba-tiba, maka hal ini bisa berarti jarak dua perangkat tersebut terlalu jauh.

5. Mematikan AirPods

Setelah menggunakannya, jangan lupa untuk mematikan kembali AirPods dan memasukkannya kembali dalam case agar baterai tidak cepat habis. Hal ini penting karena case dapat mengisi daya secara otomatis.

Caranya sederhananya dengan menekan kemudian tahan tombol yang ada di AirPods selama kurang lebih tujuh detik hingga lampu LED yang ada di AirPods telah mati. Bisa juga menonaktifkannya dengan mematikan Bluetooth pada ponsel Android. Secara otomatis koneksinya dengan AirPods akan terputus.

Setelah mengetahui cara menggunakan AirPods di Android yang telah disampaikan pada artikel ini, terlihat bahwa tidak serumit yang dibayangkan. Adapun perawatan AirPods harus dilakukan dengan seksama, sehingga tetap bersih dan nyaman digunakan. Kini pengalaman mendengarkan musik melalui AirPods semakin mudah dan membuat penampilan semakin mengesankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *