cara menggunakan speaker bluetooth

Tidak Perlu Repot, Inilah 5 Cara Menggunakan Speaker Bluetooth Paling Gampang

Smartphone pintar saat ini sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth yang dapat pengguna gunakan untuk menerima atau mengirim file. Namun, kini penggunaan fitur tersebut sudah lebih maksimal, dimana seseorang bahkan dapat menghubungkan perangkat tersebut melalui pengeras suara. Cara menggunakan speaker bluetooth pun sering dilakukan saat ini.

Dengan menggunakan sambungan perangkat tersebut pada speaker tentu pengguna dapat dengan leluasa mendengarkan lagu. Tidak hanya untuk memutar lagu saja, bahkan menonton  video atau memutar sejenis audio lainnya dapat digunakan. Berikut, cara menggunakannya:

1. Aktifkan Speaker Bluetooth

Cara menggunakan speaker bluetooth bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, pengguna terlebih dahulu harus memastikan jika speaker berfungsi. Mulailah dengan mengaktifkan bluetooth pada perangkat. Hanya dengan menekan salah satu tombol, otomatis akan langsung hidup mode onnya.

Terdapat beberapa tombol yang ada, yaitu satu tombol untuk menghidupkan dan dua tombol pengeras dan pengecil volume. Tambahan lainnya yang terdapat pada body speaker biasanya untuk mengatur daftar putar, memainkan dan menjeda.

2. Nyalakan bluetooth Smartphone

Hal mendasar yang kadang sering terlupakan oleh pengguna yaitu ketika sudah mengaktifkan bluetooth pada speaker namun lupa pada Smartphone. Jika salah satu pengaturan tidak berfungsi pada salah satu perangkat maka hal itu tidak akan bekerja. Karena sistem dari perangkat tersebut saling terhubung satu sama lain, dengan jarak penggunaan yang terbatas.

Pertama pengguna dapat menemukan bluetooth pada menu settingan ponsel, lalu buka fiturnya dan pilih aktifkan. Kemudian tunggu sebentar hingga muncul lambang bluetooth pada bagian layar ponsel.

Baca Juga:  Simak Cara Menggunakan Paypal untuk Menerima Uang yang Mudah Dicoba

3. Hubungkan Speaker ke Ponsel

Ini tahap yang memastikan hasil akhir akan berjalan sesuai keinginan pengguna, dimana beberapa orang bingung pada tahap ini. Pastikan pengguna telah membuka menu setting, kemudian buka bluetooth pada ponsel. Pilih bluetooth dan lakukan pencarian perangkat speaker bluetooth. Jika perangkat speaker telah ditemukan, pilih dan sambungkan. Tunggu hingga proses penyambungan selesai.

Setelah sambungan berhasil, pada ponsel pengguna akan muncul tampilan headset di bagian notifikasi ataupun atas layar. Kemudian, perhatikan pula jarak antar perangkat. Karena biasanya suara yang diputar akan mengeluarkan suara yang maksimal jika jarak antar jaringan bluetoothnya dekat dan begitu juga sebaliknya.

4. Putar Lagu dari Ponsel

Sambungan sudah sukses, saatnya pengguna coba untuk memutar lagu yang diinginkan. Jika musik dari lagu yang diputar sudah dapat pengguna dengar, maka pengguna telah berhasil menghubungkan kedua perangkat tersebut. Untuk kenyamanan dalam mendengarkan audio, cobalah untuk mengaturnya pada volume yang berada di speaker.

Jika pengguna ingin mendengarkan musik lebih keras dapat menekan tombol dengan tanda tambah pada speaker dan  tanda kurang untuk memelankan. Aturlah volume sesuai dengan kebutuhan.

5. Ulangi kembali, Jika Suara masih tidak keluar

Langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas telah dilakukan semuanya, namun lagu yang diinginkan tidak juga terdengar?. Coba ulangi kembali setiap tahapan cara menghubungkan speaker bluetooth, cek apakah tidak ada masalah pada salah satu perangkat. Permasalahan yang sering terjadi yaitu, adanya error pada Smartphone. Untuk mengatasi hal tersebut pengguna hanya perlu untuk menggantinya saja.

Tetapi, jika kesalahan yang terjadi karena jaringan speaker bluetooth yang tidak ditemukan oleh ponsel, pengguna dapat mereset ulang speaker. Reset akan memulihkan kembali sistem kerja dan fungsi dari bluetooth, sehingga dapat kembali digunakan. Kesalahan yang terjadi umumnya karena koneksi pada jaringan tersebut yang sulit untuk dideteksi pada ponsel.

Baca Juga:  5 Cara Membuat Follower Instagram Banyak dengan Mudah

Permasalahan yang terjadi akan berbeda jika pengguna menggunakan speaker kabel, biasanya terjadi kesalahan pada port jack audionya. Hal tersebut terjadi akibat port yang telah longgar, sehingga terkadang mengeluarkan suara pecah dan lemah. Hal tersebut umum terjadi, semuanya kembali lagi pada perangkat yang digunakan.

Pengguna yang baru mencoba teruslah mengulang-ulang kembali langkah dan tahapan yang telah dijelaskan. Latihan yang sering, agar kedepannya pengguna dapat dengan mudah untuk mendengarkan musik yang disukai, dengan cara menghubungkan speaker bluetooth.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *