Cara Mempercepat Download di Play Store

5 Cara Mempercepat Download di Play Store yang Terbukti Ampuh

Semakin banyak aplikasi baru yang muncul, banyak orang yang penasaran dan ingin mencobanya. Salah satu platform terfavorit untuk mendownload aplikasi yaitu Google Play Store. Agar menghemat waktu, pengguna perlu mengetahui cara mempercepat download di Play Store agar aplikasi bisa segera dijalankan.

Besar ukuran aplikasi yang tersedia di Play Store beragam. Biasanya, semakin banyak fitur di dalam aplikasi tersebut semakin besar pula sizenya. Size yang besar terkadang memerlukan waktu download yang cukup lama hingga aplikasi siap di install. Solusi untuk masalah ini bisa diselesaikan dengan cara-cara di bawah ini:

1. Cek Sinyal Jaringan

Sinyal bisa menjadi salah satu penyebab lamanya mengunduh file dari Google Play Store. Jika menggunakan jaringan data seluler, pastikan jaringan tersebut kuat dengan cara melihat kecepatan kbps yang biasanya tertera pada bagian atas ponsel. Jika display pada ponsel pengguna tidak menampilkan kecepatan kbpsnya, pengguna bisa juga melihat pada jumlah bar yang ada.

REKOMENDASI »  Cara membuat hidden folder di android caranya sebagai berikut!

Kecepatan kbps yang hanya nol koma sekian tentu akan membuat aplikasi terunduh sangat lama. Begitu pula jika bar sinyal hanya satu atau dua bar saja, proses pengunduhan akan tersendat. Untuk mengatasi masalah ini, carilah lokasi di sekitar pengguna yang memungkinkan untuk menaikkan kecepatan kbps dan bar pada ponsel.

2. Lakukan Pengunduhan dengan Menggunakan Wifi

Rata-rata wifi memiliki jaringan yang jauh lebih stabil daripada jaringan data seluler. Sinyal wifi mampu merambat hingga beberapa meter dan tetap memiliki koneksi yang baik. Artinya, semakin dekat dengan posisi wifi, semakin cepat pula proses pengunduhan aplikasi.

Menggunakan wifi merupakan cara mempercepat download di Play Store yang paling ampuh. Jaringan wifi yang cenderung kencang, membuat proses pengunduhan hanya memakan waktu sebentar. Namun, perhatikan berapa banyak ponsel yang tersambung ke wifi tersebut. Karena jika terlalu banyak pengguna yang menggunakan jaringan wifi yang sama, ini juga bisa membuat jaringan kembali melemah.

REKOMENDASI »  Mengenal Perusahaan Sekuritas Dengan Sekuritas Terbaiknya

3. Periksa Ruang untuk Menyimpan Aplikasi yang di Download

Walaupun jaringan sudah cukup kuat untuk mendownload, semuanya akan sia-sia jika ruang penyimpanan penuh. Biasanya Play Store akan memberi notifikasi jika ruang penyimpanan tidak cukup. Ketika proses download terhenti di tengah jalan karena masalah ruang penyimpanan, pengguna harus mendownload ulang dan hal ini menyia-nyiakan waktu.

Agar masalah ini tidak muncul, sebelum mendownload pastikan memiliki ruang yang cukup dengan cara membersihkan cache, menghapus data yang tidak perlu,uninstall aplikasi, dan lain-lain. Terlalu banyak aplikasi juga tidak baik untuk ponsel dan aplikasi yang baru diunduh akan lambat pengoperasiannya.

4. Menggunakan VPN sebagai Aplikasi Pihak Ketiga

Jalan pintas agar aplikasi cepat terunduh yaitu menggunakan VPN. Aplikasi dengan kepanjangan Virtual Private Network ini mampu mempercepat proses download bukan saja pada Google Play Store tetapi ketika mengunduh file lain juga. Apalagi jika VPN pada ponsel telah ditingkatkan menjadi versi premium.

REKOMENDASI »  Daftar Alamat dan Nomor Telepon Bank BRI Cabang Bandung

5. Hentikan Penggunaan Aplikasi Lain Sementara

Mendownload aplikasi di Google Play Store sekaligus berjelajah di dunia maya? Kebiasaan ini harus dihentikan jika ingin proses download cepat selesai. Hal ini dikarenakan sistem pada ponsel mengutamakan layar aktif terlebih dahulu yang menggunakan data. Oleh karena itu, biarkan proses download selesai barulah kembali berselancar di dunia maya.

Itulah beberapa cara mempercepat download di Play Store yang bisa dicoba. Dengan mengikuti langkah di atas, waktu yang digunakan untuk mengunduh aplikasi menjadi singkat dan lebih optimal. Jangan lupa, jika aplikasi yang di download tidak sesuai keinginan, segera hapus kembali agar tidak memenuhi ruang dan cukup untuk mendownload aplikasi selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *