cara menggunakan earphone bluetooth

Cara Menggunakan Earphone Bluetooth, Mendengarkan Musik Tanpa Ribet

Saat ini mendengarkan musik melalui ponsel atau laptop dengan earphone menjadi aktivitas yang dapat dilihat dimana-mana, apalagi dengan kehadiran Bluetooth. Adapun cara menggunakan earphone bluetooth cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya. Bluetooth dinilai sebagai inovasi yang bermanfaat karena dapat meminimalisir kerumitan kabel pada earphone.

Kegemaran manusia akan musik sudah ada sejak pertengahan abad. Alat untuk mendengarkan musik menjadi kebutuhan yang banyak dicari dan terus mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari earphone yang tersambung melalui kabel hingga tanpa kabel. Bahkan earphone Bluetooth bisa mencapai jangkauan maksimal 10 meter sehingga dapat mengganti lagu dari jarak cukup jauh.

Cara Menyambungkan Earphone dengan Ponsel

Sebelum mulai menggunakan earphone, terlebih dahulu harus dipasangkan dengan perangkat yang akan digunakan. Caranya cukup mudah, seperti berikut ini:

1. Aktifkan Earphone

Langkah awalnya adalah dengan mengaktifkan earphone wireless dengan menekan tombol power atau on. Jika lampu sudah terlihat berkedip pada earphone, tandanya sudah aktif. Jika sudah, aturlah earphone ke mode pairing. Hal ini tergantung dengan jenis earphonenya, biasanya ada beberapa perangkat yang sudah terhubung secara otomatis.

REKOMENDASI »  Daftar Alamat dan Nomor Telepon Bank BRI Cabang Bandung

Namun jika belum pairing, cara merubah modenya adalah tekan tombol multifungsi dan tahan untuk beberapa detik. Ada juga perangkat yang menggunakan tombol power / on. Saat lampu LED mengeluarkan kelip berwarna biru (bisa juga kombinasi merah biru tergantung merk), berarti earphone tersebut sudah berubah menjadi mode pairing.

2. Menyalakan Bluetooth

Jika sudah berhasil mengaktifkan mode pairing, berikutnya nyalakan Bluetooth pada ponsel. Setelah menyala, selanjutnya pindai perangkat Bluetooth yang terdapat di sekitar ponsel. Tujuannya mendeteksi earphone Bluetooth yang sudah diaktifkan sebelumnya. Untu mencari perangkat ini membutuhkan waktu beberapa detik hingga satu menit.

3. Hubungkan Perangkat

Setelah ponsel sudah dapat mendeteksi perangkat, cara menggunakan earphone Bluetooth selanjutnya adalah menghubungkan keduanya. Klik connect agar ponsel dengan earphone Bluetooth tersambung. Nantinya akan diminta untuk mengisi kode rahasia, gunakanlah yang mudah sehingga tidak sulit mengingatnya.

Sekarang earphone sudah tersambung dengan Bluetooth dan dapat digunakan untuk mendengarkan musik tanpa kabel. Apabila sudah berhasil satu kali menghubungkan perangkat, penggunaan selanjutnya akan jauh lebih mudah. Tinggal menyalakan earphone serta Bluetooth di ponsel dan keduanya akan tersambung secara otomatis.

REKOMENDASI »  5 Aplikasi Sketsa wajah Ini Bisa Menghasilkan Gambar yang Memukau

Cara Dasar Menggunakan Headset Bluetooth

Earphone Bluetooth biasanya digunakan untuk mendengarkan musik serta melakukan panggilan telepon. Berikut ini beberapa cara mendasar dalam menggunakan earphone Bluetooth:

1. Menghentikan, Memajukan, Memundurkan Musik

Saat mendengarkan musik, ada kalanya perlu berhenti beberapa saat. Cara menghentikannya mudah dengan menekan satu kali pada tombol di earphone sebelah kiri atau kanan. Letaknya bisa berbeda tergantung merk, maka sebaiknya membaca terlebih dahulu buku panduannya. Untuk menghidupkan musik kembali, tinggal menekan tombol yang sama.

Jika ingin memajukan lagu, geser (swipe) menuju arah luar pada earphone. Letak pastinya juga bisa diketahui melalui buku panduan untuk lebih jelasnya. Sebaliknya untuk memundurkan lagu, geser ke arah dalam pada earphone (bisa sebelah kanan atau kiri tergantung earphonenya).

2. Menerima dan Mematikan Panggilan Telepon

Ketika panggilan masuk datang, tekan tombol multifungsi sebanyak satu kali. Namun jika ingin menolak atau mematikan telepon yang telah selesai, tekan dan tahan tombol multifungsi tersebut selama dua detik.

REKOMENDASI »  Advance Server Free Fire Resmi Dibuka, Simak Cara Daftarnya

3. Memeriksa dan Mengisi Baterai

Saat melakukan pengisian baterai earphone Bluetooth, lampu merah yang menyala menandakan pengisian sedang berlangsung. Kemudian untuk memeriksa jumlah baterai yang tersisa, klik dua kali pada tombol volume down (-). Apabila baterai sudah lemah, biasanya akan ada penanda berupa lampu merah yang menyala. Ada juga yang disertai notifikasi melalui suara.

Demikian cara menggunakan earphone Bluetooth. Mendengarkan musik dapat menjadi aktivitas yang menenangkan pikiran dan perasaan, serta meningkatkan semangat kembali. Seiring perkembangan zaman earphone Bluetooth semakin mudah dijangkau dan memiliki banyak varian dengan kelebihannya masing-masing. Tidak perlu lagi memusingkan kabel yang sulit diatur dan harus tersambung dengan perangkat elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *