Cara Membuat Subtitle di Youtube

Cara Membuat Subtitle di YouTube yang Paling Mudah

Saat membuat video di YouTube, kebanyakan orang selalu ingin memastikan videonya dapat dikonsumsi oleh sebanyak mungkin orang. Untuk itu, para pembuat konten harus tahu cara membuat subtitle di YouTube. Subtitle dapat membantu semua jenis audiens agar dapat menikmati suatu video. Baik penonton yang mengalami gangguan pendengaran atau hanya dalam suasana di mana penonton tidak dapat mengaktifkan volumenya.

Selain itu, masih ada banyak alasan mengapa pembuat video harus memasukkan subtitle di video YouTube-nya. Salah satu alasan utamanya sebenarnya adalah menambahkan inklusivitas untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Adanya subtitle membuat suatu video bisa dinikmati oleh penonton yang memiliki bahasa yang berbeda dengan yang digunakan dalam video tersebut. Untuk melakukan nya, ikutilah panduan berikut ini:

1. Login ke YouTube Studio

Langkah pertama adalah menuju ke YouTube dan masuk ke dashboard YouTube Studio. Ini seharusnya tidak asing bagi para pembuat video YouTube. Hal itu dikarenakan dashboard ini adalah dashboard utama untuk membuat perubahan apapun pada video yang diunggah. Selain itu, dashboard ini juga merupakan tempat dimana pembuat video dapat melihat analisis channel-nya.

REKOMENDASI »  5 Cara Beli Logam Mulia di Antam Secara Online

2. Klik Tab ‘Subtitle’ di Sidebar Sebelah Kiri

Pada cara membuat subtitle di YouTube setelah berada di dashboard YouTube adalah mengklik tab ‘Subtitle’ di sidebar kiri untuk mengakses fitur subtitle-nya. Tampilan layar dari dashboard YouTube Subtitles, menampilkan semua video yang dapat diberi subtitle ataupun yang sudah memiliki subtitle.

3. Pilih Video yang Ingin Ditambahkan Subtitle

Pada dashboard YouTube Subtitles, pembuat video akan mendapatkan tampilan penuh dari semua video yang telah di-upload. Setelah menemukan video yang ingin ditambah atau diperbarui subtitle-nya, klik ikon bergambar pensil untuk mengeditnya.

4. Atur Bahasa pada Subtitle

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengatur bahasa default untuk video yang ingin ditambah atau diperbarui subtitle-nya. Meskipun pada akhirnya pembuat video dapat menambahkan subtitle dalam berbagai bahasa, bahasa default harus sama dengan bahasa yang sebagian besar digunakan dalam video.

REKOMENDASI »  Mengenal Apa Yang Dimaksud Dengan Asuransi Jiwa Dan Beragam Jenisnya

5. Edit Subtitle di Video

Setelah mengkonfirmasi bahasa video, YouTube akan secara gratis menambahkan subtitle otomatisnya yang diambil oleh mesin YouTube dari video tersebut. Pembuat video akan dibawa ke halaman yang menampilkan subtitle otomatis dari YouTube itu.

Meskipun subtitle otomatis adalah saran awal subtitle yang baik, namun kemungkinan besar subtitle tersebut tidak akurat. Oleh karena itu, lihatlah dan tambahkan tanda baca yang kurang serta sesuaikan ketidakakuratan yang mungkin ditemui. Ini juga akan menjadi saat yang tepat untuk menyesuaikan timestamps pada subtitle video.

Klik tombol ‘Duplicate and Edit’. Selanjutnya, pembuat video akan diarahkan ke halaman baru. Pada halaman tersebut, pembuat video dapat memperbaiki kesalahan apapun yang ada dalam subtitle yang dibuat secara otomatis oleh YouTube. Pembuat dapat menonton dan menjeda video di samping kotak teks untuk dapat melakukannya.

REKOMENDASI »  Mengenal X-TRA Dana Pinjaman Bank CIMB Niaga untuk Karyawan

6. Publish Subtitle

Setelah merasa puas dengan subtitle video yang dibuat, simpan dan publikasikan. Setelah itu, lihat video yang diedit untuk memastikan subtitle-nya muncul dengan benar. Pembuat video dapat kembali ke bagian awal kapan pun ingin menambahkan bahasa lain ke subtitle videonya.

Demikian panduan cara membuat subtitle di YouTube telah selesai. Lakukanlah dengan sabar dan teliti. Koreksi segala kesalahan yang ditemukan. Subtitle yang baik bisa membawa feel dalam video tersampaikan pada penonton, yang bahkan tidak mengerti Bahasa dalam video. Ini juga bisa menjadikan para penonton tersebut tergila-gila pada video yang ditontonnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *