Cara Memperbaiki Sinyal Hp

Mengenal 6 Cara Memperbaiki Sinyal HP yang Lemah

Lagi enak-enaknya main game atau scroll sosmed, tiba-tiba sinyal malah jelek. Hal ini tentu saja membuat banyak orang kesal. Terlebih lagi ciri khas orang Indonesia yang benci terhadap sinyal yang buffering. Agar sinyal ponsel menjadi lebih kuat dan kencang, berikut ini adalah 6 cara memperbaiki sinyal HP yang lemah, antara lain:

1. Mulai Ulang Ponsel

Hal pertama yang perlu dilakukan jika mengalami masalah dengan kekuatan jaringan yang rendah adalah memulai ulang ponsel. Saat ponsel jarang di restart, semua beban dan kerja ponsel akan menumpuk jadi satu. Hal ini bisa menyebabkan performa ponsel menurun yang juga berdampak pada melemahnya sinyal dan konektivitas lain.

Untuk melakukan restart, tahan tombol power hingga menu di layar muncul dan kemudian pilih restart. Jika ponsel tidak menawarkan opsi restart, tahan tombol power sampai layar menjadi hitam dan kemudian menyala kembali. Untuk perangkat iPhone, tahan tombol samping dan volume secara bersamaan lalu gulir ke opsi restart.

2. Hidupkan dan Matikan Mode Pesawat

Selain memulai ulang ponsel, pengguna juga dapat mencoba memulai ulang jaringan seluler dengan mengubah mode pesawat. Ketika mode pesawat aktif, ponsel akan otomatis memotong semua jaringan yang masuk. Sebaliknya, ketika mode pesawat dimatikan, maka ponsel akan kembali menerima semua koneksi jaringan.

REKOMENDASI »  Cara Membuat File ZIP di Android Tanpa Aplikasi dan Langkah Membukanya

Dengan mode pesawat, ponsel menjadi sedikit tersegarkan dan akan mencari koneksi baru yang lebih stabil. Hal ini juga bisa meningkatkan koneksi internet yang berjalan lambat. Baik di Android atau iPhone, menu pesawat bisa diakses melalui bar atas. Cukup seret bar dan klik ikon pesawat, maka mode pesawat akan otomatis aktif.

3. Perbarui Sistem Operasi Ponsel

Pada cara memperbaiki sinyal HP yang lemah selanjutnya adalah dengan memperbarui sistem operasi ponsel. Banyak pengguna yang menyepelekan hal yang sebenarnya cukup penting ini. Ponsel yang jarang diperbarui biasanya rentan terhadap malware dan bug. Malware ini juga bisa menyerang konektivitas yang menyebabkan sinyal menjadi lemah.

REKOMENDASI »  7 Cara Mempercepat Pengisian Baterai HP Agar Tetap Awet

Untuk memperbarui ponsel cukup buka pengaturan perangkat untuk memeriksa apakah ada pembaruan yang tertunda dan perlu diinstal. Cukup buka Pengaturan, pilih Sistem, pilih Pembaruan Sistem, lalu Pembaruan Online untuk memeriksa dan menginstal semua pembaruan yang tertunda. Setelah itu, mulai ulang perangkat agar bisa berjalan normal.

4. Gunakan Ponsel di Dekat Jendela

Cara keempat ini terdengar cukup sepele tetapi terkadang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan sinyal jaringan di Android. Jika berada dalam kondisi cuaca buruk atau tinggal di rumah dengan tembok tinggi, membuka jendela dapat membuat ponsel menarik lebih banyak sinyal jaringan. Ini juga bisa terjadi jika rumah berjarak jauh dari tiang jaringan.

5. Lepaskan Kartu SIM dan Masukkan Kembali

Jika masih tidak bisa mendapatkan kekuatan sinyal jaringan yang cukup, inilah saatnya untuk beralih ke beberapa perbaikan teknis. Untuk melakukan hal ini, ambil alat pengeluaran SIM dan lepas kartu SIM dari ponsel. Kemudian pengguna dapat membersihkan panel kuningan dengan kain lembut yang rapi, lalu memasukkannya kembali.

REKOMENDASI »  5 Cara Mempercepat Upload File di Google Drive Ini Dijamin Bisa Menghemat Waktu

6. Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Koneksi sinyal lemah mungkin juga disebabkan oleh adanya kesalahan konfigurasi di pengaturan jaringan ponsel. Reset mungkin adalah solusi yang tepat untuk menuntaskan masalah ini. Dengan ini, pengaturan jaringan akan otomatis terkonfigurasi ulang. Cukup pergi ke Pengaturan, klik Jaringan dan pilih menu Reset Pengaturan Jaringan.

Demikian penjelasan dari 6 cara memperbaiki sinyal HP lemah dan wajib dicoba. Sinyal yang lemah memang terkadang bisa membuat kesal. Namun, dengan cara-cara diatas, koneksi internet kini bisa lebih cepat serta pengalaman bermain game dan scroll sosmed tidak akan terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *