Cara Memperbaiki WiFi Android Samsung

6 Cara Memperbaiki Wifi Android Samsung Saat Error dan Tak Terhubung Internet

Samsung sebagai merek dagang dari ponsel pintar asal Korea Selatan tentunya dilengkapi oleh fitur Wifi. Namun, terkadang muncul permasalahan yang menyebabkan jaringan internet tidak dapat terhubung pada ponsel. Cara memperbaiki Wifi Android Samsung juga banyak dicari oleh para penggunanya untuk mengatasi permasalahan itu.

Hal tersebut dikarenakan maraknya pengguna Android Samsung di Indonesia, yang mengakibatkan setiap kendala yang ada menjadi perhatian pengguna. Berikut langkah yang dapat dicoba, jika wifi yang terdapat pada ponsel tidak kunjung terhubung, diantaranya:

1. Coba Turn On atau Off Wifi

Hal pertama cara memperbaiki Wifi Android Samsung yang tidak dapat terhubung pada internet yaitu dengan turn On atau Off Wifi. Pengguna dapat membuka menu setting pada ponsel, atau dapat juga dengan menarik layar atas ponsel dan temukan ikon Wifi.

Jika sudah, turn on kan Wifi terlebih dahulu untuk menyambungkan, namun jika belum dapat terhubung turn Off kan kembali. Ulangilah beberapa kali hingga ponsel dapat terhubung dengan jaringan internet. Hal tersebut relatif mudah untuk dicoba oleh para pengguna, dimana pada umumnya sangat mudah untuk dipraktekkan.

REKOMENDASI »  Mengenal Kegunaan Beserta Cara Menggunakan Point OVO

2. Gunakan Kode

Jika langkah sebelumnya belum dapat efektif untuk memperbaiki Wifi yang tak terkoneksi, maka pengguna dapat menggunakan kode. Kode yang dimaksud yaitu dengan melakukan panggilan pada ##526##. Langkah lebih rincinya yaitu pertama,  pengguna terlebih dahulu menyiapkan Android yang akan diperbaiki, lalu buka menu panggilan.

Ketikkan ##526##, kemudian tunggu hingga muncul tampilan terkait permasalah Wifi yang akan diperbaiki. Setelah itu ikuti langkah dan prosesnya hingga selesai. Mulailah  lakukan restart atau matikan perangkat ponsel. Terakhir, hidupkan dan cobalah nyalakan Wifi.

3. Bersihkan Cache Wifi

Terkadang karena kurangnya perhatian pada setiap fitur yang terdapat pada perangkat ponsel, tanpa disadari cache kapasitasnya telah melebihi maksimal. Akibatnya Wifi menjadi error dan tidak dapat terhubung kedalam jaringan. Beberapa cara dapat digunakan untuk membersihkan cache yaitu dengan menghapus secara menyeluruh cache yang tersimpan pada memori.

Untuk memastikan proses dan kinerja penghapusan berjalan, maka lebih baik pengguna menggunakan aplikasi pembantu, seperti Ccleaner, Clean Master atau sejenisnya. Jika memori sudah bersih, matikan ponsel dan copot baterai, SIM Card dan juga memori eksternal. Jika sudah diamkan selama beberapa saat, lalu pasang kembali dan nyalakan seperti semula.

REKOMENDASI »  Mengenal Perusahaan Sekuritas Dengan Sekuritas Terbaiknya

4. Perbaharui Sistem Operasi

Upgrade berfungsi untuk melakukan pembaharuan dan juga peningkatan kualitas dan kinerja suatu sistem. Dengan adanya versi terbaru, tentunya setiap perangkat dan fitur juga mengalami penyegaran. Sehingga memungkinkan versi baru lebih baik dari sebelumnya, termasuk fitur Wifi pada perangkat. Cobalah Upgrade sebagai salah satu cara memperbaiki Wifi Android Samsung yang error.

5. Lakukan Back pada Pengaturan Pabrik

Untuk membuka menu pengaturan pabrik, merupakan hal yang berat dan menjadi pilihan terakhir yang akan dilakukan. Kembali pada pengaturan pabrik maka ponsel akan kembali ke mode semula, seperti layaknya ponsel baru, yaitu bersih tanpa data. Namun, dengan begitu pengguna nantinya dapat memulihkan Wifi yang mengalami masalah sambungan.

Berikut langkah yang dapat dilakukan saat kembali pada setelan pabrik yaitu, pertama masuklah pada menu setting, lalu pilih General Managements. Setelah itu reset, lalu pilih factory Reset dan secara otomatis perangkat ponsel akan membersihkan seluruh data yang terdapat pada Smartphone.

6. Lakukan Install Ulang Android Samsung

Jika semua upaya sudah dilakukan namun Wifi tak juga bekerja, maka jalan lain yang dapat dilakukan yaitu install ulang. Menginstall merupakan usaha yang dilakukan agar dapat memasukkan kembali file sistem ke dalamnya. Langkah ini juga bertujuan agar setiap bug dan fitur yang yang ada dapat kembali, namun dengan menurunkannya pada versi sebelumnya.

REKOMENDASI »  Begini Cara Isi Shopeepay Lewat OVO Termudah

Itulah berbagai cara memperbaiki Wifi Android Samsung yang telah dijelaskan secara lebih rinci. Harapannya artikel ini bisa menjadi solusi bagi pengguna yang mengalami masalah WiFi. Namun, perlu diingat kembali jika tak terlalu paham akan sistem dari perangkat tersebut, lebih baik pengguna menyerahkannya pada jasa servis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *