Kenapa WiFi Lemot Padahal Sinyal Full

Penyebab Kenapa WiFi Lemot Padahal Sinyal Full

Salah satu masalah yang biasanya terjadi pada pengguna WiFi adalah lemot. Hal ini sering terjadi meskipun sinyal masih full. Akhirnya, banyak yang bertanya kenapa WiFi lemot padahal sinyal full saat digunakan. Masalah ini tentunya tidak terlepas dari beberapa alasan dan penyebab yang mempengaruhinya.

Berbagai penyebab yang ada tidak melulu soal perangkat atau kendala hardware yang digunakan. Ada penyebab-penyebab lain yang tentunya bisa diatasi dengan mudah. Pada pembahasan kali ini, ada beberapa penyebab yang akan diusut secara tuntas. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Jumlah Orang yang Menggunakan WiFi Banyak

Jumlah pengguna WiFi akan sangat berpengaruh pada kecepatan WiFi yang akan didapat setiap pengguna. Semakin banyak penggunanya, maka WiFi yang digunakan akan semakin lemot. Jadi, hal ini adalah penyebab pertama kenapa WiFi lemot padahal sinyal full. Karena biasanya WiFi sudah diatur dengan kecepatan tertentu.

Ada cara agar tidak lemot jika terjadi masalah karena hal seperti ini yaitu dengan membatasi jumlah pengguna WiFi, hal ini bisa dilakukan jika WiFi yang dirasa lemot ada di rumah. Jika WiFi yang lemot adalah WiFi gratis di tempat umum, maka bisa pindah mencari WiFi yang lebih sedikit penggunanya.

REKOMENDASI »  Rekomendasi Investasi Modal Kecil Profit Harian yang Cocok Untuk Pemula

2. Gangguan yang Disebabkan oleh Provider

Ada banyak provider internet yang ada di Indonesia. Tidak jarang, provider ini mengalami gangguan yang bisa menghambat penggunaan WiFi. Jika WiFi lemot tapi sinyal full, mungkin saja disebabkan oleh hal ini. Cara mengatasinya bisa menunggu gangguan provider sampai normal kembali dan bisa digunakan seperti semula.

Namun jika tidak bisa menunggu, disarankan untuk mengganti provider internet. Jadi, penyebab kenapa WiFi lemot padahal sinyal full satu ini bisa diselesaikan dengan mudah tanpa harus menunggu lama. Agar tidak menemui masalah seperti ini, maka harus lebih selektif memilih jenis provider yang jarang ada gangguan.

3. Jumlah Pengguna Sudah Dibatasi

Masalah lain yang bisa ditemui di tempat umum adalah karena adanya pembatasan jumlah pengguna. Biasanya, tempat-tempat tersebut sengaja membatasi jumlah pengguna agar WiFi tidak lemot. Seperti pada pembahasan yang pertama, hal ini bisa diatasi dengan mencari tempat lain. Jika sudah mencapai batasnya, orang lain tidak akan bisa menggunakan WiFi tersebut.

REKOMENDASI »  Bagaimana Jika Nasabah Bank Bri Meninggal Dunia, Apa Yang Harus Dilakukan

4. Router yang Diletakkan Kurang Tepat

Router adalah alat yang memancarkan sinyal WiFi. Jika diletakkan di tempat yang kurang tepat, maka sinyal tidak akan sampai ke perangkat dengan baik. Usahakan untuk meletakkan router di tempat yang luas di dalam rumah dan di tengah. Hal ini agar seluruh ruangan bisa mendapat sinyal WiFi dengan lancar.

Ada beberapa tempat yang menjadi pantangan peletakan router ini. Jangan sampai router di letakkan di samping jendela atau di ruang yang tertutup. Karena hal ini bisa menyebarkan sinyal keluar dan sinyal tidak tersampaikan dengan baik. Selain itu, jangan letakkan router di samping barang elektronik lain atau di lantai.

REKOMENDASI »  Cara Paling Sederhana dan Mudah Mengenali Robot EA Forex

5. Mengunduh File yang Besar

Pengunduhan file yang berukuran besar juga bisa menjadi penyebab lemotnya WiFi. Bahkan jika salah satu pengguna WiFi yang mengunduh, bisa saja pengguna WiFi lain akan mendapat imbasnya. Sebagai pengguna yang baik, usahakan jangan mengunduh file yang besar dengan WiFi di tempat umum.

Itulah beberapa alasan kenapa WiFi lemot padahal sinyal full yang harus diperhatikan. Penyebab-penyebab tersebut bisa diatasi dengan mudah. Jadi, tidak perlu bingung atau sampai mengganti perangkat WiFi seperti router. Usahakan juga untuk menghindari hal-hal tersebut agar WiFi tidak lemot saat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *