Cara Memperbaiki YouTube yang Tidak Bisa Dibuka Agar Berfungsi Kembali

Cara Memperbaiki YouTube yang Tidak Bisa Dibuka Agar Berfungsi Kembali

YouTube merupakan salah satu jajaran website dengan pengunjung terbanyak di dunia. YouTube juga tersedia dalam bentuk aplikasi dan terkadang mengalami masalah, sehingga cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa dibuka perlu diketahui. Akan sangat mengganggu jika YouTube gagal beroperasi, apalagi sekarang semakin banyak pengguna yang memanfaatkan YouTube untuk bekerja dan bersekolah.

Oleh karena banyaknya pengguna YouTube dari seluruh dunia, adalah hal yang wajar jika pernah terjadi error pada website / aplikasi tersebut. Salah satu gangguan yang umum terjadi adalah tidak bisa membuka YouTube. Namun masalah ini dapat diselesaikan melalui cara yang cukup praktis. Simak beberapa tips yang dapat dilakukan agar YouTube bisa digunakan kembali:

1. Bersihkan Cache

Semua aplikasi memiliki cache, tak terkecuali YouTube. Cache akan bertambah banyak tergantung dengan lamanya penggunaan aplikasi. Apabila dibiarkan menumpuk, dapat menyebabkan aplikasi error. Solusi mengatasi gangguan tersebut adalah rutin membersihkan cache. Buka menu Setting, pilih App management, kemudian klik pada aplikasi YouTube kemudian Delete cache.

2. Perbarui Aplikasi

Pemilik YouTube yakni Google terus melakukan pembaruan dalam aplikasi yang dinaungi, YouTube salah satunya. Apabila aplikasi tidak pernah di update, kemungkinan terjadinya error dapat meningkat. Alasannya sederhana, versi YouTube tersebut telah kadaluarsa. Rutin periksa apakah terdapat update terbaru melalui App market karena masih ada beberapa ponsel yang belum dapat melakukan update secara otomatis.

REKOMENDASI »  Bagaimana Jika Nasabah Bank Bri Meninggal Dunia, Apa Yang Harus Dilakukan

3. Install Ulang

Pada proses mengunduh (install) aplikasi, sangat mungkin terjadi kesalahan sehingga aplikasi sering mengalami masalah. Cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa dibuka selanjutnya yakni uninstall aplikasi. Jika sudah, tunggu beberapa menit kemudian cobalah menginstall lagi aplikasi tersebut. Pastikan jaringan internet lancar agar tidak terganggu di tengah proses.

4. Bersihkan RAM & Data

Sudah bukan rahasia bila RAM yang digunakan untuk kinerja YouTube cukup banyak. Maka apabila RAM dalam ponsel mulai penuh, kinerja berbagai aplikasi dalam ponsel juga semakin lambat. RAM juga perlu dibersihkan. Caranya mudah, hapuslah beberapa aplikasi yang tidak diperlukan. Sehingga ruang kosong yang dimiliki RAM semakin banyak dan aplikasi dapat berjalan lancar seperti sebelumnya.

REKOMENDASI »  Mengenal Indek Saham Gabungan atau IHSG dengan Baik

Selain RAM, data juga memiliki peran penting. Semua aplikasi menyimpan data yang terpakai selama penggunaannya, begitu pula YouTube walaupun tidak mengunduh video. Cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan mengurangi beban data yang terdapat dalam aplikasi. Hapuslah data secara rutin, karena data yang menumpuk juga dapat menyebabkan aplikasi crash.

5. Hentikan Paksa

Menghentikan paksa YouTube juga salah satu cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa dibuka. Cara melakukannya cukup mudah. Bukalah menu Setting, kemudian App manager, buka daftar aplikasi lalu pilih YouTube. Setelah itu klik Force stop. Jika sudah, coba akses kembali aplikasi YouTube.

6. Memeriksa Koneksi Internet

Seperti yang diketahui, internet menjadi sumber daya utama dalam menonton berbagai video di YouTube. Periksa jaringan internet, apakah mengalami gangguan karena YouTube membutuhkan internet yang lumayan kuat. Jika internet tidak mengalami gangguan, coba matikan selama beberapa saat dan nyalakan kembali internet.

REKOMENDASI »  6 Cara Meningkatkan Kinerja Laptop yang Lemot

7. Memeriksa Kemungkinan Virus

Bisa jadi masalahnya bukan berada pada aplikasi, melainkan dari faktor eksternal yakni ponselnya. Salah satu gejalanya adalah aplikasi yang sering tertutup sendiri dan ponsel cepat panas.

YouTube sebagai penyedia konten video menjadi primadona di dunia internet karena manfaat yang bisa didapat dan kemudahan aksesnya. Demikian telah dijelaskan beberapa cara memperbaiki YouTube yang tidak bisa dibuka. Cara yang disebutkan tadi bisa digunakan pada berbagai merk ponsel. Dengan mempraktikkannya bisa membantu menyelesaikan berbagai error sehingga dapat berselancar di YouTube dengan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *