Cara Memperbaiki Hp Lupa Pola

5 Cara Memperbaiki HP Lupa Pola dengan Mudah dan Cepat

Untuk melindungi privasi, kebanyakan orang akan memasang kunci pola di dalam ponsel. Masalahnya, masih banyak pengguna yang lupa kunci pola di ponsel miliknya dan menyebabkan ponsel tidak bisa dibuka. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini 6 cara memperbaiki HP lupa pola dengan mudah dan cepat, antara lain:

1. Gunakan Fitur Google Smart Lock

Beberapa tahun lalu, Google memperkenalkan fitur yang disebut Smart Lock untuk smartphone Android. Utilitas yang dikembangkan dari Google ini awalnya diperuntukkan bagi para pengguna yang malas membuka kunci layar berulang-ulang. Fitur ini juga berfungsi saat perangkat pengguna dalam jarak yang dekat dengan rumah, atau di lokasi terpercaya lainnya.

Bergantung pada bagaimana fitur Smart Lock diaktifkan di ponsel, perangkat akan terbuka sendiri setelah mendeteksi bahwa benda itu berada di ‘area terpercaya’ atau di dekat ‘perangkat terpercaya’. Misalnya, jika pengguna telah menetapkan ‘rumah’ sebagai lokasi terpercaya, maka ponsel akan terbuka otomatis meskipun lupa kunci polanya.

2. Menggunakan Find My Device

Pada cara memperbaiki HP lupa pola yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Find My Device. Program ini diluncurkan Google untuk mencegah pencurian data, apabila ponsel milik pengguna hilang atau dicuri. Melalui Find My Device, pengguna dapat menghapus sandi lama dan menetapkan sandi baru dari perangkat lain.

Langkah penggunaanya cukup mudah, dimana pengguna cukup pergi ke halamannya. Setelah itu, login dengan akun Gmail yang digunakan di ponsel yang lupa kunci pola. Untuk membuka kunci pola, cukup klik menu ‘Hapus Perangkat’. Dengan ini, ponsel yang lupa pola akan otomatis di reset dari perangkat lain dan bisa di setting menggunakan kunci pola yang baru.

Baca Juga:  Demikian tutorial mengatasi memori full di Android agar ponsel berjalan mulus tanpa hambatan

3. Atur Ulang Pola Sandi

Jika perangkat termasuk Android 4.4 atau versi yang lebih lama, maka pengguna juga dapat mengambil bantuan dari opsi “Lupa Pola” untuk melakukan pola buka kunci. Pengguna tidak memerlukan alat pihak ketiga atau perangkat lain untuk melakukan operasi ini. Untuk mempelajari cara membuka kunci pola pada perangkat, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Cukup berikan pola yang salah pada perangkat untuk mendapatkan prompt.
  • Dari bagian bawah layar, pengguna dapat mengetuk fitur “Lupa Pola”.
  • Pilih opsi untuk membuka kunci perangkat dengan kredensial Google.
  • Berikan kredensial Google yang benar dari akun yang ditautkan ke perangkat.
  • Jika data-datanya benar, maka Google akan otomatis mengkonfirmasi kunci pola.

4. Menggunakan Samsung Find My Mobile

Sama seperti Google, Samsung juga telah mengembangkan fitur khusus untuk menemukan perangkat dari jarak jauh dan melakukan berbagai operasi lain di dalamnya. Samsung Find My Mobile dapat digunakan untuk menemukan perangkat , mengubah kuncinya, menghapus datanya, dan melakukan beberapa tugas lainnya juga. Berikut adalah caranya:

  • Buka situs web resmi Find my Mobile Samsung dan masuk menggunakan kredensial akun Samsung.
  • Pengguna dapat memilih perangkat dari panel kiri. Secara default, ini akan memberikan lokasinya di peta.
  • Selain itu, pengguna juga dapat mengakses berbagai layanan lain dari sini. Klik pada opsi “Unlock My Device” untuk melanjutkan.
  • Lalu, yang perlu dilakukan adalah mengklik tombol “Unlock” untuk melakukan pola buka kunci pada perangkat.

5. Atur Ulang Android

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk membuka kunci pola ponsel adalah dengan melakukan reset ulang. Cukup masuk ke mode Recovery dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan selama 30 detik. Cara ini mungkin sedikit berbeda di beberapa jenis ponsel. Setelah masuk, klik menu wipe data dan otomatis ponsel akan direset.

Baca Juga:  Cara Membuat Background Transparan untuk Latih Skill Editing

Demikian tadi 5 cara memperbaiki HP lupa pola dengan mudah dan cepat. Pola memang bisa membuat ponsel menjadi lebih aman. Namun bisa menjadi senjata yang buruk juga, apabila lupa kunci polanya. Untuk itu, pastikan membuat kunci pola yang mudah diingat dan simpan pola di suatu tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *