ara menutup kartu kredit bank mega

Tidak Rumit Ternyata, Inilah Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega Tanpa Repot:

Banyak keluhan mengenai sulitnya menutup kartu khususnya bagi nasabah Bank Mega. Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar. Kesulitan yang dialami kemungkinan karena beberapa persyaratan diperlukan mungkin tak terpenuhi. Simak ulasan lengkapnya perihal cara menutup kartu kredit Bank Mega berikut ini:

Proses Penutupan Secara Langsung di Bank

Pengajuan penutupan seharusnya dilakukan secara langsung. metode ini dapat mempermudah proses verifikasi penutupan kartu . Berikut merupakan tahapan detail proses penutupan secara langsung:

1. Datang Langsung Bank Mega Terdekat

Langkah pertama sepatutnya dilakukan yakni datang ke Bank Mega terdekat. Tanyakan pada petugas perihal keluhan atau pertanyaan mengenai penutupan kartu. Ketika datang, pastikan untuk membawa beberapa berkas terkait, seperti identitas diri serta kartu kredit yang digunakan.

2. Melunasi Seluruh Tagihan

Salah satu hal yang terkadang terlupa serta membuat banyak orang enggan melakukannya yakni melunasi seluruh tagihan. Kewajiban ini harus terpenuhi agar penutupan kartu kredit dapat diproses atau bahkan bisa ditolak.

Jangan sampai meninggalkannya, sebab juga akan berpengaruh terhadap pengajuan kredit baru di kemudian hari. Parahnya lagi, hal ini dapat berpengaruh buruk hingga mendapat hukuman masuk daftar hitam Bank Indonesia, yang artinya memiliki riwayat kredit macet.

REKOMENDASI »  Persyaratan Buka Rekening Baru di Bank Permata Terbaru 2021

3. Melunasi Annual Fee

Annual Fee sejatinya merupakan biaya yang harus dibayarkan selaku pemilik kartu. Dimana, biaya tersebut berperan dalam kompensasi pelayanan serta penyediaan fasilitas terkait sarana yang diberikan penerbit kartu. Cara menutup kartu kredit Bank Mega yang juga tak bisa dianggap remeh adalah melunasi tanggungan Annual Fee.

Para nasabah biasanya dikenai biaya layanan yakni sekitar Rp 10 ribu serta membeli materai sekitar Rp 6 ribu. Nominal tersebut mungkin saja berubah berdasar kebijakan internal bank terkait. Namun setidaknya pengguna mengetahui kisaran biayanya.

4. Membayar Bunga Kredit

Selain adanya Annual Fee, tiap-tiap badan usaha tentu membebankan  bunga pada para nasabahnya. Hal ini juga berlaku pada Bank Mega. Guna kelancaran proses penutupan kartu,selain itu nasabah harus melunasi bunga kartu yang dipegang. Besaran bunga tergantung dari kebijakan bank penerbit.

REKOMENDASI »  5 Syarat Pinjam Uang di Bank Panin yang Perlu Diketahui

5. Mengalihkan Ataupun Menutup Tagihan Rutin

Apabila kredit pengguna digunakan sebagai sarana pembayaran tagihan beragam kebutuhan rutin bulanan, terlebih dulu harus menutup ataupun apabila mempunyai kartu lain dapat mengalihkannya.

Pembayaran ini biasanya mencakup tagihan seperti keperluan iuran asuransi, tagihan PDAM, listrik, tv kabel dan lain sebagainya. Memastikan bahwa semua tagihan tak lagi dibebankan pada kartu kredit yang akan ditutup adalah hal wajib.

6. Meminta Surat Resmi Penutupan Kartu

Setelah mengajukannya kepada petugas, nantinya pihak bank segera memproses pengajuan setidaknya dalam waktu 14 hari. Kemudian pengguna akan menerima surat penutupan setidaknya paling lambat dalam 20 hari.

Mudahnya Penutupan Kartu Cukup dari Rumah

Pada dasarnya proses penutupan kartu kredit ini dapat diajukan dari rumah, yakni dengan menghubungi pihak customer service di nomor “60010” ataupun menghubungi nomor “1500010”. Sebenarnya prosesnya tidak terlalu berbeda dengan mendatangi langsung kantor cabang. Setelah terhubung ke petugas, ajukan penutupan dan petugas akan meminta semua berkas untuk verifikasi.

REKOMENDASI »  Inilah Cara Transfer OVO ke LinkAja Mudah dan Lengkap serta Biaya Layanannya:

Biasanya petugas akan bertanya mengenai alasan penutupan, disarankan untuk menjawab dengan jelas dan sebenar-benarnya. Setelah pengajuan, tunggu hingga setidaknya 7 hari kerja untuk kemudian menghubungi customer service kembali. Tanyakan mengenai prosedur penutupan. Apabila permintaan disetujui, nantinya akan ada konfirmasi pihak bank mengenai penutupan kartu dengan menyertakan surat penutupan.

Itulah sekilas mengenai cara menutup kartu kredit Bank Mega pada dasarnya sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Jadi kini tak lagi risau saat akan kala menutup kartu khususnya di Bank Mega. Semoga uraian di atas membantu pengguna nasabah yang merasa kebingungan, dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *