syarat buka rekening bjb

Syarat Buka Rekening BJB Ini Perlu Disiapkan oleh Calon Nasabah

Apakah ada yang hingga sekarang masih bingung dengan apa saja syarat buka rekening BJB? Bank BJB merupakan bank daerah milik pemerintah Jawa Barat dan Banten. Meski milik pemerintah, BJB tetap bisa melayani masyarakat umum yang ingin membuka rekening.

Sama dengan bank lainnya, BJB pun sudah memegang sertifikasi dari OJK. Sehingga, masyarakat aman menggunakannya. BJB juga menyediakan banyak keuntungan untuk nasabah, dan pilihan tabungan. Dari semua tabungan, paling disarankan untuk nasabah adalah Tandamata. Ada beberapa syarat buka rekening BJB yang harus dipenuhi oleh calon nasabah, termasuk Tandamata yaitu:

1. Fotocopy Kartu Identitas

Calon nasabah harus menyiapkan fotocopy identitas diri merupakan syarat buka rekening BJB pertama yang harus diketahui. Pada umumnya, masyarakat mungkin lebih familiar menggunakan e-KTP sebagai pilihan tanda identitas. Meskipun begitu, hingga sekarang masih saja ada yang mengaku belum punya e-KTP.

Jika kebetulan sedang mengalami hal tersebut, tidak perlu khawatir. Calon nasabah bisa menggantinya dengan SIM atau surat izin mengemudi. Usahakan kartu identitas tersebut sudah dibuat dalam bentuk fotocopy. Jangan lupa juga saat ke bank BJB bawa juga kartu identitas yang asli.

REKOMENDASI »  Cara Kirim Dana ke OVO yang Aman dan Mudah

2. Dokumen Untuk WNA

Bank BJB juga melayani tidak hanya calon nasabah WNI saja. Para WNA yang tertarik membuka rekening di bank tersebut juga bisa mencobanya. Jika WNI menggunakan kartu identitas berupa e-KTP atau SIM, untuk WNA beda lagi.

Para WNA bisa memilih yaitu KITAS, KITAP, atau Kartu Izin lainnya sesuai yang direkomendasikan oleh pihak imigrasi.

3. Dokumen Untuk Calon Nasabah Non-Perorangan

Faktanya, bank BJB pun melayani calon nasabah non-perorangan. Pihak seperti ini siapa saja? Misalnya perusahaan atau badan usaha lainnya. Ada beberapa syarat dokumen yang perlu disiapkan oleh pihak tersebut yaitu seperti SIUP, TDP, serta NPWP.

4. Dana Untuk Setoran Awal

Tidak hanya dokumen, calon nasabah juga perlu menyiapkan sejumlah dana. Paling utama dana tersebut adalah sebagai sumber setoran awal. Tidak perlu khawatir, setoran awal untuk tabungan BJB ini tergolong masih ringan. Nasabah hanya akan dikenakan dana setoran awal minimal Rp50.000,- saja.

REKOMENDASI »  Cara Membuat Akun Paypal Tanpa Kartu Kredit dengan Mudah dan Cepat

5. Mengisi Formulir Permohonan Pembukaan Rekening

Syarat selanjutnya adalah calon nasabah perlu mengisi formulir permohonan pembukaan rekening. Ini berlaku bagi calon nasabah yang membuka rekening via online atau pergi langsung ke kantor cabang. Sepertinya syarat ini juga berlaku ketika membuka rekening bank lain.

Jadi semestinya semua sudah tahu. Pada saat mengisi formulir, pastikan semua data terisi dengan lengkap. Jangan sampai ada yang terlewat atau salah isi. Dengan begitu, proses pendaftaran jadi jauh lebih cepat.

6. Dana Untuk Memastikan Saldo Mengendap Di Rekening

Selain dana untuk setoran awal, calon nasabah pun harus menyiapkan dana tambahan. Dana tersebut untuk mengisi saldo rekening. Pasalnya, syarat buka rekening bank BJB dalam tabungan harus ada dana mengendap minimal sebesar Rp25.000,-. Maka, setidaknya siapkan dana tersebut, atau boleh mengisi lebih banyak.

7. Ketentuan Biaya Admin Per Bulan

Selanjutnya, calon nasabah juga harus memastikan dirinya setuju dengan ketentuan biaya admin per bulan. Biaya tersebut tentu saja akan dibebankan pada nasabah. Per bulannya, nasabah akan dikenakan biaya admin cukup murah yaitu sekitar Rp6.000,-.

REKOMENDASI »  Ketahui Keuntungan Pengajuan Pinjaman Bank Danamon untuk Usaha serta Resikonya

8. Biaya Penutupan Rekening

Syarat pembukaan rekening BJB lainnya adalah calon nasabah harus setuju dengan ketentuan biaya tambahan ketika ingin menutup rekening. Jika ingin menutup rekening, nasabah akan dikenakan biaya, seperti bank lain pada umumnya. Biaya penutupan rekening tersebut sebesar Rp15.000,- saja.

Itu dia tadi apa saja syarat buka rekening bjb yang perlu diketahui calon nasabah. Bank BJB ini cukup punya reputasi baik. Apalagi sudah terdaftar di OJK, sehingga cukup aman untuk dicoba. Ditambah lagi, persyaratan pembukaan rekeningnya relatif mudah dan sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *