syarat pinjam uang di bank panin

5 Syarat Pinjam Uang di Bank Panin yang Perlu Diketahui

Setiap harinya, kebutuhan dari manusia terkait dengan berbagai hal terus meningkat. Jika sewaktu-waktu pengeluaran lebih besar daripada pemasukan, salah satu solusi yang biasa dilakukan adalah menjual aset ataupun meminjam uang dari bank. Salah satu bank yang menyediakan jasa peminjaman uang adalah Bank Panin, dan berikut ini adalah 5 syarat pinjam uang di Bank Panin yang perlu diketahui:

1. Warga Negara Indonesia

Hal pertama yang menjadi persyaratan seseorang yang hendak meminjam uang di Bank Panin haruslah seorang warga negara Indonesia atau biasa disingkat WNI. Hal ini dapat diketahui jika seseorang berstatus warga negara indonesia adalah dari dimilikinya kartu tanda penduduk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Umur Minimal 21 Tahun

Syarat kedua yang harus dipenuhi adalah usia peminjam harus menginjak 21 tahun atau lebih. Hal ini diterapkan karena di bawah usia tersebut, biasanya seseorang masih berstatus sebagai pelajar ataupun mahasiswa yang belum memiliki penghasilan untuk membayar tagihan dari hutang-hutangnya nanti. Sedangkan untuk usia yang sudah lebih dari 21 tahun, dianggap sudah cukup mapan dan bisa berpikir dewasa dalam melakukan pinjaman.

Untuk batas maksimal usia yang dapat meminjam dana dari Bank Panin adalah seorang pegawai berusia 55 tahun. Sedangkan, batas usia untuk seorang pengusaha adalah berusia 60 tahun. Hal ini karena Bank Panin beranggapan bahwa usia diatas angka tersebut bukanlah usia produktif lagi untuk menghasilkan uang. Ditambah lagi, pada usia tersebut juga bisa dibilang masa-masa pensiun bagi seorang pekerja maupun pengusaha.

Baca Juga:  Tidak Rumit Ternyata, Inilah Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega Tanpa Repot:

3. Memiliki Penghasilan Minimal 2 juta

Ketiga, syarat pinjam uang di Bank Panin adalah memiliki penghasilan minimal sebesar 2 juta rupiah. Setiap bank memiliki peraturan sendiri mengenai batas penghasilan seseorang yang akan meminjam dana di bank. Jika seseorang dapat memenuhi persyaratan ini, maka bank akan mudah menerima pengajuan pinjaman dan selanjutnya dana pinjaman dapat dicairkan.

Untuk aturan dari Bank Panin sendiri, memberlakukan minimal penghasilan dari peminjam sebesar 2 juta rupiah dengan minimal bekerja selama 1 tahun baik sebagai pegawai ataupun pengusaha. Namun, ada juga sumber lain yang menyebutkan bahwa penghasilan minimal calon peminjam di Bank Panin adalah 5 juta rupiah.

4. Memiliki Tabungan Panin

Keempat, persyaratan meminjam di Bank Panin tentu saja harus memiliki tabungan dari Bank Panin. Hal ini penting karena jika seseorang yang telah terdaftar sebagai nasabah dari Bank Panin akan mudah ditemui data dirinya dan riwayatnya oleh Bank Panin. Pihak bank pun dapat memutuskan apakah seseorang tersebut layak dipinjami atau tidak melalui data tersebut.

5. Melengkapi Dokumen

Setelah sekiranya syarat-syarat diatas sudah terpenuhi, selanjutnya adalah melengkapi persyaratan administratif seperti dokumen. Dokumen ini penting untuk dijadikan pegangan bank terkait data dari sang peminjam. Dokumen yang diserahkan tentunya haruslah dokumen asli meskipun hanya berupa fotocopy dan bukan dokumen bodong agar bisa diberikan pinjaman.

Beberapa dokumen yang menjadi persyaratan diantaranya adalah Fotokopi KTP, KK, dan Surat Nikah bagi yang telah menikah. Selanjutnya adalah Fotokopi NPWP atau SPT PPh 21 yang merupakan identitas penting. Adanya data tersebut dapat membuktikan bahwa peminjam merupakan pembayar pajak yang aktif atau tidak. Dokumen lainnya adalah, fotokopi kartu nomor rekening, formulir isian dan bukti pendapatan atau slip gaji.

Baca Juga:  Tidak Perlu Bingung, 7 Cara Menggunakan Ovo Point di Tokopedia Ini Bisa Digunakan sebagai Panduan

Itulah diatas tadi merupakan 5 syarat pinjam uang di Bank Panin yang perlu diketahui. Syarat-syarat diatas yang telah diberikan bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan terbaru dari Bank Panin, ataupun sesuai program peminjaman yang akan diikuti. Semoga adanya informasi ini dapat memberikan manfaat bagi yang akan meminjam dana di Bank Panin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *