Berikut ini Cara Mengecek Rekening Koran BTN yang Mudah
Gambar : pendaftaran.net

Berikut Cara Mengecek Rekening Koran BTN yang Mudah

Beberapa orang bahkan tidak tahu bagaimana cara mengecek rekening koran BTN. Padahal, caranya terbilang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Pengecekan rekening koran di BTN dapat dengan dua cara yakni dari ATM ataupun melalui kantor cabang BTN.

Keduanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kesibukan yang dilakukan oleh seseorang. Jika orang tersebut tergolong sibuk dan memiliki sedikit waktu, maka sebaiknya melakukan pengecekan rekening koran melalui ATM. Akan tetapi, bila waktunya banyak dan tidak terburu maka dapat dilakukan langsung dari kantor cabangnya.

Cara Cek Dan Cetak Rekening Koran Dari ATM

TM BTN dapat dijadikan salah satu alternatif sebagai pengecekan rekening koran seseorang. Tujuannya tidak lain untuk tahu transaksi apa saja yang telah dilakukan termasuk uang masuk serta keluar dari rekening tersebut.

Meski begitu, rekening koran BTN dapat dicek melalui ATM dengan keterbatasan. Tak semua transaksi baik yang keluar atau masuk dapat dilihat jika menggunakan mesin TM. Sedangkan cetak rekening korannya kena biaya 1000 rupiah setiap transaksi. Nah, untuk cara lengkapnya berikut ulasannya:

1. Datang ke ATM terdekat serta Masukkan Kartunya

Untuk bisa melakukan pengecekan rekening koran bank BTN di aTM yang pertama dilakukan yakni datang ke lokasi ATM. Kemudian, masukkanlah kartu ATM dengan password yang sesuai agar tidak terjadi kesalahan. Pastikan, kartu ATM dimasukkan sesuai dengan slot yang telah disediakan.

Baca Juga:  Tidak Perlu Bingung, 7 Cara Menggunakan Ovo Point di Tokopedia Ini Bisa Digunakan sebagai Panduan

2. Pilih Bahasa yang Hendak Dipakai

Jika kartu ATM telah masuk sesuai posisi, selanjutnya yakni pilih lanjutkan. Kemudian, pilih bahasa yang hendak dipakai dalam proses panduan yang akan berlangsung. Pilih bahasa Indonesia, jika ingin menggunakan bahasa tersebut. Begitu pula sebaliknya.

3. Pilih Transaksi Lainnya dan Pilih Menu Rekening Koran

Ketika ATM telah sesuai dengan pin yang digunakan, maka langkah selanjutnya yakni pilih bagian transaksi lainnya. Jika sudah, akan muncul berbagai pilihan menu. Maka langkah berikutnya yakni memilih menu rekening koran pada ATM BTN.

4.Muncul Notifikasi Tarif Transaksi

Berikutnya, akan muncul notifikasi tarif atau biaya yang dikenakan saat transaksi dilangsungkan. Biayanya yakni 1000 rupiah untuk tiap transaksi. Lalu, akan muncul pemberitahuan agar pihak yang bersangkutan memberikan konfirmasi apakah sebaiknya dilanjutkan atau tidak.

5. Pilih Jenis Transaksi Koran “Tabungan”

Apabila langkah sebelumnya sudah dilakukan, selanjutnya pilih transaksi koran dan pilih bagian tabungan. Otomatis, prosesnya pun bakal segera berlangsung sesuai instruksi dari mesin ATM tersebut. Cara mengecek rekening koran BTN tersebut bisa menjadi salah satunya.

6. Tunggu Proses dan Ambil Struk Bukti Cetak Rekening Koran

Tunggu sesaat untuk proses permintaan transaksi yang berlangsung. Apabila transaksinya berhasil maka di bagian slot print akan mengeluarkan struk sebagai tanda bukti transaksi. Kemudian, struk bukti cetak rekening koran pun dapat diambil.

Cara Cek dan Cetak Rekening Koran dari Kantor Cabang

Selain bisa dari atam, cara lain yang dapat dilakukan untuk cek rekening koran bank BTN yakni dengan datang langsung di kantor cabang BTN terdekat. Dengan mendatangi kantornya langsung, maka informasi yang diperoleh pun lebih detail serta ada pihak yang akan membantu secara langsung prosesnya. Berikut caranya:

Baca Juga:  Bagaimana Cara Tarik Tunai Ready Credit Citibank? Temukan Jawabannya Disini:

1. Siapkan Dokumen yang Perlu Dibawa

Ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan dan dibawa ketika datang ke kantor cabang bank BTN. Dokumen tersebut antara lain buku tabungan, kartu ATM serta bukti identitas diri. Ketiga dokumen tersebut harus dibawa ke kantor bank BTN, jika ingin melakukan pengecekan atau melakukan cetak rekening koran.

2. Datang ke Kantor Cabang dan Sampaikan Keperluan

Datanglah ke kantor bank BTN untuk melakukan pengecekan rekening koran BTN. Kemudian sampaikan keperluan terkait. Misalnya, untuk cetak rekening koran atau sekedar melakukan pengecekan saja.

3. Tunggu Proses Pelayanan

Setelah itu, biasanya proses pelayanan akan segera dilakukan oleh petugas yang bersangkutan. Maka, rekening koran baik sekedar untuk cetak ataupun melakukan pengecekan akan diproses. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Ulasan tersebut merupakan cara mengecek rekening koran BTN yang bisa dilakukan melalui dua cara. Diharapkan dari paparan yang dijelaskan bisa memudahkan seseorang yang hendak melakukan pengecekan rekening koran ataupun mencetaknya. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *