Mengenal Asosiasi Asuransi Umum Indonesia dan Manfaat yang Diberikan

asosiasi asuransi umum indonesia

Layanan asuransi di Indonesia telah berkembang begitu pesat. Dalam perkembangannya ada suatu wadah yang disebut Asosiasi Asuransi Umum Indonesia atau AAUI. Organisasi ini singkatnya merupakan perkumpulan dari perusahaan layanan asuransi. Kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai AAUI dan apa saja manfaatnya baik bagi penyedia layanan asuransi juga masyarakat umum.

Pengertian

AAUI ialah suatu organisasi yang berperan sebagai wadah bagi penyedia asuransi umum maupun reasuransi. Sebelumnya, perusahaan asuransi berkumpul dalam wadah yang disebut Dewan Asuransi Indonesia. Namun mulai tahun 2002, perusahaan asuransi berkumpul dan membentuk AAUI sesuai SK Kongres No.6/Kongres/DAI/2002.

Berdirinya AAUI tentu bukan tanpa tujuan. Organisasi ini memiliki visi menjadi pemersatu bagi semua perusahaan asuransi umum sera reasuransi. Wadah berbadan hukum ini berperan penting dalam kemajuan industri asuransi umum yang berkembang di tanah air. AAUI juga akan menjadi pihak pengendali yang memastikan bahwa praktik pemasaran produk asuransi sesuai dengan kode etik yang berlaku.

Asosiasi ini telah menyelenggarakan banyak kegiatan yang memfasilitasi para perusahaan asuransi untuk berkembang lebih jauh lagi. Lewat organisasi ini, perusahaan layanan asuransi bisa mendapatkan pendidikan atau pelatihan bagi semua anggota. Diharapkan AAUI dapat meningkatkan profesionalitas penyedia maupun pengguna layanan asuransi ini.

Manfaat Asosiasi bagi Perusahaan

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia ini memiliki manfaat besar bagi perusahaan asuransi. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah:

1. Menyatukan Industri Asuransi

Peran pertama yang dimiliki oleh AAUI yaitu pemersatu bagi industri asuransi. Tak hanya menyatukan perusahaan asuransi, namun juga masyarakat yang menggunakan layanan asuransi tersebut. Hal ini akan membantu menjaga keberlangsungan Industri asuransi umum di Indonesia.

2. Meningkatkan Kredibilitas Layanan

AAUI akan membantu meningkatkan kredibilitas dari layanan asuransi yang disediakan oleh suatu perusahaan. Organisasi ini akan menjamin perlindungan konsumen yang menjadi klien asuransi. Pencegahan tindak kriminal bagi pengguna layanan asuransi juga akan dilakukan oleh AAUI.

3. Menjaga Persaingan Sehat

Banyaknya pilihan perusahaan asuransi tentu membuat persaingan untuk mendapatkan klien semakin ketat. AAUI akan menjadi wadah yang menengahi persaingan tersebut. AAUI akan menjaga agar persaingan perusahaan asuransi berlangsung sehat dan aman.

4. Menyalurkan Wakil untuk Hadir di Forum Asuransi

Setiap tahunnya pasti akan ada banyak forum asuransi dari pemerintah maupun swasta. Selain itu forum-forum ini juga bisa diadakan di dalam maupun luar negeri. AAUI akan menjadi pihak yang menyalurkan wakil dengan memilih perwakilan perusahaan dalam negeri.

Manfaat bagi Masyarakat

AAUI tak hanya memberikan manfaat besar bagi perusahaan asuransi tetapi juga bagi masyarakat. Organisasi ini akan menjadi penyedia informasi yang valid mengenai layanan asuransi umum kepada masyarakat. Selain itu, AAUI akan menjamin keabsahan setiap agen asuransi yang akan terjun langsung melayani konsumen. Masyarakat pun akan merasa lebih aman memilih layanan asuransi berkat AAUI.

AAUI juga memberikan perlindungan bagi pemegang polis asuransi di perusahaan manapun sesuai ketentuan yang berlaku. Selama polis masih berlaku, maka perlindungan hak dari pemegang polis akan dijamin oleh AAUI. Klien asuransi pun akan merasa lebih aman dengan adanya AAUI sebagai organisasi yang menjamin keamanan layanan asuransi.

Itulah sekilas informasi mengenai Asosiasi Asuransi Umum Indonesia atau AAUI. Organisasi ini jelas memiliki peran besar bagi kemajuan layanan asuransi di tanah air. Diharapkan kedepannya AAUI bisa bekerja lebih optimal demi menciptakan layanan asuransi yang semakin berkualitas dan bisa diandalkan semua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *