law of large numbers dalam asuransi adalah

Law of Large Numbers dalam Asuransi Adalah Hukum Penting Menghitung Premi

Dalam kehidupan, asuransi adalah salah satu hal penting untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi pada masa depan. Ada banyak istilah dalam ilmu asuransi yang memang perlu dipahami sebelum memutuskan untuk mengambil asuransi. Law of large numbers dalam asuransi adalah istilah yang sering juga disebut sebagai hukum bilangan besar.

Dalam asuransi, law of large numbers menjadi satu teori kemungkinan dengan menggunakan prinsip statistika dalam penerapannya. Ilmu ini berguna dalam menghitung kemungkinan bagaimana posisi perusahaan di masa depan apakah untung atau rugi.

Mengenal Pengertian law of large numbers

Law of large numbers dalam asuransi adalah perhitungan yang menggunakan data sebagai sampel suatu percobaan perkiraan masa depan. Pengertian secara harfiah mengartikan hukum ini sebagai sebuah teori yang akan menampilkan sebuah hasil dari percobaan yang sama dan dilakukan berulang oleh seseorang.

Hukum ini berbunyi rata-rata dari hasil seluruh percobaan berulang nilainya semakin mendekati nilai yang diharapkan terutama saat semakin banyak populasi. Di dalam asuransi sendiri contoh dari ilmu ini adalah saat ada semakin banyak nasabah bergabung, maka kerugian bisa dekat sesuai nilai perkiraan.

REKOMENDASI »  Produk-Produk Perbankan Untuk Memenuhi Segala Kebutuhan Finansial

Kunci Utama

Ada beberapa poin penting yang perlu dipahami saat mempelajari tentang hukum bilangan besar ini yang memang menjadi dasar utama teori. Berikut merupakan 3 poin kuncinya:

1. Rata-rata

Di dalam sebuah percobaan yang dilakukan berulang dan terus-menerus, pengambilan sampel otomatis akan menjadi semakin banyak. Sampel baru tidak akan begitu merubah hasil rata-rata karena nilainya juga akan semakin mendekati rata-rata populasi. Jadi semakin besar sampel, maka nilai yang didapatkan ini akan menggambarkan rata-rata populasi dengan lebih dekat.

2. Tidak Menjamin

Hukum bilangan tidak pernah berbicara tentang pemakaian sebuah sampel terutama sampel dengan jumlah kecil akan mencerminkan karakter populasi. Hal ini karena dalam teori ini, sampel-sampel berikutnya yang akan dipakai bisa ikut menjadi penyeimbang dari nilai hasil.

REKOMENDASI »  Apa Saja Usaha Dagang yang Laku Tiap Hari_ Simak Ulasannya!

3. Istilah dan Pengertian Berbeda

Secara keilmuan, prinsip bilangan besar ini sudah seperti apa yang dijelaskan di atas tetapi berbeda dalam bisnis. Istilah law of large numbers seringkali dipakai untuk menyatakan hubungan antara skala tertentu dan tingkat pertumbuhan yang didapat.

Statistika dan Law of Large Numbers

Hukum ini menggunakan prinsip statistika dalam menentukan teori utamanya dan dalam hal ini akan diambil sebuah permisalan. Seorang peneliti memutuskan untuk meneliti nilai hasil rata-rata dari 100 kelompok data dan memutuskan memilih 15 titik sampel.

Ada kemungkinan hasil yang didapat peneliti tersebut lebih mendekati nilai hasil rata-rata keseluruhan populasi jika dibanding memakai 2 sampel saja. Rata-rata akan semakin bergeser mendekati nilai rata-rata asli populasi semakin peneliti memakai lebih banyak titik sampel.

REKOMENDASI »  5 Rekomendasi Layanan Investasi Emas Online OJK Terdaftar Resmi

Penerapan dalam Asuransi

Di dalam asuransi, hukum ini seringkali dipakai dalam penghitungan resiko yang akan diterima perusahaan di masa depan. Menggunakan hukum ini berarti ketika asuransi punya semakin banyak pemegang polis maka kerugian akan mendekati perkiraan pihak asuransi.

Sebuah resiko dari perusahaan akan diperkecil seiring dengan bertambahnya jumlah nasabah karena akan semakin banyak sampel. Nantinya, perusahaan asuransi bisa melakukan penghitungan terhadap tingkat kematian dan tingkat pemegang polis mengalami resiko tertanggung.

Law of large numbers dalam asuransi adalah istilah yang memegang peran penting dalam dunia penghitungan akuntansi di perusahaan asuransi. Dengan penghitungan ini, nantinya perusahaan bisa menentukan berapa besaran premi yang lebih tepat untuk mengurangi eksposur resiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *