Tutorial Mudah Membuat Game Dengan Unity

Tutorial Mudah Membuat Game Dengan Unity

Belakangan ini banyak bermunculan anak muda yang ingin menjadi game developer, melihat iming-iming keuntungan tinggi yang bisa mereka hasilkan. Kendati demikian, banyak pula yang tidak pernah belajar bahasa pemrograman secara formal, kebanyakan bahkan tidak mengerti bahasa pemrograman yang dimaksud. Namun nyatanya, dengan menggunakan software Unity, kini pengguna bisa membuat game tanpa perlu mengerti bahasa pemrograman. Berikut adalah tutorial cara membuat game dengan Unity.

1. Buat Project Baru

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat proyek baru. Hal ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu membuka software Unity, kemudian pilih opsi New Project. Masukkan nama proyek yang diinginkan, pilih pula tempat penyimpanan yang diinginkan, lalu pilih 3D. Setelahnya, klik opsi Create Project. Proyek baru pun telah dibuat.

2. Buat Terrain

Langkah berikutnya setelah membuat proyek adalah membuat Terrain atau latar pada game yang diinginkan. Caranya adalah dengan memilih opsi Game Object, pilih 3D Object, lalu klik Terrain. Terrain ini akan menjadi tempat atau tanah dari game yang akan dibuat nantinya. Pengguna akan dapat memodifikasi Terrain ini sesuai yang diinginkan.

REKOMENDASI »  Komandan Terkuat Di Rise Of Kingdom, Comannder Archer Terbaik!

Untuk mengubah ukuran, dapat dilakukan dengan memilih opsi inspector, lalu pilih terrain settings. Ketika diarahkan ke section resolution, ubah panjang dan lebar dari Terrain sesuai keinginan. Pengguna juga dapat mengubah objek pada Terrain dengan memilih opsi raise / lower terrain, lalu pilih brushes yang diinginkan. Ukuran dan kepenuhan dari brush ini juga dapat diatur. Raise/Lower terrain berfungsi untuk membuat permukaan Terrain menjadi timbul.

3. Tambahkan Tekstur Terrain

Langkah selanjutnya untuk membuat game dengan Unity adalah untuk menambahkan tekstur pada Terrain, sehingga game bisa terlihat lebih hidup. Mudah saja, fitur ini dapat ditemukan dengan memilih opsi paint testure, lalu pilih textures, kemudian masuk ke edit textures. Pada opsi tersebut, pilih add textures.

Pengguna juga bisa menggunakan gambar yang diinginkan untuk tekstur Terrain mereka, dengan cara menambahkannya ke tab project pada assets. Dengan demikian, game yang dihasilkan bisa memiliki latar berupa rumput, padang gurun, maupun tanah biasa sesuai yang diinginkan.

REKOMENDASI »  Ingin Tahu Cara Aktifkan Regal Di Ludo Hago Simak Selengkapnya Disini!

4. Buat Lampu dan Jalan

Berikutnya yang dapat diatur adalah pencahayaan dari game. Hal ini cukup penting untuk membuat game yang dihasilkan terlihat menarik. Untuk pencahayaan dapat diatur pada opsi hierarchy, kemudian klik pada directional light. Tingkat kecerahan lampu juga dapat diatur pada opsi light.

Langkah berikutnya untuk membuat game dengan Unity adalah dengan membuat jalan. Hal ini dapat dilakukan di bagian yang sama seperti sebelumnya, yakni opsi hierarchy, lalu klik Terrain. Lalu ke bagian inspector, pilih paint texture, lalu edit texture. Disana, pengguna akan dapat memilih berbagai jenis tekstur yang diinginkan, bisa pula menambahkan gambar seperti tutorial sebelumnya.

5. Buat Karakter

Sebuah permainan sepertinya tak lengkap tanpa adanya karakter. Untuk menambah karakter pada Unity ini dapat dilakukan dengan memilih opsi assets, lalu masuk ke import package, kemudian pilih characters. Pengguna juga bisa menambah karakter selain dari yang disediakan dengan memilih tab importing package, karakter akan ditambahkan dengan sendirinya.

REKOMENDASI »  5 Cara Memainkan Game Android Di PC Dengan Mudah dan Cepat

6. Tambah Kamera

Langkah yang tidak kalah penting untuk membuat game dengan Unity adalah dengan menambahkan kamera pada karakter, guna menyediakan pengalaman terbaik pada pemain nantinya. Hal ini dapat dilakukan dengan masuk ke hierarchy, pilih main camera dan pindahkan ke ThirdPersonController. Sesuaikan letak kamera dengan melihat bagian camera preview di ujung kanan bawa layar tampilan.

Setelahnya, save dan coba jalankan game yang telah dibuat.

Dengan demikian, berikut adalah tutorial membuat game dengan Unity yang dapat dilakukan. Proses pembuatannya yang sederhana dan tidak memerlukan keahilan programming khusus menjadikannya pilihan bagi orang-orang yang mau belajar membuat game namun kurang mengerti bahasa pemrograman. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *