5 Cara Mengatasi WiFi Lemot Saat Main Game, Terbukti Ampuh!

5 Cara Mengatasi WiFi Lemot Saat Main Game, Terbukti Ampuh!

Bermain game dapat dinikmati oleh semua kalangan, laki-laki maupun perempuan, tua ataupun muda. Kelancaran dalam bermain game dapat ditentukan dengan memadai atau tidaknya jaringan, karena jaringan menjadi salah satu faktor utama. Tak jarang WiFi yang digunakan mengalami kendala, tak perlu khawatir, berbagai cara mengatasi WiFi lemot saat main game lho!

WiFi merupakan sebuah jaringan yang dapat digunakan untuk beberapa pengguna dalam ruang atau lingkungan yang sama. Penggunaan yang secara bersamaan itu pula dapat menyebabkan kecepatan WiFi menjadi lebih lambat. Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk mengatasi ketika WiFi mengalami gangguan seperti semakin lambatnya kecepatan akses.

1. Menghindari Banyak Pengguna

Penggunaan jaringan WiFi dalam waktu yang bersamaan, tentu akan mempengaruhi kinerja dari jaringan tersebut. Jaringan akan terbagi-bagi sesuai dengan jumlah pengguna yang sedang memakainya. Kecepatan pun akan dibagi, semakin banyak yang menggunakan, akan semakin sedikit serta melambatnya kecepatan sinyal yang didapatkan.

Memberi batasan pada pemakai yang akan menggunakan WiFi dapat mengatasi lemot pada WiFi saat sedang dipakai, terlebih lagi digunakan dalam bermain game. Semakin sedikit pengguna, semakin banyak sinyal serta kecepatan yang di dapatkan oleh penggunanya.

2. Penempatan Router

Menempatkan router pada posisi yang tepat juga dapat membantu kelancaran serta kecepatan pada WiFi. Utamakan menempatkan router pada posisi tepat ditengah ruangan, supaya pembagian sinyal pun dapat merata. Hindari menempatkan router di dekat jendela, untuk menghindari router memancarkan sinyal ke luar ruangan.

Apabila router juga memancarkan sinyal ke luar ruangan, maka sinyal yang berada dalam ruangan tidak dapat maksimal. Penempatan router di tengah ruangan pun mampu menjadi titik yang dapat dijangkau oleh semua orang yang akan memakai WiFi itu.

Baca Juga:  Ingin Tahu Cara Aktifkan Regal Di Ludo Hago Simak Selengkapnya Disini!

3. Membatasi Kecepatan

Kecepatan pada WiFi dapat dibatasi penggunaannya, bisa dengan memakai sebuah software seperti NetCut untuk membantu membatasi kecepatan dari WiFi. Pengguna dapat mengunduhnya melalui website, unduh sesuai OS yang digunakan. Setelah selesai diunduh, halaman pada NetCut akan menampilkan pengaturan untuk mengatur kecepatan setiap pengguna yang menggunakan WiFi.

Namun, software tersebut tidak akan berfungsi pada pengguna yang juga menggunakan NetCut. Bagi sesama pengguna NetCut tidak bisa saling membatasi kecepatan internet yang digunakan, jadi pastikan tidak ada pengguna NetCut lain ketika membatasi kecepatan internet pengguna.

4. Jauhkan Barang Elektronik Lain

Setiap rumah maupun ruangan lainnya, pastinya terdapat barang elektronik lainnya. Apalabila di dalam ruangan tersebut terdapat barang elektronik lainnya yang mampu memancarkan gelombang elektromagnetik, maka sebaiknya tidak disimpan berdekatan dengan router.

Alat elektronik yang mampu menghasilkan sinyal elektromagnetik dapat membuat sinyal untuk internet menjadi tidak menentu. Sinyal yang kacau tersebut dapat membuat kecepatan WiFi pada saat bermain game menjadi lemah.

5. Ganti Router

Berbagai cara mengatasi WiFi lemot saat main game telah dilakukan, namun masih tetap saja lemot. Bisa dipastikan masalah yang timbul dari router yang tidak berfungsi ini baik karena sudah lama digunakan atau terdapat kerusakan di bagian komponen router. Lebih baik, ganti router yang biasa dipakai menjadi yang baru, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki.

Terdapat berbagai cara mengatasi WiFi lemot saat main game yang bisa diterapkan sendiri oleh pengguna. Ada pula yang harus meminta bantuan dari pihak provider untuk mengatasi kendala itu. Sebaiknya gunakan provider yang menyediakan jaringan internet yang bagus di lingkungan pengguna, demi kelancaran pengguna saat bermain game maupun aktivitas lainnya.

Baca Juga:  Wajib Diketahui, Ini Syarat Conqueror PUBG Mobile Beserta Tipsnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *