investasi emas batangan atau perhiasan

Pilih Mana? Investasi Emas Batangan atau Perhiasan Untuk Jangka Panjang?

Instrumen investasi memang harus diperhatikan dengan lebih tepat. Sebab, apa yang akan dipakai harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Investasi emas batangan atau perhiasan merupakan instrumen investasi yang masih sering dibingungkan. Karena dua jenis investasi tersebut terlihat hampir sama bagi orang awam.

Padahal, antara emas batangan dan perhiasan memiliki perbedaan yang jelas bahkan dari segi keuntungan. Pada pembahasan kali ini, selain dibahas mengenai perbedaannya juga akan disinggung mengenai tips untuk menentukan mana yang paling menguntungkan. Jadi, diharapkan bisa memberi jawaban atas segala pertanyaan. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya:

Perbedaan Emas Batangan dan Perhiasan untuk Investasi

Emas batangan adalah salah satu instrumen investasi yang sering digunakan. Seringnya penggunaan emas batangan ini bukan tanpa alasan. Emas batangan dinilai memiliki kestabilan harga yang sangat jarang terpengaruh oleh pertumbuhan ekonomi. Hal ini menjadi poin penting dari emas batangan sehingga bisa dijadikan pilihan dalam berinvestasi.

REKOMENDASI »  Jasa Service AC dengan Segudang Kemampuan dan Layanan

Selain itu, setiap pembelian emas batangan juga sudah dilengkapi dengan sertifikat. Ini juga bisa dijadikan hal penting lainnya yang bisa menambah nilai jual dibanding investasi jenis lain. Berbeda dengan emas batangan, nilai fungsi dari perhiasan sebenarnya jauh lebih tinggi. Selain bisa untuk investasi, juga bisa digunakan sebagai aksesoris.

Perhiasan sendiri merupakan produk yang mudah didapatkan dibanding emas batangan. Tapi setiap ada kelebihan, tentu ada kekurangannya juga. Biaya perhiasan biasanya tergerus oleh upah pembuatan yang tidak masuk hitungan saat perhiasan itu dijual. Pemilihan investasi emas batangan atau perhiasan harus dipertimbangkan dengan matang.

Tips untuk Memilih antara Emas Batangan dan Perhiasan

Sebelum menentukan mana yang paling menguntungkan, ada baiknya untuk memahami beberapa hal. Pemahaman lebih sangat diperlukan karena apa yang dipilih nantinya akan berpengaruh pada nilai investasi yang terjadi. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum memutuskan. Simak beberapa hal ini:

REKOMENDASI »  Ingin Menjalankan Bisnis Ayam Petelur Rumahan? Ini Caranya!

1. Pahami Tujuan Investasi

Hal pertama yang harus dipahami adalah apa tujuan investasi dilakukan. Jika tujuannya untuk jangka panjang, maka sangat disarankan untuk memilih emas batangan. Karena emas batangan memiliki nilai yang lebih stabil dan cenderung meningkat setiap tahunnya. Sedangkan perhiasan tidak memiliki hal tersebut.

Namun, jika tujuannya bukan jangka panjang maka pemilihan perhiasan juga tidak ada salahnya. Karena perhiasan juga bisa digunakan sebagai aksesoris dan bisa menunjang penampilan. Karena pertimbangan inilah perlu dipahami dulu apa tujuan utama investasi. Agar tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Ketahui Harga yang Beredar di Pasaran

Sebelum memutuskan untuk memilih antara emas batangan dan perhiasan, ada baiknya untuk mengetahui harga pasaran. Jika harga sedang tidak stabil atau naik turun tidak menentu, ada baiknya untuk menunda membeli. Tunggu sampai harga stabil dan turun. Jika membeli saat harga tinggi, bisa jadi akan mengalami kerugian di masa mendatang.

REKOMENDASI »  Cara Memulai Bisnis Startup, Ide Merupakan Kunci Penting!

3. Pilih Tempat Pembelian yang Terpercaya

Melakukan investasi harus dilakukan dengan tepat. Hal lain yang harus diperhatikan adalah tempat pembeliannya. Entah itu emas batangan atau perhiasan, sangat disarankan untuk membeli di tempat yang memang benar-benar terpercaya. Unsur kehati-hatian memang tidak bisa lepas dari investasi. Jangan sampai gegabah dan menyesal di kemudian hari.

Itulah beberapa hal yang mendasari pemilihan investasi emas batangan atau perhiasan agar bisa menguntungkan di masa mendatang. Pemilihan ini harus sudah disesuaikan dengan tujuan investasi agar tidak salah sasaran. Emas batangan dan perhiasan sebenarnya sama-sama baik. Tapi ada baiknya jika penggunaan disesuaikan dengan tujuan dalam berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *