keuntungan investasi reksa dana

5 Keuntungan Investasi Reksa Dana, Apa Saja_

Berinvestasi menjadi pilihan yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini. Maraknya berbagai media edukasi saham populer di berbagai platform, satu per satu anak muda mulai berani terjun dalam dunia investasi, salah satunya reksa dana. Keuntungan investasi reksa dana memang terbilang cocok untuk para pemula. Masih banyak orang yang ragu untuk terjun dalam investasi dan memilih jalan konvensional meski returnnya jauh lebih rendah. Berikut ini alasan bagus untuk memiliki reksa dana:

1. Pengelolaan yang Mudah

Berinvestasi di reksa dana sangat cocok bagi orang yang masih awam tentang investasi serta pasar modal. Pengelolaan reksa dana tidak diserahkan ke tangan sendiri, namun akan dibantu secara penuh oleh Manajer Investasi yang profesional dalam bidangnya. Melalui pengalaman serta izin dari OJK, Manajer Investasi siap memberikan laporan mengenai bagaimana perkembangan investasi yang dilakukan.

Tidak perlu mengkhawatirkan bayaran untuk kinerja para Manajer Investasi, karena hal tersebut bersifat sangat minim. Reksa dana sendiri berisi kumpulan investor, maka biaya yang dibayarkan ke Manajer Investasi ini akan dikutip dari seluruh investor yang ditangani olehnya. Otomatis biaya akan lebih terjangkau.

REKOMENDASI »  10 Ide Bisnis Gila Ini Ternyata Laris di Pasaran

2. Modal Relatif Kecil

Keuntungan investasi reksa dana tidak lepas dari modal awal. Pada investasi ini, modal yang digunakan untuk memulai investasi terbilang kecil dan dapat dijangkau oleh berbagai kalangan. Hanya dengan menyediakan hanya 100 ribu, sudah dapat melakukan investasi. Hal ini dimaksudkan agar instrumen reksa dana bisa dijangkau oleh berbagai kalangan masyarakat. Melalui modal yang tidak terlalu tinggi tetap bisa memiliki saham unggulan.

3. Keuntungan Tinggi

Melihat modal awal yang terbilang kecil, mungkin sebagian orang berpikir bahwa keuntungan yang didapat juga rendah. Namun tidak demikian di reksa dana, karena keuntungan yang bisa didapatkan adalah rata-rata 20% per tahunnya. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi daripada menabung secara konvensional. Melalui reksa dana bisa mempersiapkan berbagai dana untuk masa depan seperti pendidikan atau pensiun, karena waktunya bersifat jangka panjang.

REKOMENDASI »  Keunggulan Asuransi Mobil Adira Autocillin Untuk Pihak Tertanggung

4. Risiko Lebih Rendah

Rendahnya risiko menjadi salah satu keuntungan investasi reksa dana. Paket investasi yang ada di reksa dana sudah diatur dengan baik oleh para Manajer Investasi. Hal ini sangat menguntungkan bagi pemula yang belum terlalu memahami pasar saham. Apalagi jika harus memilih dari emiten yang terdapat di bursa efek, jumlahnya ratusan dan memerlukan analisa mendalam.

Pada reksa dana ada paket bernama Unit Penyertaan, berisi pilihan saham serta obligasi yang telah dipilih dengan analisa cermat. Uang milik investor tidak akan terfokus di satu produk saja melainkan tersebar menuju beberapa instrumen. Apabila terjadi risiko kerugian, maka nilainya tidak akan turun bersamaan. Sebagai contoh 5 dari 20 perusahaan mengalami rugi, maka 15 yang lain tidak merugi.

REKOMENDASI »  7 Jenis Jajanan 1000 untuk Jualan Ini Dapat Dijadikan sebagai Rekomendasi

5. Dapat dilakukan Secara Online

Saat ini semakin banyak bidang yang memanfaatkan kecanggihan internet. Reksa dana adalah salah satunya. Kini transaksi reksa dana juga dapat dilakukan dari website. Keuntungannya adalah biaya bertransaksi akan lebih rendah. Perkembangan investasi menjadi lebih mudah dimonitoring melalui hp ataupun laptop. Bahkan ada beberapa platform yang membuat kebijakan menggratiskan biaya berinvestasi di reksa dana.

Itulah beberapa keuntungan investasi reksa dana yang membuat banyak orang mempercayakan sebagian dananya. Melalui reksa dana, jika dikelola dengan baik maka dana yang telah masuk akan bisa dinikmati di masa depan. Hal ini sesuai dengan konsep bertumbuh, seperti layaknya merawat pohon yang dimulai dari benih dahulu hingga menjadi semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *