cara cepat melunasi hutang menurut islam

6 Cara Cepat Melunasi Hutang Menurut Islam yang Harus Dipahami

Banyak orang yang memilih untuk meminjam atau berhutang, jika sudah sangat butuh dan genting. Hutang bisa dalam bentuk barang, jasa, maupun uang. Menurut agama Islam, berhutang memang diperbolehkan, namun wajib hukumnya untuk dikembalikan atau dilunasi. Berikut 6 cara cepat melunasi hutang menurut Islam yang harus dipahami:

1. Berniat Membayar Hutang

Pertama ialah niatkan terlebih dahulu untuk membayar hutang. Niat ini harus benar-benar dalam hati, tanpa ada unsur keterpaksaan. Mengapa harus niat terlebih dahulu? Sebab biasanya dengan niat, selanjutnya ada kemauan dan usaha untuk melakukan hal yang diniatkan. Tidak sedikit orang berhutang, bahkan tidak ada niat sama sekali untuk mengembalikan.

Jangan sampai seperti itu, sebab Allah sangat membenci orang yang tidak menepati janji. Allah SWT akan membantu umatnya yang berniat dan berusaha untuk kebaikan, salah satunya ialah melunasi hutang nya.

2. Perbanyak Istighfar

Memperbanyak Istighfar ternyata bisa menjadi cara cepat melunasi hutang menurut Islam. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak Istighfar, karena hal tersebut bisa membuka pintu rezeki. Perbanyak mengucap Istighfar sambil berdoa kepada Allah SWT, agar dimudahkan dalam proses melunasi hutang. Dianjurkan untuk mengucap seratus kali Istighfar, setiap habis sholat dan saat sedang berdoa. Niscaya Allah akan melancarkan rezeki, dan dimudahkan segala urusan.

REKOMENDASI »  6 Sifat Nabi Nuh yang Patut Diteladani Oleh Seluruh Umat Muslim

3. Menjual Aset

Selanjutnya ialah dengan menjual aset yang ada. Lebih baik menjual aset yang ada, daripada harus berhutang. Tidak apa walaupun aset yang dimiliki menjadi sedikit, yang penting hutang sudah dilunasi. Jangan sampai memiliki banyak aset, namun saat membayar hutang merasa tidak mampu. Orang-orang tersebut termasuk ke dalam orang yang kufur nikmat. Tidak bersyukur atas apa yang masih dimiliki, dan hanya ingin dipuji dengan aset yang banyak.

4. Bayar dengan Mencicil

Tidak ada salahnya untuk membayar hutang dengan cara dicicil. Hal tersebut jauh lebih baik, daripada tidak membayar nya sama sekali. Sisihkan penghasilan atau setiap mendapat uang, untuk membayar hutang. Segera berikan uang tersebut, karena dikhawatirkan uang akan terpakai. Perlahan-lahan jumlah hutang pasti akan terkikis, dan pada akhirnya hutang pun lunas. Mencicil ini memang cara terbaik untuk melunasi hutang.

REKOMENDASI »  5 Manfaat Puasa Selasa Kliwon yang Harus Diketahui

5. Ubah Gaya Hidup Menjadi Sederhana

Gaya hidup sederhana memang lebih baik, daripada gaya hidup mewah tetapi memiliki banyak hutang. Sekarang ini banyak sekali orang yang gaya hidupnya mewah, namun memiliki hutang dimana-mana. Hal tersebut sangat tidak disukai Allah SWT, karena termasuk orang yang sombong dan tidak bertanggung jawab.

Lebih baik untuk mengubah gaya hidup, menjadi biasa saja atau sederhana. Aturlah gaya hidup sesuai dengan penghasilan, jangan lebih daripada penghasilan. Dijamin jika gaya hidup sesuai penghasilan, biasanya akan jauh dari kebiasaan berhutang.

6. Cari Pekerjaan dan Mulai Membuka Usaha

Terakhir adalah dengan mencari pekerjaan dan mulai membuka usaha. Biasanya orang yang berhutang uang, beralasan belum memiliki pekerjaan. Untuk itu berusahalah mencari pekerjaan, ataupun membuka usaha kecil. Sudah banyak usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil, dan hanya dikerjakan dari rumah.

REKOMENDASI »  Keteladanan Nabi Ibrahim dan Ismail dalam Membentuk Anak yang Soleh dan Soleha

Jika berusaha benar-benar, niscaya Allah SWT akan membantu usaha tersebut. Jangan bermalas-malasan, karena hal tersebut tidak akan membantu. Carilah pekerjaan yang meski penghasilannya tidak seberapa, namun hal itu lebih baik daripada tidak menghasilkan sama sekali.

Itulah 6 cara cepat melunasi hutang menurut Islam, yang bisa menjadi solusi bagi yang sedang berhutang. Jangan sampai hutang tidak dibayarkan, karena bisa menjadi penghambat saat di akhirat kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.