5 Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Merespon di HP Android

5 Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Merespon di HP Android

Smartphone Android selalu menawarkan fitur yang mumpuni dan kecanggihan-kecanggihan lain yang tidak perlu diragukan lagi. toko resmi Android bernama Google Play Store dengan berbagai macam software sebagai penunjang. Lalu bagaimana jika tiba-tiba muncul peringatan Not Responding? Bacalah cara mengatasi aplikasi yang tidak merespon di hp Android ini.

Namun sebelum itu, ketahuilah dahulu apa yang menyebabkan aplikasi mogok dijalankan. Bisa saja karena adanya bug atau belum meng-update ke versi terbaru. Hal ini tentu sangat berdampak. Mungkin juga disebabkan RAM terlalu kecil atau memang ada masalah pada sistem HP. Berhati-hatilah juga terhadap virus.

1. Lakukan Update pada Aplikasi

Aplikasi yang ketinggalan pembaruan tentunya akan mengakibatkan masalah. Diantaranya adalah tidak bisa memanfaatkan fitur terbaru, malah-malah lebih membingungkan jika sampai gagal dibuka dan enggan merespon. Kalau sudah begitu, segera lakukanlah update.

Carilah aplikasi tersebut pada kolom pencarian di Google Play Store. Lalu tinggal tekan tanda update yang ada di samping kanan. Apabila ingin melakukan pembaruan terhadap semuanya, menujulah ke menu setting di ikon garis tiga yang berada di pojok kanan. Pilih Auto Update Apps dan lakukan pengaturan. Tunggu hingga semua proses selesai.

REKOMENDASI »  Apakah YouTube di Android mengubah logo dan tampilannya?

2. Hapus Cache

Ruang penyimpanan penuh juga menjadi salah satu sebab aplikasi tidak mau merespon. Hal ini dikarenakan file sisa data yang menumpuk dan tidak digunakan dapat mengganggu kinerja smartphone. Sistem akan bekerja dengan keras dan menjadi lemot. Sangat menjengkelkan, bukan?

Cobalah untuk membersihkan file sampah tersebut dengan menuju ke pengaturan atau setting. Biasanya ditandai ikon gerigi. Lalu carilah menu App Management. Pilih semua aplikasi, bisa juga yang jarang digunakan. Setelah itu pada Storage Usage klik fitur Clear Cache. Smartphone akan terasa ringan dan tidak ada mogok-mogok lagi.

3. Hapus Data Aplikasi

Jika tadi hanya menghapus cache, di sini data aplikasi yang akan dihapus. Semua data akan hilang dan kembali ke setelan awal. Hal ini merupakan salah satu cara mengatasi aplikasi yang tidak merespon di hp Android. Mungkin sayang untuk dilakukan, tapi itu akan membuat lebih ringan dan semakin stabil.

REKOMENDASI »  Ini Cara Membuat Background Transparan di Photoshop dengan Mudah

Langkahnya juga tidak jauh berbeda. Pertama-tama harus menuju ke menu settings dan carilah Manager Apps. Tentukan aplikasi yang jarang digunakan, lalu tekan Fore Stop. Klik Clear Data dan smartphone akan melakukan pekerjaannya.

4. Perbarui Sistem HP

Sudah melakukan update aplikasi namun masih tidak bisa digunakan? Mungkin perlu untuk memperbaiki sistem smartphone. Hal ini sangat dianjurkan karena bisa saja masalah-masalah itu disebabkan hp yang tidak support. Beberapa software memang biasanya dikhususkan pada perangkat tertentu.

Masih di menu pengaturan, cobalah melakukan pembaruan. Pada bagian About Phone, akan muncul notifikasi apakah sistem harus diperbarui atau tidak. Jika iya, segeralah lakukan agar bisa menggunakan aplikasi lagi, entah itu media sosial, platform untuk chatting, dan lainnya.

REKOMENDASI »  Bisnis Vtuber Adalah Bisnis Menjanjikan, Simak Caranya!

5. Bersihkan Cache Partition Smart

Beberapa tahapannya yaitu, matikan gawai terlebih dahulu. Dengan tombol kombinasi, secara bersamaan tekan dan tahan “power + volume up/down” untuk menuju ke menu Recovery Mode. Nantinya akan muncul opsi Wipe Cache Partition, nantikan hingga selesai. Lalu pilih Reboot. Yang perlu diketahui, setiap smartphone memiliki cara berbeda.

Setelah membaca cara mengatasi aplikasi yang tidak merespon di hp Android tersebut semoga tidak merasa panik lagi jika terjadi masalah. Cobalah tips-tips yang sesuai dan lakukan dengan sabar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *