5 Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam Paling Ampuh

5 Cara Mengatasi HP Panas Batre Tanam Paling Ampuh

Sebagian besar model HP terbaru selalu menggunakan batre tanam. Penggunaan batre tanam lebih awet dan hemat batre, juga membuat tampilan HP lebih elegan dan tidak berat. Tapi salah satu kekurangannya adalah HP dengan batre tanam sering kali cepat panas. Untuk itu simak 5 cara mengatasi HP panas Batre tanam berikut:

1. Tutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Menutup aplikasi yang tidak terpakai menjadi cara mengatasi hp panas batre tanam yang pertama. Seringkali pengguna ponsel tidak menutup aplikasi yang tidak terpakai dengan benar. Hal inilah yang menyebabkan HP cepat panas karena masih banyak aplikasi yang berjalan. Untuk itu pengguna bisa menekan pilihan close recent app.

Selain itu, fitur GPS dan Bluetooth yang selalu aktif juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan HP cepat panas dan batre cepat habis. Nah, sebaiknya jika GPS dan Bluetooth tidak terlalu berguna, pengguna bisa menonaktifkan GPS dan Bluetooth.

2. Gunakan Aplikasi Seperlunya

Jika HP memiliki banyak aplikasi, maka memori dan RAM HP tentunya akan cepat penuh. Memori dan RAM yang penuh akan mengakibatkan HP sering lag dan batre jadi lebih cepat panas. Karena lag inilah yang menyebabkan aplikasi tetap berjalan sehingga HP jadi panas. Untuk itu pilihlah aplikasi yang paling sering digunakan dan sangat dibutuhkan.

REKOMENDASI »  Inilah Cara Memperbaiki Headset yang Tidak Ada Suaranya yang Bisa Dicoba dengan Mudah

3. Bersihkan Data Sampah HP Secara Berkala

Selain banyaknya aplikasi, data pada HP bisa memenuhi memori HP dan membuat HP jadi cepat panas. Untuk itu pengguna harus membersihkan data sampah atau data yang tidak terpakai secara berkala. Dengan menghapus data sampah ini bisa membuat HP tidak cepat panas dan bisa mengosongkan memori HP.

Pengguna bisa membersihkan data ini dengan cara membuka setting pada HP, lalu pilih storage untuk melihat memori yang telah terpakai. Hapus cache pada aplikasi HP satu persatu. Jika ingin praktis, pengguna bisa menggunakan aplikasi cleaner di HP seperti CC Cleaner, Super Cleaner, Clean Master dan lainnya.

4. Charge HP dengan Benar

Melakukan perawatan pada batre HP bisa membuat batre HP jadi semakin awet dan menghindari panas pada HP. Sebagian besar pengguna masih kurang memperhatikan cara charge HP dengan benar sehingga menyebabkan batre HP cepat bocor dan cepat panas.

REKOMENDASI »  Bisnis Vtuber Adalah Bisnis Menjanjikan, Simak Caranya!

Pertama pengguna harus charge HP sebelum batre HP habis, hal ini dilakukan untuk menghindari HP mati total secara otomatis. Jaga charger asli yang didapat saat membeli HP, karena penggunaan charger asli biasanya sudah dibuat sesuai dengan kapasitas batre HP.

Selain itu hindari memainkan HP sambil charge HP. Jika memainkan dan charge HP secara bersamaan, bisa membuat pengisian batre semakin lama dan juga menyebabkan HP jadi cepat panas. Dan jika HP sudah terisi dengan penuh, segera cabut HP dari charger untuk menghindari pengisian batre yang berlebihan.

5. Gunakan Aplikasi Pendingin HP

Aplikasi pendingin bisa menjadi salah satu opsi untuk mengatasi HP batre tanam yang panas. Software ini berguna untuk mendinginkan HP yang terlalu panas. Terutama jika HP terlalu panas akibat dari penggunaan HP yang terlalu lama. Software pendingin juga bisa memeriksa suhu HP yang panas.

REKOMENDASI »  Mangenal Seputar DNS Server, Kelas Khusus Pemula

Uniknya beberapa aplikasi bisa memberikan informasi tentang suhu HP secara berkala dan juga membantu membersihkan data sampah pada HP. Dengan penggunaan aplikasi pendingin, HP bisa segera kembali normal dan tidak panas lagi. Beberapa contoh aplikasi pendingin antara lain Cooler Master, CPU Cooler, Phone Cooler, dan lainnya.

Itulah 5 cara mengatasi HP panas Batre tanam paling ampuh, perlu diingat jika kualitas batre tetap terjaga maka performa HP juga akan tetap baik dan membuat HP jadi semakin awet. Untuk itu selalu perhatikan dan rawat penggunaan batre dengan benar agar HP tidak cepat panas dan awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *