Cara Kerja dan Manfaat Proxy Server, Simak Ulasan Lengkapnya! (learnabhi.com)
Cara Kerja dan Manfaat Proxy Server, Simak Ulasan Lengkapnya! (learnabhi.com)

Cara Kerja dan Manfaat Proxy Server, Simak Ulasan Lengkapnya!

Manfaat Proxy Server cukup beragam, salah satunya untuk menjembatani komputer ke internet. Saat melakukan adanya aktivitas online, sebuah perangkat harus tersambung jaringan internet.

Setelah perangkat komputer, laptop serta perangkat mobile yang Anda gunakan terhubung serta memperoleh akses dalam Internet Protocol (IP), maka server/ISP/router akan memperoleh informasi mengenai perangkat yang Anda gunakan. Informasi tersebut terdiri dari lokasi, jenis perangkat dan yang lainya.

Hal ini seringkali membuat pengguna merasa kurang nyaman apabila identitas asli mereka diketahui oleh orang lain atau website yang dikunjungi. Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat menyembunyikan identitas tersebut dengan menggunakan proxy. Lalu bagaimanakah cara kerja serta fungsi dari proxy tersebut?

Mengenal Cara Kerja dan Manfaat Proxy Server

Proxy merupakan salah satu sistem yang memungkinkan kita untuk dapat mengakses jaringan internet dengan IP berbeda yang diterima perangkat. Sistem ini memakai proxy server agar dapat bekerja secara lebih maksimal.

Sedangkan proxy server adalah perangkat atau komputer yang memiliki peran untuk menyediakan proxy. Dengan demikian, Anda tetap dapat memakai jaringan internet yang sekarang serta hubungkan ke perangkat proxy server.

REKOMENDASI »  Mudah Tersulut Amarah_ Berikut Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam

Dalam hal ini Anda dapat memakai beberapa penyedia proxy server gratis yang telah banyak ditawarkan di internet, Anda pun dapat dengan mudah untuk menemukan penyedia proxy server. Meskipun demikian, penting bagi Anda untuk mengetahui fungsi serta cara kerja dari proxy tersebut.

Manfaat Proxy Server

Berikut ini beberapa manfaat dari adanya proxy server antara lain

Menjadikan Privasi Lebih Baik

Dengan adanya proxy server, maka IP address pengguna akan disembunyikan. Hal ini artinya, pengguna dapat lebih bebas dalam menjelajah internet pada mode anonymous, tanpa harus khawatir informasi personal pengguna akan diketahui serta direkam oleh web server atau web yang sedang dikunjungi.

Mengontrol Penggunaan Internet Lebih Mudah

Proxy server juga dapat bermanfaat untuk mengontrol konten apa saja yang dapat diakses di internet. Sebagai contoh, pada suatu organisasi atau perusahaan dapat memanfaatkannya untuk memblokir situs yang dianggap bertentangan dengan berbagai nilai-nilai perusahan atau dapat mengganggu proses kerja para karyawan.

REKOMENDASI »  Advance Server Free Fire Resmi Dibuka, Simak Cara Daftarnya

Penggunaan Sumber Daya Lebih Efektif

Istimewanya proxy server adalah memperoleh bekalan fitur caching. Dengan demikian pengguna dapat mengurangi penggunaan bandwidth jaringan serta meningkatkan kecepatan loading time website favorit Anda.

Dapat Mengakses Konten yang Diblokir

Mungkin Anda pernah merasa kesulitan dalam mengakses konten di internet karena terhalang adanya geo-restrictions. Namun dengan menggunakan proxy, Anda dapat dengan mudah untuk mengubah lokasi geografis Anda supaya dapat mengakses konten yang diblokir tersebut.

Dapat Meningkatkan Keamanan

Proxy Server juga memiliki manfaat seperti layaknya firewall serta mampu mengenkripsi web request yang Anda buat. Dengan demikian, proxy server dapat melindungi Anda dari berbagai ancaman hackers yang ingin mengakses data penting Anda.

Cara Kerja Proxy Server

Proxy Server memiliki tugas untuk meneruskan koneksi Anda menuju alamat website yang akan Anda buka. Hal ini artinya, secara normal pada saat Anda mengetik alamat website, Internet Service Provider akan membuat permintaan untuk mengkoneksikannya dengan alamat yang dituju.

REKOMENDASI »  Persyaratan Buka Rekening CIMB Niaga Terbaru 2021

Akan tetapi berbeda jika Anda menggunakan proxy server. Koneksi yang Anda pakai akan terhubung lebih dahulu proxy server. Kemudian Proxy server akan meneruskan permintaan ke alamat yang dituju. Cara ini akan menjadikan alamat IP yang asli Anda tidak akan terdeteksi oleh website. Kemudian, yang Anda gunakan adalah alamat IP proxy server. Hal ini menjadi salah satu manfaat proxy server yang cukup penting bagi pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *