Apa Itu Server, Berikut Ini Penjelasan Lebih Detailnya (jetorbit.com)
Apa Itu Server, Berikut Ini Penjelasan Lebih Detailnya (jetorbit.com)

Apa Itu Server, Berikut Ini Penjelasan Lebih Detailnya

Apa itu server? Hal tersebut nyatanya masih menjadi pertanyaan besar bagi banyak orang. Padahal tanpa disadari, kita sudah sangat sering menggunakan server. Hanya saja, untuk definisi lebih tepatnya kita masih belum mengetahuinya.

Meskipun kata server sudah tidak asing lagi, akan tetapi sebagian dari kita memang masih belum memahaminya. Server merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan yang sangat penting pada suatu jaringan komputer juga internet. Bahan hal tersebut juga memiliki dampak ketika Anda berselancar di internet. Tanpa Anda sadari, Anda juga sudah menggunakan server.

Apa Itu Server, Simak Penjelasannya Berikut Ini  

Untuk bisa mendapatkan jawaban mengenai apa itu server, simak penjelasan berikut ini. Server merupakan sistem komputer yang sedia sumber daya untuk tempat penyimpanan data serta layanan khusus.

Biasanya penyimpanan data server itu untuk menyimpan dokumen dan informasi. Selanjutnya, data tersebut akan digunakan untuk melakukan berbagai macam layanan. Misalnya adalah menampilkan website, mengirim email, dan yang lainnya.

REKOMENDASI »  Daftar Produk Reksa Dana Manulife yang Bisa Dipilih

Oh iya, server itu bukan hanya terdiri dari satu jenis saja. Akan tetapi terdiri dari banyak client. Mulai dari yang memiliki fungsi untuk email, DNS, sampai pada website. Hal tersebut juga yang menyebabkan mengapa server terhubung dengan beberapa client. Disamping itu juga, komputer client juga bisa terhubung dalam beberapa server guna saling membackup.

Lalu seperti apa bentuk server itu? Pertanyaan tersebut juga menjadi pertanyaan kedua setelah apa itu server? Berbicara tentang bagaimana bentuknya, bisa saja berbentuk hardware, virtual machine maupun software. Tak hanya itu saja, akan tetapi juga bisa berbentuk jaringan komputer dengan mempunyai ukuran yang besar.

Cara Kerja Server

Baiklah, setelah Anda mengetahui apa itu server, tidak ada salahnya mengetahui juga mengenai bagaimana cara kerjanya. Secara sederhana, server memiliki cara kerja ketika terdapat permintaan dari client yang sudah terhubung dengan jaringan.

REKOMENDASI »  Asuransi Halal Atau Haram_ Ini Fakta Penting Asuransi

Nantinya client akan request layanan maupun data kepada server. Setelah request diterima, maka akan memproses hasil dan akan dikirimkan kembali kepada komputer client.

Fungsi Server yang Perlu Anda Ketahui

Paham mengenai apa itu server dan bagaimana cara kerjanya. Sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja fungsi server itu. Simak penjelasannya berikut ini.

Melayani Permintaan Komputer Client

Seperti penjelasan pada bagian awal, jikalau fungsi dari server adalah melayani permintaan client untuk diproses. Baik itu yang meminta permintaan data maupun aplikasi yang akan client jalankan.

Untuk mendukung fungsi tersebut, server biasanya menggunakan sistem yang aman juga cepat. Jadi, client bisa bekerja dengan lebih efektif.

Menyimpan Informasi atau Data

Untuk fungsi lainnya, server sebagai untuk menyimpan data yang client kirimkan. Data tersebut nantinya juga akan tersimpan yang bisa berupa dokumen informasi kompleks. Supaya bisa menampung jumlah data yang banyak, maka juga harus memiliki kapasitas yang besar pula. Dengan begitu, maka client bisa menyimpan dan mengakses data bersama dengan client yang lainnya.

REKOMENDASI »  Apakah Investasi Emas Menguntungkan_ Temukan Jawabannya di Sini!

Menyediakan Database yang Dijalankan

Selanjutnya, juga memiliki fungsi untuk menyediakan database sebagai penyimpanan juga pengolahan data. Umumnya perusahaan yang besar memanfaatkan fungsi tersebut untuk terapkan big data.

Nantinya seluruh data yang ada dalam database juga bisa diolah dan diakses oleh pengguna. Adanya layanan tersebut, banyak perusahaan yang dapat mengembangkan produk bisnisnya.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga akan mengatur komunikasi dan mentransfer informasi kepada client. Ternyata juga memberikan perlindungan kepada komputer juga website. Nah, sekarang sudah paham bukan mengenai apa itu server.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *