Internet Satelit Memiliki Berbagai Keuntungan Untuk Penggunanya (mss.id)
Internet Satelit Memiliki Berbagai Keuntungan Untuk Penggunanya (mss.id)

Internet Satelit Memiliki Berbagai Keuntungan Untuk Penggunanya

Kehadiran internet satelit saat ini sangat diperlukan. Internet pada era digital seperti saat ini menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat. Baik untuk keperluan pada berbagai bidang pekerjaan sampai dengan komunikasi.

Namun jaringan internet tidak dapat diakses oleh sebagian orang. Terutama untuk yang tinggal di tempat-tempat terpencil atau sangat jauh. Seperti halnya di wilayah pegunungan, hutan, dan di tengah laut atau daerah lepas pantai. Sehingga dengan kemunculan internet tersebut akan memberikan kenyamanan dalam berkomunikasi.

Pengertian Internet Satelit

Sebenarnya internet satelit tidak jauh berbeda dengan jaringan internet seperti umumnya. Namun, untuk penggunanya yang biasanya memerlukan antena parabola. Hal itu untuk  memudahkan dalam menangkap sinyal.

Hal ini tentu tampak berbeda dengan internet biasa. Terlebih yang menggunakan kabel untuk dapat menyalurkan sinyalnya. Antena dan piringan parabola ini yang fungsinya mengirimkan dan menerima sinyal. Dengan satelit yang mengelilingi orbit untuk meneruskan dan memberikan aksesnya pada pengguna.

REKOMENDASI »  Tips Jual Logam Mulia di Pegadaian dan Keuntungan yang Didapatkan

Mengenai lintas sinyal internetnya yang cukup tinggi. Apabila Anda bandingkan dengan internet kabel. Sehingga Anda perlu memasang antena parabola dengan tepat. Hal itu agar dapat menerima sinyal yang terbaik.

Keuntungan dengan Adanya Internet Satelit

Kehadiran internet tentunya akan memberikan kenyamanan dalam berkomunikasi. Untuk itu ketahui beberapa keuntungan dari adanya satelit berikut ini.

Cakupan Global

Tautan satelit menjadikan jangkauan untuk lokasi mana pun yang ada di bumi. Adanya satelit tunggal di orbit geostasioner dapat menjangkau jaraknya seluas samudra atau benua. Cakupan wilayahnya yang luas, akan memudahkan akses internet menjadi lebih cepat. Meskipun dengan berbagai kendala dalam geografisnya.

Hemat Biaya

Untuk lokasi yang tidak terlayani atau bahkan terpencil. Biaya layanan internet menggunakan fiber optic biasanya lebih mahal. Harganya berkisar sampai ratusan juta rupiah ke atas, untuk memasang satu mil seratnya. Tidak hanya investasinya yang tinggi, mungkin memerlukan waktu beberapa bulan. Untuk dapat menyelesaikan penyebaran fiber.

REKOMENDASI »  Inilah Cara Membuat Polaroid untuk Dijual, Bisa Mendatangkan Untung Banyak

Kecepatan yang Bisa Diandalkan

Penggunaan internet tersebut lebih cepat dibandingkan koneksi dial-up. Meskipun tergantung pada paket yang digunakan. Anda dapat mengharapkan kecepatan satelitnya 10 sampai 35 kali lebih cepat daripada dial-up.

Apabila Anda kekurangan konektivitas terestrial, internet satelit sebagai sarana akses internet. Tentunya dengan kecepatan tinggi yang paling hemat biayanya. Anda tidak perlu menghabiskan biaya sampai ratusan bahkan milyaran rupiah. Untuk memperoleh layanan internetnya.

Apabila dibandingkan dengan layanan jaringan terestrial. Seperti halnya kabel atau DSL, peluang pemadaman pada jaringannya jauh lebih kecil. Dengan layanan terestrial, pemadaman jaringan dapat terjadi di setiap titik sepanjang infrastrukturnya.

Sedangkan jaringan satelit secara lengkap dapat bekerja secara independen dari infrastruktur terestrialnya. Selain itu, juga memelihara konektivitas selama peralatan tersebut memiliki daya.

REKOMENDASI »  Cara Menggunakan Bot Telegram dan Beberapa Bot yang Bisa Dicoba

Instalasi dan Penerapan Instan

Antena satelit secara langsung terpasang untuk beberapa jam. Untuk solusi seluler dan portabel, Anda dapat mengatur dan menyambung ke internetnya. Lalu waktunya kurang dari 10 menit, menjadikannya lebih instan.

Mobilitas

Penggunaan internet tersebut dapat diakses meskipun Anda pergi ke mana pun. Dengan menawarkan solusi komunikasi seluler, tentu dapat diandalkan.

Fleksibilitas

Apabila bisnis yang Anda jalankan beroperasi di daerah terpencil, maka komunikasi akan menjadi tantangannya. Dengan adanya internet, tentunya akan menghubungkan berbagai jarak yang jauh ke jaringan Anda. Pastikan dengan layanan internet yang handal.

Kehadiran internet satelit dapat memudahkan untuk mengakses internet. Internet tersebut akan memberikan kenyamanan dalam berkomunikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *