Info Seputar Aplikasi Keluarga Sehat, Fitur dan Cara Penggunaannya (apkpure.com)
Info Seputar Aplikasi Keluarga Sehat, Fitur dan Cara Penggunaannya (apkpure.com)

Info Seputar Aplikasi Keluarga Sehat, Fitur dan Cara Penggunaannya

Sudah tahukah Anda mengenai aplikasi Keluarga Sehat itu? Aplikasi ini merupakan peluncuran dari Kementerian Kesehatan yang berfungsi untuk membukukan berbagai informasi per keluarga sebagai data base puskesmas di tempat tinggal masing-masing.

Petugas puskesmas mulai menggunakan aplikasi ini, harapannya bisa menjadi sentral data dan informasi dalam menyukseskan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga.

Fitur-Fitur yang Terdapat dalam Aplikasi Keluarga Sehat

Penciptaan aplikasi ini bertujuan sebagai salah satu upaya yang mendukung pada bidang teknologi dan informasi. Dengan adanya aplikasi ini, proses pendataan penduduk bisa lebih mudah dengan hasil lebih rapi, padu, dan terintegrasi.

Aplikasi online ini terbagi atas dua aplikasi, yaitu web dan mobile. Untuk mengenali fitur-fitur yang ada, simak ulasan berikut.

Fitur Tahun Aktif

Merupakan fitur manajemen tahun guna melaporkan data hasil survei para warga pengguna. Biasanya periode aktif penginputan data pada tahun berjalan akan ditentukan terlebih dahulu sebelum penggunaan aplikasi. (Khusus Admin Pusat)

REKOMENDASI »  Daftar Alamat dan Nomor Telepon Bank BRI Cabang Bandung

Fitur Transfer Wilayah Kerja

Fitur untuk memindahkan data setiap keluarga di suatu puskesmas wilayah menuju ke puskesmas tujuan. (Khusus Admin Pusat).

Fitur Wilayah Kerja

Fitur ini fungsinya untuk memetakan wilayah desa atau kelurahan di dalam suatu wilayah kerja puskesmas. Umumnya, dengan cara mendaftarkan wilayah kerja per desa, bisa dalam satu wilayah kecamatan atau lebih. (Khusus Admin PKM)

Fitur Rukun Warga

Fitur ini berguna untuk menginput RT dan RW yang ada pada wilayah kerjanya setiap desa atau kelurahan. Jika ternyata ada wilayah yang tidak mempunyai RT/RW, pihak puskesmas harus melakukan inventarisasi di wilayah tersebut lalu melakukan penomoran mandiri. (Khusus Admin PKM)

Fitur Target Surveyor

Merupakan fitur yang berfungsi untuk menentukan sasaran kinerja surveyor. Sasaran ini ditujukan pada upaya peningkatan rasa tanggung jawab serta kepedulian para surveyor mengenai data keluarga yang diembannya. (Khusus Admin PKM)

Fitur Sasaran Wilayah

Fitur ini mempunyai fungsi untuk menentukan jumlah target pendataan di suatu wilayah kerja puskesmas. Cara kerja ini umumnya berdasarkan pada jumlah keluarga target pada wilayah kerjanya setiap desa atau kelurahan. (Khusus Admin PKM)

REKOMENDASI »  Mengenal Cara Menggunakan Turbo VPN untuk Membuka Website yang Diblokir

Fitur Monitoring Wilayah

Untuk bisa melihat kinerja capaian dari surveyor maupun puskesmas, bisa menggunakan fitur yang satu ini. Yakni dengan membandingkan target yang telah ditentukan dengan realisasi data keluarga yang berhasil diinput.

Fitur IKS Puskesmas

Kegunaannya adalah untuk melihat IKS (Indeks Keluarga Sehat) berdasarkan wilayah kerja puskesmas di masing-masing indikator.

Fitur Crosstab

Fungsinya untuk menganalisis data melalui pemanfaatan raw data yang telah diinstal lewat akun admin PKM guna diolah secara mandiri kemudian diupload lagi ke aplikasi untuk melewati proses kustomisasi dalam bentuk crosstab analisis data, bisa dalam wujud grafik, tabulasi, atau yang lainnya.

Cara Penggunaan Aplikasi Keluarga Sehat

Langkah pertama yaitu melakukan pendataan nama calon pengelola aplikasi di Puskesmas. Selanjutnya, Dinas Kabupaten atau Kota menyerahkan surat permohonan via email ke Kementerian Kesehatan ([email protected]). Jangan lupa untuk menyertakan data diri sesuai dengan data untuk formulir registrasi.

REKOMENDASI »  Mudah Tersulut Amarah_ Berikut Cara Mengendalikan Emosi Menurut Islam

Nantinya, data yang masuk akan melalui proses verifikasi kelengkapan dahulu, sehingga Pusdatin bisa membuat akun yang terdiri dari satu akun administrator Puskesmas, satu akun Dinas Kesehatan Kabupaten atau kota, dan satu lagi akun untuk Dinas Kesehatan Provinsi.

Kemudian pihak Kementerian Kesehatan akan mengirim kembali akun ke pemohon lengkap beserta panduan aktivasi. Anda sudah dapat melakukan aktivasi segera dan mulai menggunakan aplikasi untuk mengisi data.

Hadirnya aplikasi Keluarga Sehat ini sangat membantu dalam proses manajemen pengolahan data. Tetap ikuti prosedur yang ada dan manfaatkan sebaik-baiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *