manfaat reksa dana

5 Manfaat Reksa Dana Yang Bisa Jadi Nilai Tambah Dalam Memilih Bentuk Investasi

Reksa Dana merupakan salah satu bentuk investasi yang dapat dijadikan sebagai solusi bagi masyarakat kelas menengah dengan modal terbatas. Selain pengetahuan terkait resiko yang mungkin bisa dialami oleh para investor. Pemahaman akan sejumlah manfaat Reksa Dana juga perlu diketahui dan dipertimbangkan oleh para pelaku investasi.

Sistem yang dipakai yakni dengan pengelolaan dana terbatas tersebut membentuk beberapa jenis investasi. Diantaranya seperti dalam berbentuk saham, bisa juga obligasi, serta deposito dan lainnya. Nilai tambahnya yaitu tidak bisa hanya dilakukan hanya pada satu perusahaan saja, akan tetapi di sejumlah perusahaan. Berikut jajaran manfaat yang ditawarkan oleh investasi Reksa Dana:

1. Dikelola Oleh Manajemen Profesional

Nama yang sering dipakai untuk mengistilahkan Manajemen Profesional tersebut adalah dengan kata MI. Jika dilihat dari kepanjangannya MI merupakan sebutan untuk Manajer Investasi. Dimana keahlian dari manajer tersebut telah bersifat khusus untuk bidang pengaturan dana.

REKOMENDASI »  Bagaimana Jika Nasabah Bank Bri Meninggal Dunia, Apa Yang Harus Dilakukan

Peran yang dimiliki memang cukup terbilang penting guna memberikan pelayanan kepada para investor yang memiliki kendala. Misalnya dalam hal waktu, dimana investor tersebut tidak bisa menjalankan secara langsung terkait riset terhadap suatu perusahaan serta keadaan investasi di sana. Guna mengetahui harga efek maupun informasi lebih lanjutnya.

2. Diversifikasi Investasi

Diketahui jika investasi dalam bentuk Reksa Dana tidak hanya terfokus pada satu cabang perusahaan semata. Tentunya hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengurangi tingkat resiko yang mungkin bisa terjadi. Meskipun tidak bisa menghilangkan seluruh dari risiko yang ada.

Secara umum resiko dapat dibedakan menjadi 2 jenis, pertama ada jenis resiko gain dan yang kedua ada resiko loss. Contoh kecilnya seperti jika Reksa Dana melakukan investasi pada 20 jenis perusahaan, dimana 3 diantaranya terjadi loss. para investor tidak perlu khawatir karena perusahaan lain berkemungkinan tidak terjadi kerugian atau bahkan mengalami resiko gain.

REKOMENDASI »  Ingin Menjalankan Bisnis Ayam Petelur Rumahan? Ini Caranya!

3. Transparansi Informasi

Hal lain yang menjadi manfaat Reksa Dana yang perlu diketahui oleh para investor yaitu bersifat transparan dalam informasinya. Pasalnya investasi ini menyuguhkan sejumlah informasi mengenai perkembangan berupa portofolio dan juga rincian biaya secara berkelanjutan.

Dengan ini para unit peserta investasi dapat melakukan pemantauan terhadap perkembangan dari biaya, juga tentang keuntungan, sekaligus resiko kapan saja. Dalam hal ini pihak dari MI memiliki kewajiban untuk mengeluarkan sejumlah informasi dari nilai aktiva yang telah bersifat bersih setiap harinya.

4. Likuiditas Tinggi

Tingkat kemampuan dari sebuah perusahaan untuk melakukan pembayaran terhadap kewajibannya dalam skala jangka pendek sering disebut dengan likuiditas. Dimana dapat dikatakan jika suatu perusahaan mempunyai nilai likuiditas yang semakin tinggi.

Maka diindikasikan bahwa perusahaan tersebut semakin dipercaya. Hal ini dikarenakan perusahaan yang dimaksud mampu melakukan pembayaran atas kewajiban jangka pendeknya dengan cukup baik.

REKOMENDASI »  5 Jenis Bisnis Pelajar Modal 10k yang Menjanjikan

5. Keamanan Dana

Produk yang dimiliki oleh investasi Reksa Dana haruslah mempunyai izin terlebih dahulu dari OJK. Untuk itu dana yang diperoleh dari investor akan dilakukan pengelolaan melalui MI. Dimana sebelumnya dilakukan penyimpanan terlebih dahulu oleh pihak Bank Kustodian sebelum dikelola lebih lanjut. Pada setiap produk dari investasi ini memiliki kewajiban untuk melakukan alokasi dana likuid pada pasar uang.

Demikian ulasan mengenai sejumlah manfaat Reksa Dana yang bisa jadi pertimbangan bagi para pelaku dunia investasi. Dari pembahasan di atas dapat diketahui jika selain memiliki sejumlah resiko yang perlu diwaspadai. Investasi Reksa Dana juga menawarkan sejumlah manfaat yang mungkin bisa menjadi sebuah nilai tambah bagi para investor dalam memilih bentuk investasi yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *