cara cek keaslian emas ubs

Cara Cek Keaslian Emas UBS dengan Lima Metode

Bagi pecinta emas atau orang yang sudah berinvestasi dalam emas, pasti sudah tidak asing dengan emas UBS. Emas jenis ini dikeluarkan oleh perusahaan bernama Untung Bersama Sejahtera dan sudah memiliki nama besar di Indonesia. Meskipun sudah populer, perlu juga diketahui cara cek keaslian emas UBS untuk menjamin kualitasnya.

Hal ini sangat penting bagi siapa saja yang merasa kurang yakin dengan keaslian emas itu sendiri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengeceknya. Setidaknya ada lima cara yang akan dijelaskan di bawah ini. Penasaran bagaimana cara mengecek keaslian emas UBS? Berikut beberapa di antaranya:

1. Coba Gosok dengan Tangan

Mengecek keaslian emas bisa dilakukan dengan menggosoknya pada tangan. Cara ini bisa dilakukan siapa saja bahkan untuk orang awam. Gosok saja permukaan emas tersebut dengan tangan atau jari, kemudian lihat perubahannya. Jika ditemukan perubahan, maka bisa dipastikan emas tersebut palsu.

Perubahan yang bisa dilihat adalah pada warna yang ditimbulkan. Jika emas asli, meskipun digosok berkali-kali maka tampilannya akan tetap sama antara yang digosok dan yang tidak. Namun, jika palsu maka akan ada perbedaan warna jelas antara permukaan emas yang digosok dan yang tidak digosok.

REKOMENDASI »  Harga Saham Indofood Per Lot dan Cara Daftarnya

2. Gigit Permukaan Emas

Cara lain yang bisa digunakan adalah menggigit permukaannya. Emas dengan jumlah kadar yang tinggi akan memiliki tekstur lebih lunak dibanding kadar yang minim. Jadi dengan menggigit maka akan terlihat dengan jelas asli atau tidaknya emas tersebut. Bekas gigitan pada emas bisa dijadikan indikator keaslian emas.

3. Dekatkan pada Magnet

Mendekatkan emas ke magnet juga bisa memberi jawaban tentang keasliannya. Jika emas tersebut bisa ditarik oleh magnet, maka emas tersebut palsu. Sedangkan untuk emas asli tidak akan bisa ditarik magnet walaupun sedikit. Bisa jadi emas palsu yang bisa ditarik magnet memiliki kandungan magnetik yang kuat.

Cara ini tergolong mudah untuk dilakukan. Meskipun demikian, keaslian emas masih bisa dimanipulasi karena beberapa hal. Salah satunya adalah masih banyak bahan campuran emas lainnya yang tidak memiliki unsur magnetik di dalamnya. Jadi tidak jauh berbeda dengan emas asli yang tidak ada unsur magnetiknya.

REKOMENDASI »  Ide Bisnis Online untuk Pelajar dengan Modal Minim dan Menguntungkan

4. Gesekkan dengan Keramik

Selain digesekkan dengan tangan, keramik juga bisa digunakan untuk membuktikan keaslian emas. Meskipun terdengar ekstrim, tapi cara ini juga ampuh untuk membuktikannya. Jika emas yang sudah digesekkan dengan keramik tidak menimbulkan bekas atau kerusakan, maka emas tersebut bisa dijamin keasliannya.

Cara cek keaslian emas UBS ini juga bisa menggunakan kertas sebagai alat pembuktiannya. Kertas memang tidak sekeras keramik, tapi ujung kertas yang tipis bisa digunakan untuk mengeceknya. Gesekkan saja tepian kertas pada emas, maka akan terlihat hasil yang diinginkan. Sama seperti keramik, jika ada bekas maka emas tersebut palsu.

5. Pergi ke Butik Emas UBS Terdekat

Cara terakhir untuk menguji keaslian emas adalah mendatangi butik emas UBS secara langsung. Jika tidak sempat mengecek dengan berbagai cara di atas, maka bisa langsung mempercayai pegawai butik emas yang dikunjungi. Cara ini adalah yang paling mudah asal tinggal atau berada di sekitar butik emas UBS.

REKOMENDASI »  Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Mudah Dijalankan

Tidak hanya memberi tahu keaslian emas, pegawai butik biasanya juga akan menjawab semua pertanyaan seputar emas tersebut. Mulai dari kadar yang terkandung dan hal-hal detail lainnya. Jadi butik emas ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui dan menguji keaslian emas yang dimiliki.

Demikian beberapa cara cek keaslian emas UBS yang bisa dilakukan dengan berbagai metode mudah. Jika memiliki waktu yang jauh lebih banyak, bisa menggunakan metode yang bisa dilakukan di rumah. Namun, jika tidak sempat maka bisa datang ke butiknya langsung. Semua cara di atas akan sangat efektif untuk diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.