Jual logam mulia di pegadaian

Tips Jual Logam Mulia di Pegadaian dan Keuntungan yang Didapatkan

Pegadaian menjadi salah satu fasilitas telah banyak membantu masyarakat dari sisi finansial. Termasuk memfasilitasi masyarakat untuk berinvestasi juga menabung emas. Warga pun bisa jual logam mulia di pegadaian jika sewaktu-waktu memang dibutuhkan. Kali ini akan dibahas tips-tips jual logam mulia di pegadaian serta keuntungan apa saja yang bisa didapatkan.

Menjual Logam Mulia

Sebenarnya logam mulia bisa dijual dimana saja dengan mudah dan cepat. Bahkan sekarang sudah ada fasilitas jual beli logam mulia secara online. Namun, pegadaian tetap menjadi pilihan banyak orang untuk menjual logam mulianya. Mudah saja untuk menjual emas di pegadaian, tinggal datangi pegadaian terdekat dan tawarkan logam mulia yang ingin dijual.

Logam mulia memang bisa jadi instrumen investasi menguntungkan karena mudah sekali untuk dijual kembali. Agar tak salah langkah, berikut adalah beberapa tips jual logam mulia di pegadaian yang bisa diikuti:

1. Sertakan Surat Pembelian

Penjualan logam mulia sebaiknya disertai dengan surat pembelian resmi. Bisa saja menjual logam mulia tanpa dokumen surat resmi, namun harganya akan jauh turun dari nilai sebenarnya. Jadi, sebelum menjual logam mulia periksa dulu kelengkapan surat atau dokumennya. Surat pembelian ini bisa membantu logam mulia yang dijual mendapatkan harga terbaik dan menguntungkan

REKOMENDASI »  Penasaran? Inilah Potongan Bank Permata Per Bulan pada Setiap Produknya

2. Buat Perhitungan Dulu

Cobalah untuk membuat perhitungan terlebih dahulu sebelum membawa logam mulia untuk dijual di pegadaian. Cari tahu berapa besar harga jual logam mulia saat ini sesuai dengan kadar dan beratnya. Penting sekali untuk mengenali berat juga kadar logam mulia yang akan dijual. Lakukan perhitungan dulu sehingga nanti saat menjual ke pegadaian bisa tahu berapa harga sebenarnya.

3. Pastikan Ada Alat Penguji Asli

Pegadaian menjadi salah satu fasilitas yang tergolong aman menjual beli emas karena di sana terdapat alat penguji yang asli. Namun, tak ada salahnya untuk memastikan kembali bahwa alat penguji yang digunakan asli. Biasanya alat penguji yang digunakan adalah x-ray fluorescence serta avometer.

REKOMENDASI »  Berencana Buka Usaha Cucian Mobil? Harus Tahu Peralatan yang Dibutuhkan Berikut agar Usaha Berjalan Lancar

4. Jual di Pegadaian yang Sama

Salah satu tips untuk mendapatkan harga jual logam mulia yang stabil adalah dengan menjualnya di pegadaian yang sama saat membeli. Biasanya menjual logam mulia di tempat yang berbeda akan membuatnya mengalami penurunan harga sebanyak 70-80%. Jika ingin mendapatkan harga yang stabil atau bahkan lebih tinggi maka bisa diutamakan untuk menjual di tempat yang sama.

Keuntungan

Mengapa menjual logam mulia di pegadaian? Sebenarnya banyak tempat yang akan memberi fasilitas jual beli logam mulia. Namun banyak yang menyarankan untuk melakukannya di pegadaian. Hal ini disebabkan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika menjual logam mulia di sana. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan dirasakan:

  • Penjualan emas jauh lebih cepat dan praktis.
  • Dijamin keamanannya oleh pegadaian.
  • Bisa mendapatkan penawaran program investasi emas menarik lainnya.
  • Tak hanya jual, bisa juga digadaikan untuk mendapatkan uang pinjaman.
REKOMENDASI »  Ini 6 Ide Keripik Unik untuk Usaha yang Bisa Laris di Pasaran

Pastikan untuk membeli maupun menjual logam mulia hanya di tempat yang terpercaya. Salah satunya yang direkomendasikan adalah pegadaian karena sudah terbukti kredibilitasnya. Pegadaian pun akan memberikan penawaran berbagai jenis kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli maupun menjual logam mulia.

Itulah penjelasan singkat mengenai tips jual logam mulia di pegadaian beserta keuntungannya. Investasi dalam bentuk logam mulia mungkin tak bisa mendatangkan keuntungan besar seperti jenis investasi lainnya. Namun, paling tidak investasi ini bisa membantu mempertahankan nilai uang dan mudah sekali didapatkan kembali saat dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *