13. Saham Murah Fundamental Bagus dan Tips Mendapatkannya

Saham Murah Fundamental Bagus dan Tips Mendapatkannya

Investasi saham kini semakin banyak dilirik apalagi oleh anak muda. Banyak sekali anak muda yang kini mulai mahir bermain investasi saham. Agar terasa ringan namun menghasilkan banyak untung maka penting sekali untuk memilih saham murah fundamental bagus. Kali ini akan dibahas lebih lengkap seperti apa cara menemukan penawaran saham murah prospek bagus serta rekomendasinya.

Tips Berburu Saham Murah

Terdapat begitu banyak penawaran saham yang bisa ditemukan saat ini. Menemukan saham murah dengan fundamental yang kokoh tentu perlu ketelitian. Berikut adalah beberapa cara menemukan penawaran saham murah dengan prospek bagus:

1. Cari Perusahaan Undervalue

Langkah pertama adalah menemukan perusahaan yang undervalue terlebih dahulu. Bagaimana cara mengetahui apakah saham perusahaan undervalue atau tidak? Lakukan perhitungan rasio PER dan PBV. PER itu sendiri merupakan rasio antara harga pasar per lembar saham saat ini dibagi dengan besar keuntungan per lembar saham.

2. Pelajari Bisnis Perusahaan

Saat menemukan penawaran harga saham yang murah, lihat dulu perusahaannya. Penting sekali untuk mempelajari bisnis perusahaan sebelum membeli saham di sana. Dari jenis bisnis yang dijalankan, bisa dilihat apakah perusahaan tersebut masih punya prospek yang cerah untuk jangka waktu yang panjang.

REKOMENDASI »  Cara Mencairkan Asuransi Prudential 100_ Berhasil

3. Analisis Fundamental Perusahaan

Selanjutnya lakukan analisis fundamental dari perusahaan tersebut. Pahami apakah mungkin akan terjadi pertumbuhan selama 5-7 tahun ke depan. Kondisi ini sangat mungkin terjadi apabila tidak ada penurunan bisnis yang dipicu oleh masalah internal perusahaan. Agar bisa memahami kemungkinan bertumbuh ini perlu dilakukan analisis yang mendalam terlebih dahulu.

4. Perhatikan Rasio Likuiditas

Untuk menemukan saham murah fundamental bagus coba perhatikan nilai rasio likuiditasnya. Jika current ratio lebih dari atau sama dengan 1,3 x serta nilai cash ratio lebih dari atau sama dengan 0,3 x maka bisa dikatakan rasio likuiditasnya baik. Ini bisa menjadi peluang baik untuk berinvestasi saham di sana.

5. Amati Risiko Utang

Poin berikutnya yang penting untuk dipertimbangkan adalah risiko utang perusahaan serta manajemennya. Sebaiknya perusahaan memiliki risiko utang berbunga kurang dari 100% dan memiliki potensi kuat untuk membayar hutang berbunga tersebut dengan interest coverage ratio lebih dari atau sama dengan 1,5 x.

REKOMENDASI »  5 Rahasia Usaha Jajanan Anak Muda Laris Manis di Pasaran

Saham Murah Prospek Bagus

Lalu rekomendasi saham mana saja yang murah namun memiliki prospek bagus? Ada beberapa pilihan perusahaan yang dapat dijadikan tujuan investasi di tahun 2021 ini. Berikut adalah beberapa pilihan saham murah fundamental bagus:

1.  ADHI

Pilihan pertama adalah saham ADHI yang pada awal tahun 2021 lalu nilainya sempat anjlok. Namun, ADHI sendiri memiliki fundamental yang bagus. Seiring dengan membaiknya perekonomian, nilai saham ADHI diprediksi akan punya prospek yang bagus.

2. SRIL

Berikutnya ada perusahaan yang bergerak di bidang tekstil yaitu PT Sri Rejeki Isman Tbk. Perusahaan ini memiliki kode saham SRIL dan tercatat di tahun 2020 lalu performanya sempat menurun. Saat ini pergerakan SRIL tampaknya semakin membaik dan bisa jadi kesempatan bagus untuk mulai berinvestasi di sini.

3. ELSA

PT Elnusa Tbk dengan kode saham ELSA juga dapat dijadikan pilihan. Perusahan ini bergerak di bidang minyak dan gas bumi, bisa dikatakan fundamentalnya bagus. Pada tahun 2020 lalu nilai saham ELSA sempat menurun, namun tercatat dalam 5 tahun terakhir balance sheet dari saham ini cenderung meningkat.

REKOMENDASI »  Biaya Administrasi Bank Termurah yang Ada di Indonesia

4. UNTR

Berikutnya ada UNTR milik PT United Tractors Tbk. Perusahaan ini juga punya fundamental yang bagus dan prospeknya sangat meyakinkan. Dari data income statement yang dimiliki UNTR, nilainya cenderung naik meskipun tahun lalu mengalami penurunan akibat pandemi.

5. ADRO

Prospek nilai saham yang cerah juga ditunjukkan oleh ADRO. Saham ini milik PT Adaro Energy Tbk yang beroperasi di bidang tambang batu bara. Data income statement ADRO selama 5 tahun terakhir menunjukkan pertumbuhan yang tergolong bagus. Meskipun memang fluktuatif karena pengaruh harga batu bara.

Itulah 5 tips efektif mencari saham murah fundamental bagus serta rekomendasi yang bisa dipilih. Tak selalu mahal, saham murah pun bisa memberikan keuntungan yang memuaskan. Sebelum mulai bermain saham, alangkah baiknya jika mempelajari lebih detail ilmu saham dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *