Keuntungan Reksadana Akan Didapatkan oleh Para Investor (kumparan.com)
Keuntungan Reksadana Akan Didapatkan oleh Para Investor (kumparan.com)

Keuntungan Reksadana Akan Didapatkan oleh Para Investor

Keuntungan reksadana yang dapat Anda terima sebagai investor. Investasi merupakan proses menanamkan modal, tentunya lebih dari sekadar menabung. Harapannya uang tersebut dapat bertumbuh dalam jangka waktu panjang.

Meskipun memberikan imbalan hasilnya yang menarik. Namun terkadang investasi juga memiliki risikonya. Oleh karena itu, sebagai investor perlu memahami karakter investasinya.

Investasi reksadana yang saat ini banyak diminati masyarakat. Reksadana ini merupakan program investasi yang menghimpun dana dari sejumlah investor. Untuk melakukan investasinya pada instrumen finansial. Seperti halnya saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Inilah Beberapa Keuntungan Reksadana

Investasi reksadana adalah pilihan terbaik untuk para investor. Untuk itu ketahui beberapa keuntungan investasi tersebut berikut ini.

Keuntungan Tinggi

Investasi ini akan memberikan keuntungannya sampai 20% per tahun secara rata-rata. Hal ini merupakan hasil dari salah satunya oleh reksadana saham. Tingginya keuntungan ini memberikan kesempatan kepada investornya. Untuk menggunakan reksadana saham sebagai instrumennya dalam mempersiapkan dana pendidikan dan dana pensiun. Hal itu karena rentang waktunya jangka panjang.

Mudah Dikelola

Apabila Anda merasa belum memahami dunia investasi dan pasar modal. Maka reksadana tentunya cocok untuk Anda pilih. Keterbatasan pengetahuan dan ketiadaan waktunya untuk melakukan analisis investasi. Tentunya tidak lagi menjadi kendala oleh calon investor.

Dalam reksadana, pengelolaan sepenuhnya akan dilakukan Manajer Investasi. Namun yang sudah memiliki pengalaman dan memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengelolaan yang sudah berpengalaman dalam hal portofolio investasi.

Nantinya setiap hari atau setiap bulannya, Manajer Investasi akan mengirimkan laporannya. Laporan mengenai perkembangan investasi yang dijalankan. Sehingga Anda dapat mengetahui  seberapa besar keuntungan reksadana yang didapatkan.

Anda sebagai investor nantinya dapat menilai dan membandingkan kinerjanya. Kinerja antara Manajer Investasi Anda dengan Manajer Investasi lainnya secara transparan.

REKOMENDASI »  Ini Cara Menghitung THR Karyawan Tetap secara Akurat

Mengenai biayanya kamu tidak perlu khawatir. Hal itu karena sifat reksadana merupakan kumpulan investor. Fee bagi Manajer Investasi dari semua investor yang dananya dikelola. Sehingga fee yang dibayarkan investornya menjadi lebih terjangkau.

Diversifikasi Resiko

Reksadana memberikan diversifikasi resiko. Hal itu karena uang investor menyebar ke berbagai instrumen. Sehingga apabila terjadi resiko tidak semuanya mengalami penurunan nilainya secara bersamaan. Seperti halnya reksadana saham tidak menempatkan dalam 1 saham saja. Namun membagi investasinya ke berbagai saham.

Untuk menghindari penurunan nilai investasinya hanya karena 1 harga saham turun. Diversifikasi ini sulit dilakukan bagi seorang investor individual. Kemungkinan karena terbatasnya dana investasi. Pada reksadana, dana yang dikelola merupakan kumpulan dari berbagai investor. Sehingga diverifikasi resikonya dapat dilakukan secara optimal.

Modal Kecil dengan Untung Maksimal

Keuntungan reksadana lainnya adalah modal investasi yang kecil. Sehingga dapat menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Anda juga dapat memulai investasi reksadana hanya dengan Rp 100.000,00. Namun jangan berpikir modal kecil artinya memiliki untung yang kecil.

Melalui reksadana, Anda dapat memiliki saham unggulan berharga tinggi. Dengan modalnya yang tidak terlalu besar. Selain itu, rata-rata investasinya dapat memberikan keuntungan hingga 20 persen dalam setahun.

Beli Jual Online

Trend platform reksadana saat ini dengan cara online. Transaksinya hanya cukup dilakukan melalui website. Selain mempermudah, platform online ini menjadikan biaya transaksinya yang lebih murah. Bahkan juga dapat monitoring lebih mudah. Beberapa platform online, juga ada yang menggratiskan biaya investasi reksadana.

Kini Anda dapat mengetahui beberapa keuntungan reksadana. Memilih investasi reksadana dapat memberikan imbalan hasilnya yang lebih menarik.

DAFTAR ISI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *