urutan logam mulia

Masih Bingung Pilih Investasi Apa? Ketahui 5 Urutan Logam Mulia Termahal Ini

Berinvestasi dengan mengumpulkan logam mulia memang sangat menari . Tetapi, sebaiknya juga mengetahui urutan logam mulia dari yang termahal agar tak salah pilih. Investasi logam yang paling populer adalah emas. Padahal masih banyak lagi jenis logam yang bisa diinvestasikan. Berikut urutan logam dengan harga jual yang paling mahal:

1. Rhodium

Urutan logam mulia termahal pertama adalah rhodium. Logam ini ditawarkan dengan harga mahal karena memang sulit ditemukan di pasaran. Rhodium memang cukup asing didengar, tetapi logam ini juga sering dijadikan sebagai material pembuat perhiasan berkelas.

Pada umumnya perhiasan yang menggunakan rhodium ditujukan agar perhiasan yang dihasilkan nantinya lebih tahan gores. Selain itu rhodium juga lebih tahan terhadap karat dan terlihat lebih berkilau dibandingkan logam lainnya.

Adapun harga jual dari rhodium yaitu sekitar Rp15 juta per gram. Karena harganya yang mahal maka memiliki logam ini bisa menunjukkan status sosial seseorang.

REKOMENDASI »  Kelebihan Informa Kursi Kantor yang Wajib Anda Ketahui

2. Platinum

Urutan termahal berikutnya yaitu platinum. Logam ini pasti sudah tidak asing lagi bagi yang sering membeli perhiasan. Dibandingkan dengan jenis logam lainnya, platinum memiliki daya tahan yang sangat kuat. Selain digunakan untuk perhiasan platinum juga sering dimanfaatkan untuk kebutuhan medis khususnya di bidang kedokteran gigi.

Platinum ditawarkan mulai dari harga Rp500 ribuan untuk setiap gramnya. Harga ini tentunya lebih mahal jika dibandingkan dengan emas. Berbeda dengan logam lainnya platinum memiliki bobot yang cenderung lebih berat.

3. Emas

Kalau yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi didengar, yaitu emas. Mulai dari investasi perhiasan hingga berbagai produk kecantikan saat ini banyak menggunakan emas sebagai bahan pencampurnya. Hingga saat ini emas menjadi salah satu pilihan investasi yang paling banyak diminati.

Wajar saja investasi emas bisa dimulai dengan modal yang sangat murah yaitu dengan membeli emas seberat 1 gram saja. Harga jual dari emas sendiri yaitu mulai dari Rp400 ribuan. Semakin tinggi tingkat kemurniannya, maka akan semakin mahal pula harganya.

REKOMENDASI »  5 Langkah Efektif Memulai Bisnis Kopi Kekinian

Meskipun demikian, emas menjadi salah satu logam yang paling diminati untuk berinvestasi. Hal ini dikarenakan harga emas yang cenderung jarang mengalami fluktuasi dan lebih sering naik setiap tahun. Jadi berinvestasi dengan emas cukup menjanjikan keuntungan ya karena harga emas dipastikan akan terus naik.

4. Rutenium

Urutan termahal dari jenis logam berikutnya yaitu ruthenium. Ruthenium lebih sering digunakan pada peralatan elektronik karena mampu menghantarkan panas dan listrik dengan baik. Selain itu ruthenium juga sering digunakan sebagai bahan pencampur karena sifatnya yang dapat mengeraskan berbagai material.

Ruthenium juga tak jarang dibuat sebagai perhiasan. Hanya saja perhiasan yang terbuat dari ruthenium memiliki kadar yang sangat rendah karena ruthenium dengan tingkat kemurnian yang tinggi bisa merusak kulit manusia. Harga jualnya hanya Rp50 ribu per gram.

REKOMENDASI »  Ingin Buka Usaha Warung Kopi Sachet? Perlu Perhatikan Beberapa Tips Berikut agar Usaha Berjalan Lancar  

5. Iridium

Iridium lebih dikenal sebagai logam yang memiliki tingkat kepadatan sangat tinggi. Logam ini sempat melonjak harganya hingga Rp800 ribu per gram di saat investasi bitcoin meningkat. Namun, harga iridium kini sudah kembali normal dengan harga jual Rp400 ribu per gram. Karena tingkat kepadatannya yang sangat kokoh,

Iridium juga banyak digunakan sebagai spare part kendaraan bermotor dengan nama dagang busi. Selain dimanfaatkan di industri otomotif, iridium juga pada umumnya dijadikan sebagai material pembuat jam tangan.

Itulah 5 urutan logam mulia termahal di dunia. Selain digunakan sebagai instrumen investasi, kelima logam tersebut juga ternyata bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Bagi yang ingin berinvestasi, pastikan pilih jenis logam yang memiliki prospek bagus untuk beberapa tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *