Pengertian AC 1 PK, Jenis-Jenis dan Cara Menghitungnya (LG)
Pengertian AC 1 PK, Jenis-Jenis dan Cara Menghitungnya (LG)

Pengertian AC 1 PK, Jenis-Jenis dan Cara Menghitungnya

Air Conditioner atau sering disebut dengan AC merupakan salah satu teknologi modern yang dibutuhkan manusia untuk sebuah ruangan. Dalam teknologi ini, ada beberapa istilah yang penting dan sering terdengar bagi awam, yaitu istilah AC 1 PK.

Dengan berbagai perkembangan industri yang semakin meningkat, sangat mungkin untuk mempengaruhi kualitas udara di sebuah daerah. Hal ini tentu menghilangkan kenyamanan manusia untuk melangsungkan kehidupan yang lebih baik. Sebagai contoh beberapa kota besar di daerah Indonesia terkenal dengan cuaca yang panas dan minim oksigen, karena terlalu padatnya penduduk dan industri.

Oleh karena itu, AC hadir untuk memberi solusi dengan teknologinya yang mampu memberikan kepada sebuah ruangan udara yang lembab dan bisa diatur. Teknologi ini sangat membantu di perumahan, perkantoran bahkan hingga gedung dan hotel berbintang.

Melihat pentingnya teknologi ini, ada beberapa istilah yang bisa mengelompokkan jenis AC sesuai kebutuhan pemakainya. Hal ini menjadi penting, karena tidak akan sama Ac yang digunakan dalam sebuah kamar pribadi dengan kamar hotel berbintang.

REKOMENDASI »  Broker Forex Terbaik, Baik Digunakan Untuk Semua Kalangan Trader

Biasanya AC  1 PK digunakan Untuk kelas menengah kebawah yang hanya mampu mengatur suhu dalam beberapa meter persegi saja. Untuk lebih detailnya, Artikel ini akan menjabarkan secara khusus dengan bahasa yang mudah dipahami tentunya.

Mengenal Istilah AC 1 PK, Berbagai Jenis dan Cara Mengenalinya

Ketika Anda belum mempunyai pengalaman dalam dunia AC padahal sudah waktunya membutuhkan, Anda tentu harus mencari tau di berbagai media. Artikel ini mungkin akan memberikan jawaban sesuai yang Anda butuhkan dan cari. Yuk simak dengan baik.

Mengenal Istilah PK (Paard Kracht)

Paard Kracht dalam bahasa Indonesia mempunyai arti daya kuda. Istilah secara umum biasa digunakan untuk mengukur daya tegang dan kemampuan sebuah AC. Paard Kracht adalah besaran tenaga maupun tegangan AC yang dibutuhkan untuk mendinginkan sebuah ruangan. Paard Kracht ini juga merupakan patokan yang biasa digunakan orang dengan besar tegangan listrik yang dimiliki sebuah rumah.

REKOMENDASI »  Wah, Ide Snack Kering Serba Goreng Untuk Jualan Ini Menarik Dicoba, Lho!

JenisJenis Paard Kracht Air Conditioner (AC)

Paard kracht AC memiliki beberapa jenis yang bervariasi sesuai dengan tegangan dan kapasitas masing masing. Secara umum, ada 5 jenis berbeda yang biasa digunakan dalam ruangan. Untuk uraian lebih lengkapnya, simak di bawah ini.

  • Pertama AC 2 Paard Kracht : 18000 Btu/h digunakan untuk ruangan seluas 36m persegi
  • Kedua AC 1.5 PK: 12.000 Btu/h untuk ruangan 24m persegi.
  • Ketiga AC 1 PK: 9.000Btu/h untuk sebuah ruangan seluas 18m persegi.
  • Keempat AC 0,75 PK: 7.000 Btu/h untuk ruangan seluas 14m persegi.
  • Kelima AC 0,5 PK :5.000 Btu/h untuk ruangan seluas 10 m persegi

Dari beberapa jenis ini, memang bisa keluar dari peraturan ini. Sebagai contoh, AC 2 PK bisa saja mendinginkan ruangan seluas 36m persegi, namun akan memakan waktu lebih lama dari normalnya. Karena standar perhitungan waktu dalam hal ini adalah 1 jam AC berjalan.

REKOMENDASI »  Ikuti 6 Cara Buka Rekening Permata Bank Secara Online dari Rumah

Kaitan Paard Kracht (PK) Dengan Satuan Watt

AC tidak bisa lepas kaitannya dengan kapasitas besaran listrik dalam sebuah rumah. Oleh karena itu, sebelum memasang AC dan menentukan PK AC juga harus mempertimbanhkan listrik yang tersedia. Berikut adalah daftar besaran PK sesuai dengan besaran watt. AC 0,5 PK biasa memakan daya 400 watt, AC 0,75 PK memakan daya 600 watt, dan yang terakhir adalah AC 1 PK memakan 840 watt.

Memasang AC memang akan diserahkan kepada teknisi dan ahlinya. Namun alangkah baiknya, jika pembeli memahami seluk beluknya terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar hasil yang didapatkan pun maksimal dan terhindar dari kelicikan penjual maupun teknisi yang berniat jahat.

Pencarian Popular

ac 1 pk language:id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *