Cari Tahu Arti Server, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya (ionos.com)
Cari Tahu Arti Server, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya (ionos.com)

Cari Tahu Arti Server, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

Kata server mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Namun apa Anda tahu arti server itu? Karena itu, ada baiknya Anda mempelajari lebih dalam lagi tentang server. Dengan begitu, Anda bisa memahami apa yang disebut dengan server tersebut.

Agar Anda bisa lebih mengerti mengenai pengertian dari server, kami sudah menyiapkan beberapa informasi yang mungkin bisa membantu Anda. Anda akan mengetahui apa arti, jenis fungsi dan manfaatnya. Daripada penasaran, maka perhatikan baik-baik informasi yang akan kami berikan ini.

Apa Arti Server, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

Server adalah sebuah perangkat yang ada di dalam komputer yang di bekali dengan software atau hardware khusus. Dengan komponen tersebut, komputer tersebut bisa mengelola komputer lain yang ada dalam satu jaringan.

Karena kemampuan tersebut, server bisa mengontrol sumber daya, memberikan layanan, mengatur laju data, bahkan bisa mengaktifkan salah satu program jaringan. Dalam software, server digunakan untuk sistem operasi khusus. Sedangkan untuk hardware, server harus disertai dengan spesifikasi perangkat yang mumpuni.

Manfaat Server

Lalu apa manfaat server untuk Anda? Apa saja manfaat yang bisa diperoleh Anda? Untuk mengetahui hal tersebut, kami akan memberikan berbagai manfaatnya untuk Anda. Simak baik-baik apa saja manfaatnya.

Keamanan Data Terjamin

Data yang terpusat, sehingga Anda bisa melakukan pencadangan dan pemulihan dengan lebih mudah. Selain itu, server juga memberikan keamanan fisik maupun digital yang jelas mumpuni karena itu, Anda bisa terhindar dari berbagai virus dan pencurian data.

Hemat Biaya

Dengan menggunakan server, Anda bisa menekan biaya pengeluaran. Dengan menggunakan server bisa menghemat sumber daya, artinya Anda bisa berbagi data dengan mudah, tanpa harus membelinya.

REKOMENDASI »  Apa itu RAM pada smartphone dan apa fungsinya?

Mudah Dalam Kolaborasi

Dengan menggunakan server, Anda bisa dengan mudah memperoleh kemudahan untuk mengakses data melalui perangkat apapun. Ini berarti server juga bisa berguna untuk meningkatkan produktivitas Anda. Tentunya praktek ini aman, datanya bisa dijaga dengan baik, dan tidak bisa diperoleh oleh pengguna tertentu.

Meningkatkan Reliabilitas

Dengan menggunakan server, data akan terpusat sehingga komputer memiliki komponen yang lebih baik sehingga memiliki reliabilitas yang tinggi.

Jenis Server dan Fungsinya

Ada berbagai jenis driver yang perlu Anda ketahui. Untuk mengetahui lebih lanjut, sebaiknya Anda memahami penjelasan dibawah ini.

File Servers

Server ini bertindak seperti pusat file seperti dokumen, foto maupun gambar, hingga video. Seluruh data tersebut bisa di akses melalui satu jaringan. Server seperti ini banyak di gunakan di sekolah-sekolah.

Application Servers

Server ini digunakan untuk menjalankan berbagai desain khusus untuk memasang, menjalankan, hingga menjalankan sebuah aplikasi. Dengan ini Anda tidak perlu menjalankan aplikasi menggunakan seluruh perangkat.

Proxy Servers

Arti server adalah sebagai gerbang, gerbang yang menghubungkan antara Anda dengan web server lainya. Jadi ketika membuka sebuah website, maka Anda masuk ke web server yang harus melalui proxy servers terlebih dahulu.

Mail Servers

Merupakan sebuah perangkat komputer yang dibekali sebuah perangkat khusus sehingga bisa mengatur akun email menggunakan ekstensi domain.

Web Servers

Merupakan jenis komputer yang digunakan untuk menyimpan data khusus website. Biasanya meliputi html, gambar, video, hingga CSS. Seluruh datanya bisa didapatkan oleh pengguna yang mengakses melalui website.

Itulah, arti server, jenis, fungsi dan manfaatnya. Dengan mengetahui hal tersebut, kami harap Anda mengerti tentang apa yang dimaksud server.

DAFTAR ISI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *