bisnis ikan hias guppy

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Ikan Hias Guppy yang Menjanjikan

Popularitas ikan hias di tengah pandemi ini semakin meroket. Salah satunya adalah jenis ikan hias guppy yang berukuran mungil namun punya bentuk indah. Bisnis ikan hias guppy pun jadi memberikan peluang besar bagi banyak orang. Tertarik untuk memulainya? Berikut adalah 5 tips sukses yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis ikan guppy:

1. Kalkulasi Modal

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan perhitungan atau kalkulasi modal terlebih dahulu. Agar tak salah perhitungan dan rugi di kemudian hari, pastikan penggunaan modal benar-benar tepat sasaran. Catat dulu berapa banyak uang tersedia untuk memulai usaha ini. Lalu, lakukan survey ke berbagai sumber untuk mengetahui besaran biaya memulai bisnis.

Dalam tahap kalkulasi ini, perhitungkan juga nilai keuntungan yang mungkin akan didapat. Cari tahu harga pasaran ikan hias guppy ini dan berapa target keuntungan yang akan diperoleh. Ini penting sebagai motivasi saat melakukan promosi supaya bisa memenuhi target dan balik modal.

REKOMENDASI »  Resiko Nabung Saham yang Penting Dipahami para Calon Investor!

2. Pilih Indukan yang Bagus

Saat memulai bisnis ikan ini maka penting sekali untuk membuat rencana pembiakan yang matang. Pilihlah ikan guppy indukan yang bagus, entah itu ikan jantan maupun betina. Untuk jenis ikan guppy betina, perhatikan ciri-cirinya yaitu memiliki bentuk badan cenderung bulat dan warnanya kusam.

Sementara itu untuk indukan jantan memiliki bentuk badan cenderung langsing dengan warna yang lebih cerah. Supaya menghasilkan anakan yang unggul maka pilih indukan yang berkualitas dan minimal berusia 4 bulan. Pilih indukan yang badannya sehat dan mulus. Perlu diketahui bahwa indikator keberhasilan dalam budidaya ikan hias ini adalah kualitas dari indukan jantannya.

3. Sediakan Media yang Tepat

Saat akan memulai bisnis ikan hias guppy, pastikan untuk menyediakan media yang tepat. Pilih media hidup ikan yang sesuai dengan habitat tumbuhnya. Sebenarnya ada empat media berbeda yang dibutuhkan untuk memperlancar proses budidaya ini. Media tersebut adalah akuarium, ember plastik, aerator, serta tanaman air.

REKOMENDASI »  Cara Memulai Usaha Ternak Lele dari Segi Budidaya

Keempat wadah yang berbeda ini nantinya akan difungsikan untuk lokasi yang berbeda yaitu tempat pemisahan indukan, pemijahan, penetasan, serta pendederan. Lengkapi juga media ini dengan perlengkapan lain yang nantinya mendukung pembiakan ikan guppy. Bagi pemula, penting sekali untuk memahami apa saja perlengkapan yang dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan kalkulasi.

4. Pahami Cara Perawatan

Selanjutnya pahami seperti apa cara perawatan ikan hias ini. Hal ini penting sekali untuk dipahami agar tak rugi di tengah jalan. Sudah beli banyak ikan guppy tapi malah sebagian besar mati sebelum dibeli oleh orang lain. Perlu diketahui bahwa ikan guppy ini senang hidup di lingkungan yang bersih. Oleh sebab itu bersihkan air tempat hidup ikan secara teratur dan berikan jenis makanan yang higienis.

Poin penting lainnya yang juga harus diingat adalah jangan mencampurkan ikan jantan dan betina dalam satu wadah. Pisahkan ikan jantan dan betina karena jika dicampur akan mengganggu pertumbuhan. Masukkan kedua jenis ikan ini dalam wadah yang sama apabila sudah tiba waktunya untuk pembiakkan.

REKOMENDASI »  Saham Murah Fundamental Bagus dan Tips Mendapatkannya

5. Promosikan Lewat Media Sosial

Kunci sukses usaha adalah kecerdikan dalam melakukan promosi. Di zaman serba canggih seperti sekarang, jangan sampai tidak memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis ini. Promosikan ikan-ikan guppy yang dijual lewat media sosial. Gunakan media akuarium yang cantik dan tampilkan keindahan ikan-ikan guppy tersebut untuk menarik perhatian.

Itulah 5 tips memulai bisnis ikan hias guppy. Ikan hias ini memang menarik perhatian tak hanya anak-anak tapi juga orang dewasa. Keindahan ikan guppy membuat banyak orang ingin memilikinya dan kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk meraup lebih banyak keuntungan dalam berbisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *