bisnis kopi kekinian

5 Langkah Efektif Memulai Bisnis Kopi Kekinian

Ragam pilihan bisnis terbuka dan siap menjadi sumber keuntungan. Salah satunya adalah bisnis kopi kekinian yang semakin banyak diminati oleh anak muda. Peluang bisnis yang satu ini juga cukup menjanjikan karena memang antusias masyarakat terhadap kopi tak pernah padam. Berikut adalah 5 langkah efektif untuk memulai bisnis kopi yang kekinian:

1. Siapkan Modal

Langkah pertama tentu saja adalah mempersiapkan modal bisnis. Setiap jenis bisnis baru bisa dimulai jika ada modalnya. Sebenarnya nilai modal ini akan sangat bervariasi dan penting sekali untuk melakukan survey terlebih dahulu. Riset sangatlah penting dilakukan saat merencanakan suatu bisnis.

Cari tahu dari berbagai sumber berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kopi. Lakukan juga riset mengenai biaya sewa tempat, modal peralatan bisnis, dan lain sebagainya. Jika sudah ada data-datanya maka langsung lakukan perhitungan. Sebisa mungkin rencanakan penggunaan modal secara optimal agar bisnis bisa berjalan lancar.

REKOMENDASI »  Istilah Akad Tijarah Dalam Asuransi Syariah Beserta Keunggulannya

2. Tentukan Konsep

Selanjutnya segera tentukan konsep bisnis kopi yang akan dijalankan. Jika merasa bingung, cari inspirasi bisnis-bisnis kopi yang sudah ada. Agar lebih menarik, coba ciptakan konsep bisnis yang unik dan sesuai dengan tren masa kini. Contohnya saat ini banyak diminati bisnis kedai kopi yang lokasinya kekinian dan Instagramable.

Saat merencanakan konsep bisnis ini cobalah untuk menentukan menu apa saja yang akan dijual. Produk kopi seperti apa saja yang ingin dihadirkan lewat bisnis tersebut. Penentuan konsep dan menu ini juga membutuhkan riset terlebih dahulu. Tak ada salahnya untuk mengunjungi berbagai kedai kopi atau membeli kopi dari beberapa tempat sebagai inspirasi.

3. Pilih Lokasi yang Tepat

Agar bisnis kopi kekinian yang akan dijalankan ini bisa mendapat banyak pelanggan maka pilihlah lokasi yang tepat. Ambil lokasi bisnis yang strategis dan sekiranya cocok dengan modal yang tersedia. Jika ingin menyewa tempat, cari tahu berapa besar biaya sewa dan apa saja ketentuan sewanya.

REKOMENDASI »  Begini Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang, Mudah dan Lebih Cepat

Apabila dibutuhkan renovasi lokasi bisnis maka lakukan perencanaan yang matang. Di zaman sekarang ini bisnis kopi lebih banyak diminati jika menyediakan tempat dine in dengan suasana yang menyenangkan. Alokasikan sebagian modal untuk membuat kedai kopi yang nyaman dan menarik sehingga akan mendatangkan banyak pelanggan.

4. Tentukan Supplier

Tak hanya bisnis kopi, bisnis apapun yang membutuhkan bahan baku sudah pasti harus mencari supplier yang tepat. Lakukan riset untuk menemukan supplier bahan-bahan yang berkualitas. Jika bisnis yang akan dijalankan adalah bisnis kopi maka cari supplier yang menyediakan biji kopi dengan kualitas terbaik.

Pencarian supplier ini mungkin akan terasa sulit terutama bagi pemula. Sangat disarankan untuk meminta bantuan teman yang sudah berpengalaman terlebih dahulu. Kunjungi beberapa supplier agar bisa membandingkan dan menemukan mana yang terbaik.

REKOMENDASI »  Pilihan Pertanggungan Kesehatan Asuransi Tokio Marine Indonesia

5. Rencanakan Strategi Promosi

Jika semua sudah siap maka langsung rencanakan strategi promosi. Poin yang satu ini juga sangat penting untuk dilakukan. Susun cara promosi seperti apa yang akan dilakukan agar bisnis kopi berjalan lancar dan mendapat banyak pelanggan. Gunakan strategi digital marketing dan memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan informasi mengenai bisnis kopi tersebut.

Itulah 5 langkah memulai bisnis kopi kekinian. Perlu dicatat bahwa saat ini persaingan bisnis kopi semakin ketat. Jika ingin bertahan dan sukses di bidang bisnis ini maka harus terus berinovasi. Hadirkan produk kopi terbaru yang tak bisa ditemukan di tempat lain sehingga bisa mendapatkan lebih banyak konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *