kiat sukses usaha dagang

7 Kiat Sukses Usaha Dagang yang Mudah, Dijamin Sukses

Dagang menjadi salah satu jenis bisnis yang paling banyak dilakukan di kalangan masyarakat. Hanya saja banyak diantaranya yang berhenti di tengah jalan hanya karena kurang laris atau tidak menunjukan perkembangan yang berarti. Padahal dibanding langsung berhenti, ada baiknya untuk mencari tahu hal apa saja yang menjadi kiat sukses usaha dagang.

1. Menentukan Ide dan Bertekad

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan sebuah ide, produk atau jasa apa yang ingin dijadikan sebagai bisnis. Setelah didapatkan ide pastikan untuk mulai merencanakan semuanya dengan baik. Selain ide, hal lainnya yang juga harus dibangun dan dikembangkan adalah tekad dan kemauan. Jangan sampai menyerah di tengah jalan hanya karena belum ada perkembangan.

2. Membangun Nama Baik

Ini merupakan hal yang tidak boleh dianggap remeh, namun beberapa orang masih saja melupakannya. Padahal nama merupakan modal yang sangat penting dalam membuat sebuah usaha. Terutama di sektor dagang seperti ini. Jadi pastikan untuk membangun nama baik dengan menjaga semua kualitas yang dimiliki, dan ingat ini tidak hanya jangka pendek saja.

REKOMENDASI »  Masih Bingung Pilih Investasi Apa? Ketahui 5 Urutan Logam Mulia Termahal Ini

3. Memberikan Harga yang Bersahabat

Kiat sukses usaha dagang yang dinilai paling tepat untuk dipakai adalah memberikan harga yang tidak terlalu mahal. Karena percaya atau tidak, konsumen rela berjalan lebih jauh dari lokasi rumahnya hanya untuk mendapatkan harga yang murah. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk menetapkan harga yang sedikit lebih murah, namun jangan terlalu rendah.

4. Melakukan Analisis Pasar

Bisa dikatakan kalau ini berhubungan dengan pembahasan sebelumnya yakni memberikan harga murah, namun tidak terlalu murah. Untuk melakukan hal tersebut tentunya dibutuhkan sebuah analisis, dan dinamakan analisis pasar. Gunanya melakukan pengamatan ini adalah menentukan harga, menentukan kondisi persaingan, dsb. Jadi dalam membuat sebuah keputusan untuk bisnis ini menjadi lebih mudah.

5. Menentukan Tujuan, dan Fokus

Setelah melakukan analisis pasar, maka sekarang saatnya untuk menentukan hal apa yang menjadi tujuan. Ini tidak boleh dilewatkan karena kalau tidak memiliki tujuan, maka kemungkinan usaha akan melenceng kemana-mana. Jadinya pengusaha tidak fokus dan cenderung melakukan hal lainnya yang tidak berguna. Oleh sebab itu di awal tentukanlah tujuan yang diinginkan, dan kemudian fokus.

REKOMENDASI »  5 Manfaat Reksa Dana Yang Bisa Jadi Nilai Tambah Dalam Memilih Bentuk Investasi

6. Menguasai Pasar

Alasan mengapa menentukan ide haruslah sesuai dengan kemampuan supaya pengusaha bisa menguasainya. Dengan begitu tidak hanya ide saja yang bisa dilaksanakan dengan baik, tapi juga pasar yang menjadi target utama bisnis ini. Apabila sudah bisa menguasai pasar, maka tidak akan sulit untuk memulai mengembangkan usaha yang dimiliki.

7. Bekerja Secara Cerdas

Untuk menjadi sukse, bekerja keras saja tidak cukup harus diimbangi juga dengan kerja cerdas. Hal ini diartikan sebagai seseorang yang mampu memperhitungkan semua langkah yang diambilnya dengan baik. Dari mulai resiko yang mungkin dihadapi, melihat kesempatan ataupun peluang yang bisa diambil, juga mengurangi keluhan dan lebih mengedepankan aksi saat melakukan bisnisnya.

REKOMENDASI »  5 Jenis Bisnis Pelajar Modal 10k yang Menjanjikan

Sebenarnya kiat sukses usaha dagang ini dimulai dalam diri pengusahanya, bukan bersumber dari paksaan ataupun pengaruh dari dunia luar. Kalaupun ada pengaruh dari luar, maka yang diambil haruslah yang baiknya saja. Sebab dagang itu bukan usaha satu atau dua orang, melainkan sudah banyak yang melakukannya jadi pasti saingan tidak sedikit.

Untuk menghadapi persaingan tersebut, pedagang harus mampu menonjol dibandingkan yang lainnya. Oleh sebab itu ada baiknya untuk mengikuti semua kiat sukses usaha dagang yang sudah disebutkan di atas. Dengan begitu pedagang bisa mendapatkan kesuksesan sesuai dengan keinginannya dengan perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *