cara jualan di amazon

Cara Jualan di Amazon Bagi yang Baru Memulai

Amazon adalah situs jualan yang paling besar di dunia. Pengguna situs ini ada di seluruh dunia dengan banyak jenis barang yang diperdagangkan. Karena banyaknya pengguna ini, Amazon dinilai sebagai pasar strategis untuk berjualan secara online di masa sekarang. Cara jualan di Amazon juga mudah, sehingga banyak orang yang tertarik.

Jenis barang yang dijual di situs ini juga bebas asal bukan barang yang dilarang. Tidak hanya produk baru, penjual juga bisa memasarkan produk bekas yang sekiranya masih bisa digunakan atau dibeli oleh orang. Penasaran bagaimana cara memasarkan produk di Amazon? Simak caranya berikut ini:

1. Buka Situs Amazon dan Daftarkan Diri Sebagai Penjual

Langkah paling dasar agar bisa berjualan di Amazon adalah dengan masuk pada situsnya. Amazon bukanlah situs yang sulit ditemukan di Google. Jadi siapa pun tidak akan kesulitan dalam pencariannya yang hanya membutuhkan waktu singkat. Jika sudah masuk, maka perhatikan halaman utama situsnya.

Akan ada beberapa menu yang bisa dipilih. Pencet saja pada menu “Your Account” untuk masuk pada halaman akun yang sudah terdaftar. Jika belum mendaftar, ikuti saja langkah yang ada sampai selesai. Lalu masuk pada menu “Your Seller Account” yang dikhususkan untuk penjual yang akan menjual barangnya.

REKOMENDASI »  Cara Mendaftar Mitra Usaha Gojek untuk Pemilik Usaha

2. Pilih Jenis Barang dan Isi Biodata yang Diperlukan

Jika sudah masuk menu untuk berjualan, akan ada pilihan menu lain. Bagi yang baru memulai, pencet saja menu “Start Selling” dan pilih barang yang akan dijual. Amazon memberikan dua pilihan jenis barang. Pertama barang yang dijual tanpa biaya untuk iklan, yang kedua barang untuk penjual yang memiliki outlet sendiri.

Setelah melakukan pemilihan jenis produk, maka penjual baru diwajibkan mengisi data diri mengenai berbagai hal. Mulai dari nama lengkap atau nama toko, pembayaran, dan beberapa penjelasan lainnya. Pengisian ini dimaksudkan untuk memudahkan pembeli dalam menyelesaikan transaksi saat sudah membeli barang.

3. Selesaikan Proses Verifikasi dan Buat Sandi

Cara jualan di Amazon bisa dilanjutkan dengan memverifikasi nomor ponsel yang dimasukkan dalam situs. Tempat untuk memasukkan nomor sudah disediakan. Setelah itu akan ada panggilan masuk yang menyebutkan PIN dari pihak Amazon. Sematkan kombinasi angka tersebut dalam situs dan pencet “Register and Continue”.

REKOMENDASI »  Kegiatan Utama Bank Umum Ternyata Beragam, Apa Saja?

Prosesnya tidak berhenti sampai di situ, selanjutnya adalah menambah email dan membuat sandi. Pencet “Submit” untuk melanjutkan dan akan diarahkan ke menu lainnya. Email dan sandi yang sudah dibuat harus dimasukkan ulang agar bisa dicek oleh pihak Amazon. Pastikan membuat sandi yang sangat unik sehingga tidak ada yang menyamai.

4. Tentukan Barang dan Berikan Detailnya

Jika ingin menjual barang, maka harus mengisi berbagai data mengenai barang yang akan dijual. Hal pertama yang harus dipilih adalah kategori dari barang tersebut. Isi juga detail dari barang yang dijual. Misal, baru atau bekas, cacat yang ada di barang, atau detail lainnya. Pengisian kondisi barang agar pembeli tahu.

REKOMENDASI »  Mau Mengajukan Pinjaman Bank BPR Jaminan Sertifikat Rumah? Perhatikan Ini!

5. Tambahkan Harga dan Metode Bayar

Langkah terakhir adalah mengisi harga yang ditentukan dan metode bayar yang bisa dipilih pembeli. Pastikan juga untuk mengisi jumlah barang pada kolom yang disediakan. Hal ini harus sama dengan kondisi sebenarnya agar pembeli tahu ada berapa stok barang yang tersedia. Jika sudah, pencet saja “Submit Listing” untuk memasarkannya.

Itulah rangkaian cara jualan di Amazon dengan lima langkah mudah. Selain kemudahan proses pembuatan akun, Amazon juga sudah membantu memasarkan barang yang dijual ke seluruh dunia. Pastikan untuk menjual barang yang tepat dan tidak menyalahi hukum. Usahakan juga harga jual jangan sampai melebihi pesaing agar cepat laku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *