apa yang dimaksud bisnis startup

Apa yang Dimaksud Bisnis Startup dan Apa Saja Karakter-Karakter Utamanya? Simak Ulasannya di Sini

Istilah startup kerapkali dijumpai di berbagai daerah. Lantas, apa yang dimaksud bisnis startup? Startup sendiri sebenarnya bukan merupakan kata yang diambil dari bahasa Indonesia murni. Kata tersebut termasuk dalam kata serapan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Meski begitu, banyak orang yang belum memahami pengertian kata startup terutama di bidang bisnis. Sebagian orang mungkin hanya memahaminya sebagai sebutan untuk perusahaan yang baru merintis bisnisnya.

Nah, pada ulasan di bawah ini bakal dijelaskan mengenai pengertian mengenai startup. Ulasan ini juga akan menerangkan mengenai karakteristik yang membedakannya dengan bisnis-bisnis lain yang mungkin dianggap serupa. Dengan begitu, akan sangat jelas terlihat hal yang menjadi pembeda antara keduanya.

Pengertian Startup

Berbicara mengenai startup tentu sudah tidak asing lagi di telinga seseorang. Terlebih, bisnis ini seakan sudah menjamur di kalangan anak muda yang hendak merintis karirnya. Rata-rata, anak muda memilih bisnis atau pekerjaan di perusahaan startup ketika hendak memulai karirnya.

Startup termasuk dalam perusahaan yang punya rekam jejak belum cukup lama alias baru. Artinya, perusahaan tersebut masih bisa dibilang dalam kategori perusahaan rintisan. Perusahaan ini bisa saja masih dalam proses pengembangannya serta riset yang lebih lanjut.

Secara umum, karena terbilang awal perusahaan tersebut belum dikatakan menemukan pasarnya yang mumpuni. Untuk itu butuh development produk yang harus diimbangi dengan peninjauan secara berkelanjutan.

Lalu, apa yang dimaksud bisnis startup dan bedanya dengan bisnis yang terlihat serupa lainnya? Biasanya, startup cenderung mempergunakan teknologi dalam proses perkembangannya. Wajar, hal ini membuat banyak orang menganggapnya sebagai bisnis yang bergerak di bidang teknologi.

Perbedaan yang paling kentara dari bisnis startup dengan usaha kecil yakni usaha kecil cenderung fokus pada usahanya dengan market targeting yang tidak luas. Harapannya, usaha kecil tersebut bisa menjadi perusahaan yang lebih besar lagi dengan cara tersebut.

REKOMENDASI »  Cara Menghitung Average Down Saham agar Untung

Sedangkan pada startup biasanya memiliki aroma-aroma teknologi dalam proses berdirinya. Seperti halnya dengan penggunaan web, digital marketing dan sebagainya. Tak heran, apabila bisnis ini erat sekali dikaitkan dengan usaha di bidang teknologi. Lantaran, prosesnya pun memanfaatkan teknologi di dalamnya.

Karakteristiknya Dibandingkan Usaha Lain

Ada sejumlah karakter yang menjadi khas dari bisnis ini, sehingga tampak perbedaannya dengan usaha-usaha lain. Meski demikian, perlu diketahui bahwa sebenarnya startup juga tergolong dalam UKM yang dalam proses pengembangan. Berikut karakter startup, antara lain:

1. Usia Perusahaan

Ciri pertama dari perusahaan startup adalah usianya sejak mulai didirikan. Disebut sebagai startup karena usianya masih kurang dari tiga tahunan. Artinya, untuk pengembangan suatu produk tertentu waktu ini dirasa belum cukup mumpuni agar bisa dikatakan sebagai big company yang menaungi banyak pihak.

2. Pendapatan

Berikutnya yakni berkaitan dengan pendapatannya. Biasanya, dikategorikan sebagai startup jika penghasilannya kurang seratus ribu dollar dengan kurun waktu setahun. Tak menutup kemungkinan akan berkembang makin banyak atau justru kolaps karena makin berkurang.

3. Model Bisnisnya

Indikator berikutnya adalah model bisnis dari startup yang cenderung menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan market. Artinya, bisnis ini akan berusaha beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat akan suatu produk tertentu.

4. Teknologi Sebagai Andalan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bisnis startup memanfaatkan teknologi untuk bisa berkembang menjadi lebih baik. Teknologi digunakan sebagai tumpuan bersama  dengan elektronik yang mumpuni untuk mencapai target yang diinginkan.

5. Modalnya

Hal yang tak kalah penting untuk mengkategorikan suatu bisnis termasuk startup yakni modalnya. Modal yang digunakan juga tidak bisa paten dari satu sumber saja. Hal ini lantaran, tergantung dari pergerakan bisnis yang terjadi di pasar untuk menciptakan modal tersebut.

REKOMENDASI »  Reksa Dana VS Emas, Mana yang Lebih Menguntungkan

Itulah ulasan mengenai apa yang dimaksud bisnis startup serta karakter utamanya ketimbang usaha kecil lain. Dengan adanya penjelasan di atas, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih kompleks terkait bisnis tersebut. penjelasan tersebut juga bisa menjadi landasan untuk seseorang dalam melabelkan suatu perusahaan tergolong dalam kategori seperti apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *