usaha ternak yang menjanjikan di masa depan

Berikut Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan & Patut Dicoba!

Banyak usaha yang bisa dilakoni oleh seseorang. Seperti halnya dengan usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Usaha ini cukup banyak peminatnya, karena berpotensi punya memberikan keuntungan yang menarik.

Berbagai pilihan ternak pun bisa dipilih. Mulai dari yang bermodal kecil maupun besar. Meski biasanya, ternak identik dengan hewan berkaki empat. Namun, sebenarnya ada banyak pilihan ternak yang bisa dijadikan peluang usaha.

Tak cuma melulu sapi maupun kambing, ada ternak lain yang berpeluang besar dalam bisnis. Lalu, Ternak apakah yang cukup berpeluang besar di waktu mendatang? Apakah usaha ternak tersebut cukup bisa dilakukan oleh seorang pemula? Untuk penjelasannya, berikut:

1. Lele

Meski terbilang sepele, namun memiliki peluang yang besar mendatang adalah lele. Lele termasuk ikan air tawar yang sering dicari sebagai konsumsi. Bayangkan, setiap harinya ada puluhan bahkan ratusan pedagang olahan ini  di tiap penjuru kota.

Tentu saja hal tersebut menjadi peluang usaha yang cukup menarik. Ketersediaan lele tentu sangat dibutuhkan untuk dijual sebagai olahan di warung kecil hingga besar. Tak heran, ternak lele cukup menjanjikan.

Sedangkan bagi pemula, ternak lele terbilang mudah dijalankan. Mengingat, lele adalah ikan tahan banting. Jadi, tak butuh perawatan yang rumit. Dengan begitu, para pemula untuk bisa menernak ikan air tawar ini, tanpa harus kesulitan.

2. Ayam

Selain lele, ayam juga menjadi komoditas menarik untuk dijadikan usaha. Ayam yang merupakan jenis unggah banyak dijadikan berbagai olahan untuk dikonsumsi. Warung makan kecil hingga restoran besar sekalipun punya olahan dari bahan ayam.

Wajar, jika peternak hewan ini menjadi  pengusaha ternak berpeluang besar saat ini dan mendatang. Apalagi, ternak unggas jenis ini terbilang tidak sulit. Sayangnya, membutuhkan lahan yang cukup luas nan jauh dari perkampungan. Agar kotorannya tidak mengganggu warga sekitarnya.

REKOMENDASI »  Harga Terus Berkilau, Ini 5 Keuntungan Investasi Emas Antam yang Menggiurkan

Untuk pemula, ternak ayam bisa dilakoni dengan mudah. Hanya butuh ketelatenan serta tingkat perhatian yang baik dari seorang peternak pemula. Ditambah lagi dengan kebersihan menjadi kunci utama dalam kesuksesan menernak unggas jenis ini.

3. Kambing

Meski terlihat umum dan biasa saja, kambing patut dipertimbangkan ketika hendak memilih usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Hewan ini juga banyak peminatnya. Selain dijadikan sebagai olahan, kambing juga banyak dicari saat perayaan hari umat islam. Jadi, ternak kambing tentu punya peluang yang cukup besar.

Untuk pemula, ternak kambing bisa dipelajari secara otodidak. Mungkin awalnya, tak perlu membeli kambing langsung banyak. Bisa sedikit demi sedikit hingga akhirnya bisa beranak dengan baik. Kebutuhan pangan juga perlu dipertimbangkan oleh peternak pemula kambing. Agar mencapai keberhasilan yang maksimal.

4. Ikan Hias

Selain ikan lele, ikan hias juga punya peluang baik di masa depan. Banyaknya jenis ikan hias membuat jenis ini diminati oleh berbagai kalangan. Mulai dari kelompok tertentu hingga kaum biasa sekalipun. Selain itu, harga pasarannya juga cukup tinggi tergantung dari jenisnya.

Untuk itu, ternak ikan hias bisa dijadikan pilihan usaha tepat di masa depan. Apalagi, bagi pemula tentu usaha ternak ikan hias sangat menarik. Berburu ikan ke berbagai daerah menjadi salah satu keseruan jika melakukan ternak ikan hias. Belum lagi proses bertelurnya yang juga menyita perhatian, membuat para pemula sebaiknya berhati-hati ketika memutuskan ternak ini.

5. Udang

Rekomendasi berikutnya adalah udang. Sama seperti lele, udang banyak pula diternakkan untuk dikonsumsi. Ada berbagai tipe untuk dapat dikembang biakan baik itu tipe kecil hingga besar. Biasanya, untuk udang air tawar memakai jenis udang vaname.

REKOMENDASI »  Pelayanan Kantor Google di Indonesia Sebagai Perusahaan Berkembang

Udang itu cukup mudah diternakkan dan bisa dipanen saat usianya mencapai lima bulanan. Namun perlu diperhatikan, oksigen menjadi komponen penting pada ternak ini. Apabila  sirkulasinya lancar, udang jenis ini pun berpotensi besar berhasil.

Itulah contoh-contoh usaha ternak yang menjanjikan di masa depan. Mulai dari ikan, unggah hingga hewan berkaki empat. Meski terlihat sederhana dan sepele, namun jika ditekuni dengan baik maka usaha tersebut punya peluang yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *