usaha sampingan karyawan pabrik

5 Ide Usaha Sampingan Karyawan Pabrik yang Menguntungkan

Meskipun sudah memiliki pekerjaan, tetapi bukan berarti mendirikan usaha tidak penting dilakukan. Bagi karyawan pabrik, membangun usaha akan memberikan penghasilan tambahan. Itulah mengapa sebaiknya perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja usaha sampingan karyawan pabrik yang paling cocok dan menguntungkan. Bagi yang tertarik, ketahuilah 5 ide usaha ini yang pastinya akan membawa keuntungan meskipun sambil bekerja:

1. Menjual Pulsa

Ide usaha sampingan karyawan pabrik yang pertama yaitu menjual pulsa. Meskipun itu ini sangat sederhana tetapi cukup menguntungkan karena bisa dilakukan sambil bekerja di pabrik ataupun saat ada waktu luang. Menjual pulsa tidak harus memiliki toko atau counter terlebih dahulu.

Sebab, seseorang karyawan bisa sambil menjual pulsa ketika sedang bekerja di pabrik. Pasti ada suatu waktu dimana rekan kerja di pabrik membutuhkan pulsa dan disitulah peluang untuk mendapatkan keuntungan.

2. Jual Makanan Ringan

Masih hidup usaha yang bisa dilakukan sambil bekerja di pabrik yaitu menjual makanan ringan. Beberapa rekan kerja pasti ada yang merasa malas mencari makan di luar pabrik atau harus keluar ruangan dan ke kantin untuk mendapatkan makanan. Nah, hal ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk menjual makanan ringan seperti snack atau sarapan.

Untuk memulai usaha ini tidak perlu menyisihkan modal yang cukup besar. Sebagai langkah awal cobalah untuk membeli beberapa snack dan tawarkan kepada beberapa rekan kerja terdekat. Jika beberapa rekan kerja tersebut yang sudah mencoba produk tertarik untuk membeli kembali berarti artinya ada peluang yang lebih besar lagi untuk mengembangkan usaha kecil ini.

Jika sudah mendapatkan pelanggan tetap, artinya ada rekan kerja yang selalu membeli makanan yang dijual, jumlah produk yang dibawa ke pabrik untuk dijual bisa ditambah lebih banyak lagi. Semakin banyak rekan kerja yang tertarik dengan makanan ringan atau sarapan yang dijual maka akan semakin besar untung yang diperoleh.

REKOMENDASI »  7 Kiat Sukses Usaha Dagang yang Mudah, Dijamin Sukses

3. Menjual Produk Secara Online

Selain menjual makanan ide usaha lainnya untuk karyawan yaitu berbisnis online. Pekerja pabrik bisa menyetok barang dan membeli produk dari agen dengan modal awal yang minim. Menariknya, berbisnis secara daring kini semakin mudah karena semakin tersedia banyak marketplace berkualitas dan terpercaya.

Bagi yang ingin menjual produk dengan tingkat risiko rendah bisa mencoba jadi reseller terlebih dahulu. Bagi yang ingin jadi reseller tidak perlu mengeluarkan modal awal juga tetap bisa tetap untung. Reseller hanya perlu menawarkan produk dari agen tersebut kepada target konsumen.

Ketika target konsumen mulai tertarik dan ingin membelinya, selanjutnya baru bisa mengambil produk untuk ditawarkan ke konsumen. Jadi ketika belum menemukan orang yang tertarik untuk membeli, reseller tak perlu repot-repot menyediakan atau menyetok barang dagangan.

4. Jasa Desain

Bagi yang memiliki keahlian dan tertarik di dunia desain grafis bisa mencoba buka usaha jasa desain. Jasa ini sangat dibutuhkan sekali di dunia marketing khususnya media social marketing. Perusahaan hingga bisnis perorangan membutuhkan seseorang yang ahli mendesain grafis untuk menawarkan promosi dan menarik perhatian target konsumen di internet.

5. Jual Barang Second

Menjual barang second, terutama pakaian juga sangat bisa diandalkan sebagai sumber penghasilan tambahan. Jadi, pengusaha di bidang ini hanya perlu mengumpulkan barang-barang bekas yang menarik kemudian menjualkannya secara online. Barang second yang cukup diminati oleh pasar yaitu pakaian-pakaian yang menarik, sepatu, serta aksesoris.

Itulah 5 ide usaha sampingan karyawan pabrik. Selain menguntungkan, kelima ide tersebut juga sangat bisa diandalkan untuk menambah penghasilan bulanan. Apalagi, bagi yang memiliki gaji pas-pasan.

DAFTAR ISI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *